-->

Materi, Contoh Jawaban, dan Power Point Modul PJJ Bahasa Inggris Kelas 9 SMP Semester 2, Report Text, Mengidentifikasi Teks

Daftar Isi

Materi Report Text

·         Pengertian Report Text

·         Tujuan Report Text

·         Generic Structure Report Text

·         Contoh Report Text

Contoh Jawaban di Modul PJJ B. Inggris Kelas 9 – Mengidentifikasi Report Text – Kegiatan Pembelajaran 1

 

Materi Report Text Kelas 9 SMP

Pengertian Report Text

Report adalah sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya. Genre atau teks jenis ini memang ada kesamaan dengan descriptive text yaitu, keduanya sama-sama memberikan gambaran secara langsung tentang seseorang atau suatu benda. Perbedaannya adalah jika kita berbicara tentang benda atau seseorang secara spesifik seperti warna, style, nama, dan lain-lain, itu disebut Descriptive. Dan apabila kita berbicara tentang benda atau seseorang secara umum yang meliputi bagian-bagiannya, kekuatannya, fungsinya, atau sifat umum lain dari benda atau seseorang itu disebut Report.

Report adalah sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya. Teks ini adalah sebagai hasil dari observasi dan analisis secara sistematis. 

Tujuan Report Text

Teks ini bertujuan menyajikan informasi secara umum tentang sesuatu. Teks ini menjelaskan keseluruhan benda, baik alami alami atau buatan, misalnya: binatang, planet, batuan, tumbuhan, negara, budaya, alat transportasi, dan lain lain. Informasi ini disajikan denga apa adanya secara ilmiah.

Report teks menjelaskan suatu benda (baik itu hidup atau mati) yang bersifat umum. Coba bandingkan : Hunting dogs ˃˂My dog. Hunting dogs bersifat umum; sedangkan my dog bersifat khusus.

Relating verbs, dalam grammar disebut juga dengan linking verbs. Seperti to be (is, am, are: present), seem, look, taste dan lain sebagainya. – Timeless present tense adalah salah satu penanda waktu dalam simple present seperti “often, usually, always” dan lain-lain. – Technical terms, maksudnya adalah istilah-istilah yang meliputi teks Report tersebut. Misalnya tentang “music” maka, istilah-istilah musik harus ada.

 

Generic Structure Report Text

Sebuah report text biasanya terdiri dari 3 struktur utama yaitu: 

Title

Judul berfungsi memberi tahu pembaca tentang report apa yang sedang diinformasikan. 

General Classification

Bagian yang memberikan informasi atau definisi tentang subjek dari report reks. Sebuah report teks diawali dengan pernyataan umum yang menginformasikan pembaca tentang apa yang sedang disajikan dalam teks. 

Description

Bagian memberikan fakta atau ciri-ciri tentang subjek report.

 

Contoh Report Text

Contoh report text tentang Banjir (Flood) dengan artinya

 

Materi, Contoh Jawaban, dan Power Point Modul PJJ Bahasa Inggris Kelas 9 SMP Semester 2 - Report Text - Mengidentifikasi Teks

Flood

A flood is one of natural disasters caused by overflow water that submerges land which is usually dry.  The European Union (EU) Floods Directive defines a flood as a covering by water of land not normally covered by water. Some floods can occur suddenly and quickly. Others take days or more.

There are several types of floods. Periodic floods occur naturally on many rivers, forming an area known as the flood plain. These river floods usually result from heavy rain, sometimes combined with melting snow, which causes the rivers to overflow their banks. A flood that rises and falls rapidly with little or no advance warning is called a flash flood. 

When floods happen, the water can carry along objects. Flooding is very dangerous for human beings. It also has great erosive power and can be extremely destructive. 

Source: http://hallowriting.blogspot.com/2017/04/Report-text-flood.html

 

Artinya

Banjir 

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang disebabkan oleh luapan air yang merendam tanah yang biasanya kering. Petunjuk Banjir Uni Eropa (UE) mendefinisikan banjir sebagai penutup oleh air dari tanah yang biasanya tidak tertutup oleh air. Beberapa banjir dapat terjadi secara tiba-tiba dan cepat. Yang lain membutuhkan waktu berhari-hari atau lebih. 

Ada beberapa jenis banjir. Banjir berkala terjadi secara alami di banyak sungai, membentuk wilayah yang dikenal sebagai dataran banjir. Banjir sungai ini biasanya diakibatkan oleh hujan lebat, terkadang disertai dengan salju yang mencair, yang menyebabkan sungai meluap dari tepiannya. Banjir yang naik dan turun dengan cepat dengan sedikit atau tanpa peringatan dini disebut banjir bandang. 

Saat banjir terjadi, air dapat membawa benda-benda tersebut. Banjir sangat berbahaya bagi manusia. Ia juga memiliki kekuatan erosif yang hebat dan bisa sangat merusak.

 

Contoh report text tentang Badak (Rhinoceros) dengan artinya 

Materi, Contoh Jawaban, dan Power Point Modul PJJ Bahasa Inggris Kelas 9 SMP Semester 2 - Report Text - Mengidentifikasi Teks

Rhinoceros 

Rhinoceros is four-legged bulky herbivorous mammals with one or two horns located right above its nose. We may know them by the short version of their name “Rhino”. They are considered to be one of endangered animals by the International Union for Conservation of Nature (IUCN). In Indonesia, we can find them in Sumatera and Java, especially in Ujung Kulon National Park. 

Rhinoceros have a large and muscular body with four short legs. They have a big head and a very short neck. The position of their head is lower than their back which makes the head seems like facing downward all the time. There are one or two horns on their head located on their nose which became their unique feature. It is made of keratin, the same substance that build up hair and fingernails. Their body is covered with a thick layer of collagen. 

The pregnancy period of a Rhinoceros is different from one species to another, but mostly it took up to 18 months for the baby to be born. A full-grown Rhinoceros can reach the height of 1,8 m with approximate weight of 2.300 kg. They can run at the speed of 50 to 55 km/h. They can live up to 50 years. They have a short-range sight but they have a good hearing and smelling. 

Source: http://britishcourse.com/contoh-Report-text-rhinoceros.php

 

Badak 

Badak adalah mamalia herbivora besar berkaki empat dengan satu atau dua tanduk yang terletak tepat di atas hidungnya. Kita mungkin mengenal mereka dengan versi pendek dari nama mereka "Rhino". Mereka dianggap sebagai salah satu hewan yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Di Indonesia kita bisa menemukannya di Sumatera dan Jawa, khususnya di Taman Nasional Ujung Kulon. 

Badak memiliki tubuh yang besar dan berotot dengan empat kaki yang pendek. Mereka memiliki kepala yang besar dan leher yang sangat pendek. Posisi kepala mereka lebih rendah dari punggungnya yang membuat kepala mereka selalu terlihat menghadap ke bawah. Ada satu atau dua tanduk di kepala mereka yang terletak di hidung yang menjadi ciri khas mereka. Itu terbuat dari keratin, zat yang sama yang membangun rambut dan kuku. Tubuh mereka ditutupi oleh lapisan kolagen yang tebal. 

Masa kehamilan badak berbeda dari satu spesies ke spesies lainnya, tetapi sebagian besar membutuhkan waktu hingga 18 bulan untuk melahirkan bayi. Badak dewasa dapat mencapai ketinggian 1,8 m dengan perkiraan berat 2,300 kg. Mereka dapat berlari dengan kecepatan 50 hingga 55 km / jam. Mereka bisa hidup sampai 50 tahun. Mereka memiliki penglihatan jarak pendek tetapi mereka memiliki pendengaran dan penciuman yang baik.

 

Contoh report text tentang Keluarga (Family) dengan artinya

 

Materi, Contoh Jawaban, dan Power Point Modul PJJ Bahasa Inggris Kelas 9 SMP Semester 2 - Report Text - Mengidentifikasi Teks

Family 

A family is a group Of people who live together in the same house. A complete family consists Of parents and one or more children. It is called a nuclear family. In many countries, a family can be extended to include relatives such as grandparents, uncles, aunts, cousins, nephews and nieces living together under the same house. This big family is called an extended family. The members of a family share the housework and take care of each other. With the family we feel safe and happy. To go home means to return to our family in order have a rest, to watch TV, to eat together, and to share happiness and sadness with each other. With our family, we grow up to be healthy and useful individuals.

 

Keluarga 

Keluarga adalah sekelompok orang yang tinggal bersama di rumah yang sama. Keluarga lengkap terdiri dari orang tua dan satu atau lebih anak. Itu disebut keluarga inti. Di banyak negara, sebuah keluarga dapat diperluas hingga mencakup kerabat seperti kakek nenek, paman, bibi, sepupu, keponakan, dan keponakan yang tinggal bersama dalam satu rumah. Keluarga besar ini disebut keluarga besar. Anggota keluarga berbagi pekerjaan rumah dan mengurus satu sama lain. Dengan keluarga kami merasa aman dan bahagia. Pulang berarti kembali ke keluarga untuk istirahat, nonton TV, makan bersama, dan saling berbagi kebahagiaan dan kesedihan. Dengan keluarga kami, kami tumbuh menjadi individu yang sehat dan berguna.

 

Contoh report text tentang Grasshoper (Belalang) dengan artinya

 

Materi, Contoh Jawaban, dan Power Point Modul PJJ Bahasa Inggris Kelas 9 SMP Semester 2 - Report Text - Mengidentifikasi Teks

Grasshopper 

Grasshoppers are insects that prefer to hop on their long back legs rather than fly. Males 'sing' to attract mates — grasshoppers do this by rubbing their back legs together. Grasshoppers have very strong muscles in their long back legs and an amazing spring in their knees. The grasshopper can jump 12 times its own length — this would be like a child jumping over a house! 

Source: (Adapted from The Little Animal Encyclopedia, 1 , p. 43)

 

Artinya

Belalang 

Belalang adalah serangga yang lebih suka melompat dengan kaki belakangnya yang panjang daripada terbang. Laki-laki 'bernyanyi' untuk menarik pasangan - belalang melakukan ini dengan menggosokkan kaki belakang mereka. Belalang memiliki otot yang sangat kuat di kaki belakangnya yang panjang dan lututnya yang pegas. Belalang bisa melompat 12 kali lipat panjangnya - ini seperti anak kecil yang melompati rumah!

 

Contoh report text tentang Ikan (Fish) dengan artinya 

Materi, Contoh Jawaban, dan Power Point Modul PJJ Bahasa Inggris Kelas 9 SMP Semester 2 - Report Text - Mengidentifikasi Teks

Fish 

Fish live in saltwater and freshwater all over the world. They come in many different shapes and sizes, but most are covered in scales and have strong fins for swimming. A fish's scales all lie in the same direction to help the fish slip through water. 

Like us, fish need oxygen to live. But instead of breathing air, they absorb the oxygen in water. Water enters the mouth and is swept over the gills. The oxygen passes from the water into tiny blood vessels in the gills. 

Fish often swim in groups called shoals. One reason they do this is for protection. Many fish together can confuse a predator. This makes it hard for the predator to single out a fish. 

Source: (Adapted from The Amazing World Of Living date, p. 75)

 

Artinya 

Ikan 

Ikan hidup di air asin dan air tawar di seluruh dunia. Mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi sebagian besar tertutup sisik dan memiliki sirip yang kuat untuk berenang. Sisik ikan terletak pada arah yang sama untuk membantu ikan lolos dari air. 

Seperti kita, ikan membutuhkan oksigen untuk hidup. Tetapi alih-alih menghirup udara, mereka menyerap oksigen dalam air. Air masuk ke mulut dan disapu ke atas insang. Oksigen mengalir dari air ke pembuluh darah kecil di insang. 

Ikan sering berenang dalam kelompok yang disebut beting. Salah satu alasan mereka melakukan ini adalah untuk perlindungan. Banyak ikan bersama-sama dapat membingungkan predator. Ini menyulitkan pemangsa untuk memilih ikan.

 

Contoh Jawaban di Modul PJJ B. Inggris Kelas 9 – Mengidentifikasi Report Text – Kegiatan Pembelajaran 1

Contoh jawaban pada kegiatan pembelajaran 1 mengidentifikasi  teks report. Pada bagian ini tujuan pembelajarannya adalah;

Melalui aktivitas pembelajaran kesatu ini, kalian akan mengidentifikasi dan menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks report tentang tumbuhan Aloe vera. Dengan kegiatan ini kalian diharapkan terbiasa berpikir kritis dan percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Contoh jawaban tugas halaman  3

Berikut ini soal dan contoh jawaban pertama di aktifitas pembelajaran ini, contoh jawabannya sebagai berikut:

Disini disajikan soal seperti dibawah ini

 

1. Untuk mengawali pembelajaran, yuk simak video dalam tautan di bawah, lalu lengkapi tabel yang disediakan berdasarkan informasi dari video tersebut.

(To start a lesson, let’s watch the video in the link below, then complete the table based on the information from the video).

Jadi disini kita harus menonton video terlebih dahulu seperti dibawah ini: Untuk video yang berada di modul tanpa terjemahan Indonesianya disini kami masukan yang sudah dengan terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia beserta scriptnya.

https://www.youtube.com/watch?v=KRLjjUC_1ds


Script:

There are over 500 species of Aloe.
Ada lebih dari 500 spesies lidah buaya.
 
Their thick waxy leaves are adapted to harsh climates with little rain.
Daunnya yang berlilin tebal beradaptasi dengan iklim yang keras dengan sedikit hujan.
 
Many aloes also have sharp spines to protect themselves.
Banyak juga lidah buaya yang memiliki duri tajam untuk melindungi diri.
 
Aloe vera is the most well known of the Aloe species.
Aloe vera adalah spesies Lidah Buaya yang paling terkenal.
 
Originating from the Arabian Peninsula
Berasal dari Jazairah Arab
 
Its parenchyma tissue is the gel used in every product.
Jaringan parenkimnya adalah gel yang digunakan di setiap produk.
 
Like food, dishwasing liquid, herbal remedies and cosmetics.
Seperti makanan, cairan pencuci piring, obat herbal, dan kosmetik.
 
Kew scientists have investifated the Aloe family for decades.
Ilmuwan Kew telah meneliti keluarga Aloe selama beberapa dekade.
 
To understand how they evolved.
Untuk memahami bagaimana mereka berevolusi.
 
Into the importand plant ingredients we know today.
Menjadi bahan tumbuhan penting yang kita kenal sekarang.

 

Berikut ini contoh jawabannya

No.

Point of view

Information

1

Name of plant

Aloe Vera

2

The number of the species

More than 500

3

Kinds of leaves

Thick, waxy and have sharp spines

4

The function of sharp spikes

To protect themselves

5

The originality of Aloe vera

Arabian Peninsula

Bagi yang mengerjakan dengan menggunakan teks yang disediakan tidak melalui video berikut teksnya dengan artinya dan contoh jawabannya 

Materi, Contoh Jawaban, dan Power Point Modul PJJ Bahasa Inggris Kelas 9 SMP Semester 2 - Report Text - Mengidentifikasi Teks

Aloe vera

Aloe vera is a herb with succulent leaves that are arranged in a rosette. The leaves are grey to green and sometimes have white spots on their surfaces. They have sharp, pinkish spines along their edges and are the source of the colourless gel found in many commercial and medicinal products. Aloe vera has yellow, tube-like flowers that cluster on a stem. 

A. Beauty and cosmetics

The gel from the leaves of Aloe vera is a common ingredient in many beauty products as it hydrates and soothes hair and skin. 

B. Food and drink

The gel from the leaves of Aloe vera is consumed as a juice or tonic that helps aid digestion. 

C. Health

The Aloe vera gel has been used traditionally on the skin to treat psoriasis, burns, and sores caused by the Herpes simplex virus.

Research has shown that when taken orally, aloe gel can regulate blood glucose levels and cholesterol levels, but care should be taken when taking Aloe products. 

The green outer layer of Aloe vera leaves secrete a bitter, yellow fluid that has traditionally been used as a laxative. However, research has shown that this could interact negatively with other medicines and herbal remedies, so should be taken with care and avoided by children and pregnant or breastfeeding women. 

Source: https://www.kew.org/plants/aloe-vera

 

Artinya 

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan ramuan dengan daun sukulen yang tersusun dalam roset. Daunnya berwarna abu-abu hingga hijau dan terkadang memiliki bintik-bintik putih di permukaannya. Mereka memiliki duri tajam berwarna merah muda di sepanjang tepinya dan merupakan sumber gel tidak berwarna yang ditemukan di banyak produk komersial dan obat-obatan. Lidah buaya memiliki bunga kuning seperti tabung yang mengelompok di batang.

 

A. Kecantikan dan kosmetik

Gel dari daun lidah buaya adalah bahan umum dalam banyak produk kecantikan karena melembabkan dan menenangkan rambut dan kulit. 

B. Makanan dan minuman

Gel dari daun lidah buaya dikonsumsi sebagai jus atau tonik yang membantu melancarkan pencernaan. 

C. Kesehatan

Gel lidah buaya telah digunakan secara tradisional pada kulit untuk mengobati psoriasis, luka bakar, dan luka yang disebabkan oleh virus Herpes simpleks.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika dikonsumsi secara oral, gel lidah buaya dapat mengatur kadar glukosa darah dan kadar kolesterol, tetapi perawatan harus dilakukan saat mengambil produk Aloe. 

Lapisan luar daun lidah buaya yang berwarna hijau mengeluarkan cairan kuning pahit yang secara tradisional telah digunakan sebagai obat pencahar. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa hal ini dapat berinteraksi secara negatif dengan obat lain dan pengobatan herbal, jadi harus dilakukan dengan hati-hati dan dihindari oleh anak-anak dan wanita hamil atau menyusui.

 

Berikut contoh jawaban didalam modulnya

No

Point of View

Information

1

Name of plants

Aloe vera

2

The colour of leaves

The leaves are grey to green and sometimes have white spots on their surfaces

3

The look of Aloe vera spikes

They have sharp, pinkish spines along their edges

4

The appearance of Aloe vera that cluster on a stem

Aloe vera has yellow, tube-like flowers that cluster on a stem.

5

The advantages of Aloe vera products for daily life

The advantages of Aloe Vera

 

A. Beauty and cosmetics

The gel from the leaves of Aloe vera is a common ingredient in many beauty products as it hydrates and soothes hair and skin.

 

B. Food and drink

The gel from the leaves of Aloe vera is consumed as a juice or tonic that helps aid digestion.

 

C. Health

The Aloe vera gel has been used traditionally on the skin to treat psoriasis, burns, and sores caused by the Herpes simplex virus.

Research has shown that when taken orally, aloe gel can regulate blood glucose levels and cholesterol levels, but care should be taken when taking Aloe products.

 

The green outer layer of Aloe vera leaves secrete a bitter, yellow fluid that has traditionally been used as a laxative.

 

 

Contoh jawaban tugas menjodohkan di halaman 6 dan 7, berikut soal dan contoh jawabannya

Untuk menambah pembendaharaan kata (Vocabulary) kalian, silakan putar kembali video di atas, pada link berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=KRLjjUC_1ds lalu jodohkanlah kata/frasa berikut dengan menggunakan tanda panah pada pasangan yang tepat. Menggunakan pulpen atau spidol warna-warni akan lebih baik. Nomor satu sudah dikerjakan untuk kalian. 

(To enrich your vocabulary, please re-play the previous video using this link: https://www.youtube.com/watch?v=KRLjjUC_1ds

 

Contoh jawaban menjodohkan sinonim yang pertama
1. Adapted > Modified
2. Evolved > Developed
3. Climate > Weather
4. Liquid > Fluid
5. Ingredients > Elements
6. Investigated > Examined
7. Originaly > Formerly
8. Product > Commodity
9. Protect > Defend
10. Well-known > Famous
 
Contoh jawaban menjodohkan sinonim yang kedua
1. Avoided > Evaded
2. Cluster > Group
3. Commercial > Profitable
4. Common > Usual
5. Consume > Eat up
6. Pregnant > Untuk kata ini sepertinya tidak ada jawabannya
7. Remedies > Cures
8. Herbs > Plants
9. Traditionally > Conventionally
10. Surface > External

Contoh jawaban mencari informasi dalam video, berikut pertanyaannya dan contoh jawabannya:

7. Sekarang putar kembali video di atas atau baca lagi teks tentang Aloe vera. Kemudian lengkapi pernyataan berikut ini: 

(After watching the video or reading the text about Aloe vera. Complete the following statements using your own words).

 

The writer’s intention to write the text is/are . . .

The writer’s intention is to inform about characteristic features, Origin, the advantages, and disadvanteges of Aloe Vera

 

What I learn from the text is/are . . .

I learn a lot of thing about Aloe Vera, starting from the shape of the plant, then its benefits for our dailly liff, and becoming a basic ingredients for health and beauty products.

 

Setelah itu kita lakukan refleksi, berikut ini contoh refleksi yang bisa kita berikan, untuk jawabannya bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi nyata masing-masing. 

Isilah penilaian diri ini dengan sejujur-jujurnya dan sebenar-benarnya sesuai dengan perasaan kalian ketika mengerjakan suplemen bahan materi ini!

 

2. Apa yang sudah kalian pelajari?
Saya sudah mempelajari tentang:
  • Pengertian reort text
  • Tujuan report text
  • Bagian-bagian dari report text
  • Contoh report text
 
3. Apa yang kalian kuasai dari materi ini?
Pengertian, Tujuan dan struktur report text.
 
4. Bagian apa yang belum kalian kuasai?
Penggunaan Language Features di dalam report text.
 
5. Apa upaya kalian untuk menguasai yang belum kalian kuasai?
Mencari referensi tentang report teks di internet.
 
6. Sebutkan hal yang menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!
Yang menarik dalam pembelajaran ini kita bisa belajar langsung dengan melihat video sebagai contoh report teks.
 
7. Sebutkan hal yang tidak menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!
Terlalu mengacu kepada penugasan yang bersifat mencari informasi dan teori. Karena terlalu menjenuhkan tugasnya. Bagusnya ada tugas praktik langsung.

 

DOWNLOAD PPT MATERI REPORT TEXT

 

Selanjutnya contoh jawaban tugas Modul PJJ Bahasa Inggris Kelas 9 Kegiatan Pembelajaran 2 – Membandingkan Dua Report Text

LihatTutupKomentar
close