-->

Contoh tugas praktik - descriptive text kelas 7 smp dengan rubrik penialain

Dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah tentunya penugasan merupakan hal terpenting yang tidak boleh terlewatkan. Salah satunya adalah penugasan praktik yang dilakukan didalam kelas. Berikut ini kami berikan contoh penugasan praktik beserta rubrik penilainnya. Tentunya penugasan ini bukan hanya menjadi alat ukur evaluasi daya serap peserta didik dalam sebuah materi melainkan di perlukan juga untuk bukti dokumen yang disajikan dalam akreditasi, penilaian kinerja kepala sekolah, atau pada saat supervisi.

Summary Descriptive Text

Pengertian Descriptive Text / Definition of Descriptive Text

What is descriptive text? Descriptive Text is a text which tells us what a person or a thing is like. Like, describes the character of a person, animal, place, or thing.
Descriptive text adalah sebuah teks yang menjelaskan kepada kita tentang suatu benda. Misalnya, mendeskripsikan karakteristik orang, hewan, tempat binatang atau suatu benda.

The Purpose of Descriptive Text

Its purpose is to describe and reveal a particular person, place, or thing.
Descriptive text bertujuan mendeskripsikan dan mengungkap orang, tempat dan benda tertentu.

Ciri-Ciri Descriptive Text / The Characteristic of Descriptive Text

• Using attribute verb, such as ( am, is, are)
  Verb yang digunakan yaitu attribute verb, seperti be (am, is, are)
• Using simple present tense 
  Tense yang digunakan yaitu simple present tense
• Focused on one subject / Thing
  Hanya fokus pada satu objek tersebut.

Struktur Descriptive Text / Generic Structures Descriptive Text

Identification 
In this part identification contains about the general introduction of a person, place, animal or object will be described
Bagian identification ini berisi pendahuluan umum tentang orang, tempat, hewan, atau suatu object yang akan di deskripsikan.
The function of identification is to introduce something we describe, in order, the reader and listener are not miss-understanding. 
Identification berfungsi sebagai pengenalan dari apa yang kita sedang jelaskan. supaya para pembaca atau pendengar tidak salah mengerti.
Description
It contains a description of something such as animal, things, place, or person by describing its features, forms, colors, or anything related to what the writer describes.
Pada bagian description berisi ciri-ciri khusus atau sifat-sifat yang terdapat dalam benda, orang, atau binatang yang penulis jelaskan.

Ciri Kebahasaan Descriptive Text / Language Features of Descriptive Text

Noun : Menggunakan kata benda yang spesifik, seperti misalnya my cat, my boyfriend, National Monument, Selain itu, sering juga menggunakan adjective (kata sifat) untuk memperjelas penggunaan noun atau kata benda, seperti a big house, a smart student, an independence woman.
Simple present tense : menggunakan kata kerja dasar atau bentuk pertama (verb 1) serta menggunakan kata kerja yang dapat menunjukkan kepemilikan atau keadaan sebuah objek. Descriptive text menggunakan simple present tense karena descriptive text menceritakan sebuah fakta dari objek yang dideskripsikan. Misalnya My office has 22 floors, Queen is pretty, dan lain-lain.
Action verbs : Menggunakan kata kerja yang menunjukkan sebuah kegiatan atau sebuah aktifitas yang bisa dilihat. Misalnya, sleep, walk, sing, dance, dll.
Figurative language : Menggunakan bahasa yang figurative atau menggambarkan sesuatu, Biasanya menggunakan sebuah metafora untuk memberikan ilustrasi kepada pembaca. Misalnya:
  • My love for you is as big as the ocean. – Cintaku padamu seluas lautan.
  • Her skin is as white as the snow – Kulitnya seputih salju.

Berikut contoh gambaran penugasan praktik
mediainggris.com


Berikut contoh rubrik penilaian yang di pergunakan
mediainggris.com

Untuk mendownload file seperti pada contoh gambar di atas silahkan klik filenya dibawah ini:

LihatTutupKomentar
close