-->

Materi Bahasa Inggris kelas XI SMK - Formal Invitation

 

Formal Invitation

Pengertian Invitation

Apa yang maksud dengan Invitation?

  • Menurut Oxford Learner’s Dictionary mengartikan “invitation” sebagai berikut:
    a spoken or written request to somebody to do something or to go somewhere.
    Jadi “invitation” adalah permintaan baik berupa ucapan atau tulisan yang ditujukan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu atau pergi ke suatu tempat.
  • Menurut vocabulary.com, invitation adalah:
    An invitation is a request, a solicitation, or an attempt to get another person to join you at a specific event.
    Dapat disimpulkan bahwa, invitation adalah permintaan, ajakan, atau upaya terhadap orang lain agar bersedia bergabung dengan kita (pihak yang mengundang) pada suatu acara tertentu.

Pengertian Formal Invitation

Formal Invitation (Undangan Resmi) biasanya dikeluarkan oleh sebuah instansi atau perusahaan. Undangan Resmi ini umumnya ditandai dengan adanya singkatan “RSVP” di bagian bawah dari undangan tersebut.

Apa yang dimaksud dengan RSVP? RVSP adalah singkatan dari bahasa Perancis untuk Répondez S’il Vous Plait (Respond please/ please reply) dalam bahasa Indonesia berarti “Mohon tanggapan/ jawaban”.

Bagaimana merespon atau menanggapi undangan tersebut (RSVP)?
Terdapat kontak (Contact Person) yang telah disediakan oleh pihak yang mengundang agar dapat dihubungi jika kalian akan merespon undangan tersebut.

Wedding RSVP Wording

Your wedding RSVP card wording can be straight-laced and formal or creative and funny. No matter what theme you choose, there are a few pieces of information you must include. Maksudnya adalah, tidak perduli RSVP dengan kata-kata yang ada pada kartu undangan yang kalian buat “kata-kata di RSVP dengan kalimat formal, unik, kreatif atau bahkan dengan kata-kata lucu sekalipun” tetapi hal/ informasi yang harus ada adalah sebagai berikut:

1. RSVP date

There are a few ways you can request the RSVP, such as:

  • RSVP by the Twentieth of June
  • The favor of a reply is requested by June 20th
  • Please respond by June 20th
  • Kindly reply by June 20th
  • Your reply is requested by June 20th

2. A space for your guests to write in their names

Traditionally, this is done by writing “M.” Alternatively, you can write “Name” or “Name(s)” followed by a line.

3. A checkbox for “Accept” or “Decline.”

The “accept” and “decline” wording is one spot on the RSVP card where you can have fun and get creative.

4. Entrée preference.

If you’re serving a buffet, you can skip this section altogether. If you’re serving a plated meal with more than one entrée option, you’ll need a space for your guests to indicate which meal they would like.

Tujuan Formal Invitation

Communicative Purpose Invitation Text

Jika kita baca kembali pengertian yang sudah disampaikan diatas, communicative purpose (tujuan) dari invitation baik itu contextual (text) ataupun audio visual (dialog/ expression), yaitu mengajak atau mengundang seseorang untuk hadir pada suatu acara tertentu dalam sebuah situasi resmi atau formal. Oleh sebab itu jenis invitation text ini disebut dengan Formal Invitation.

Struktur Formal Invitation

Lalu bagaimana struktur formal Invitation?

Generic Structure Invitation – Susunan kalimat, frase, atau paragraph sebuah invitation biasanya disebut generic structure atau schematic structure.

Pada umumnya setiap undangan mempunyai keunikan sendiri-sendiri namun secara keseluruhan bisa digaribawahi bahwa undangan (invitation) akan ditulis dengan struktur sebagai berikut:

1. Invitee

Pada topik bahasan “invitee/ undangan” maksudnya adalah tentang Siapa yang diundang?” Jika yang diundang adalah orang-orang penting maka Formal Invitation pilihan yang tepat untuk digunakan. Tetapi semua kembali lagi kepada bentuk atau acara undangan tersebut, maksudnya jika kalian akan mengundang seorang yang dianggap penting ke dalam acara “Wedding, Graduation, Ceremony, Dinner, Anniversary” yang dibalut dengan suasana resmi atau formal maka Formal Invitation pilihan yang tepat untuk digunakan. 


2. Body of invitation

Hampir setiap undangan resmi ataupun tidak resmi menggunakan beberapa hal berikut ini:

  • Occasion: Undangan yang dibuat untuk sebuah acara tertentu.
  • Day and Date: Hari dan tanggal acara tersebut.
  • Time: Waktu pelaksaan acara yang ditetapkan.
  • Place: Tempat yang telah disediakan bagi para tamu undangan.

3. Inviter

Pada topik bahasan “inviter” maksudnya adalah tentang Siapa yang mengundang?” atau si tuan rumah yang memiliki acara tersebut.

Catatan:
Susunan diatas hanyalah patokan umum bagaimana sebuah invitation itu ditulis dalam Bahasa Inggris. Pada kenyataannya ada banyak variasi atau unsur-unsur yang dimasukkan kedalam undangan tersebut dan itu mungkin berbeda antara satu dan lainnya.

Contoh Formal Invitation

Wedding RSVP



LihatTutupKomentar
close