-->

Link Download Buku Kurikulum Merdeka Semua Jenjang


Link Download Buku Kurikulum Merdeka Semua Jenjang SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA, MAK, PAUD, dan SLB
Image by rawpixel.com on Freepik

mediainggris.com - Pada artikel kali ini kami akan membagikan Link Download Buku Kurikulum Merdeka untuk semua jenjang dari SD sampai dengan SMA.

Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyediakan Buku Kurikulum Merdeka untuk semua tingkatan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas dan atau Kejuruan (SMA/SMK) yang dapat didownload melalui website buku.kemendikbud.go.id

https://buku.kemdikbud.go.id/

Buku tersebut diperuntukkan untuk sekolah yang akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (IKM) di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dikutip dari laman resminya, Kemendikbudristek menyebutkan berkaca pada kesiapan sekolah masing-masing tidak semua sekolah wajib menggunakan IKM. 

Disebabkan karena pandemi COVID-19 yang berimbas pada proses pendalaman untuk sekolah-sekolah di Indonesia terkendala. Kemendikbudristek memberikan perpanjangan waktu kepada sekolah yang belum siap menerapkan IKM, untuk tetap menggunakan Kurikulum 13 dan atau Kurikulum Darurat, sampai dengan tahun 2024, dan akan dikaji lebih lanjut mengenai penggunaan IKM di seluruh satuan pendidikan di Indonesia. Akan tetapi, bagi satuan pendidikan atau sekolah, yang ditetapkan sebagai lokasi IKM, diwajibkan untuk menerapkan IKM, untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. IKM sendiri merupakan kurikulum pendidikan yang didesain untuk membuat Peserta Didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. 

Sementara bagi Guru, akan diberi banyak keleluasaan untuk memilih perangkat pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan minat belajar siswa. Kemendikbudristek sendiri akan memberikan pendampingan kepada sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum prototipe. Apabila dalam penerapannya konten pembelajaran yang digunakan teridentifikasi dengan baik, akan dijadikan contoh kepada satuan pendidikan lain, dan begitupula sebaliknya. Berdasarkan data yang tertera di laman resmi Kemendikbudristek, terdapat 143.265 sekolah yang akan menjalankan IKM, yang juga disebut pembelajaran intrakulikuler. Bagi sekolah yang termasuk ke dalam salah satu lokasi IKM, dapat mengunduh buku modul secara online.

Link dan Cara Download Buku Kurikulum Merdeka Semua Jenjang

Untuk mendownload Buku Kurikulum Merdeka dalam bentuk digital sebagai referensi pembelajaran di kelas bagi yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka  dapat mengunduh buku-bukunya melalui link website https://buku.kemdikbud.go.id/ atau Anda dapat mengklik tautan di bawah ini

Link Download Buku Kurikulum Merdeka Semua Jenjang

Cara Download Buku Kurikulum Merdeka Semua Jenjang

  1. Setelah Anda mengklik link ini Anda akan masuk ke halaman utama website tersebut, login menggunakan akun dan atau buat akun baru atau tidak menggunakan akunpun bisa. 
  2. Pilih tipe buku yang diinginkan seperti PDF, Audio, dan atau Buku Interaktif, dengan memberi tanda centang pada kotak yang disediakan. 
  3. Selanjutnya, pilih buku dari jenjang pendidikan yang diikuti seperti PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK/MAK, dan atau SLB. 
  4. Pilih buku berdasarkan tingkatan kelas yang diikuti, serta jenis mata pelajaran. Apabila, semua bagian sudah dicentang, akan muncul buku modul IKM yang diinginkan. Klik "Download" dan buku modul IKM yang Anda pilih akan tersimpan ke perangkat Anda.

Tidak hanya buku Digital Kurikulum Merdeka saja tetapi disana juga terdapat buku-buku Kurikulum 2013 serta media lainny ayang membantu dalam kegiatan proses belajar mengajar di dalam kelas.

Atau Anda dapat melihat semua katalognya di LINK INI.


Demikian artikel tentang Link Download Buku Kurikulum Merdeka Semua Jenjang, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

LihatTutupKomentar
close