2020-12-30

Advertisements Text: Pengertian, Fungsi, Contoh, Ciri-Ciri dan Komponenya

Daftar Isi

Pengertian Advertisement Text  dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Advertisement Definition: An advertisement is a notice, picture, and/or set of words used to inform people about job vacancies or to persuade people to buy a product or use a service.

Advertisement adalah pemberitahuan, gambar, dan / atau sekumpulan kata yang digunakan untuk menginformasikan orang tentang lowongan kerja atau untuk membujuk orang agar membeli produk atau menggunakan layanan.

Pengertian lainnya

An advertisement is an announcement in the form of an image, audio, or a video that serves to inform the public of a certain product, service, or vacancy. An advertisement is used to persuade the public to purchase or use the product or service it promotes, while a vacancy advertisement encourages readers to apply for the position that it advertises.

Advertisement artinya pengumuman dalam bentuk gambar, audio, atau video yang berfungsi untuk menginformasikan kepada publik tentang produk, layanan, atau lowongan tertentu. Sebuah advertisement digunakan untuk membujuk masyarakat agar membeli atau menggunakan produk atau layanan yang dipromosikannya, sedangkan iklan lowongan mendorong pembaca untuk melamar posisi yang diiklankan.

Advertisements Text: Pengertian, Fungsi, Contoh, Ciri-Ciri dan Komponenya


Komponen-Komponen Advertisement Text

Headline

Judul adalah hal pertama yang menarik pembaca. Judul biasanya pendek dan mudah dimengerti, judul juga harus sesuai minat, ketertarikan, bahkan masalah yang ingin dipecahkan oleh target iklan. Judul secara umum memberi garis besar kepada pembaca tentang informasi yang akan mereka temukan di dalam iklan. Selain memiliki posisi yang strategis, judul juga biasanya memiliki font yang lebih besar dibanding isi advertisement lainnya.

Sub-Headline

Sub headline ini tugasnya untuk memberi insight alias gambaran lebih tentang isi iklan. Sub-headline diletakkan di bawah judul dan berbentuk satu atau dua kalimat yang berperan untuk melancarkan perpindahan perhatian pembaca dari judul ke isi iklan. Lebih jelasnya, bisa dilihat di contoh iklan di bawah.

Amplification

Pembesaran, perluasan, atau pengembangan (tentang jumlah, kepentingan, dan sebagainya) dalam sebuah iklan.

Proof of the claim

Bahasa lainnya adalah testimoni. Pembuktian dari sebuah iklan.

Action to take

Bagian ini adalah bagaimana sebuah iklan memfasilitasi pembaca untuk mengetahui informasi lebih lanjut atau cara membeli barangnya. Contohnya ““visit us on ourproductissupercool.com for more info” atau “book in advance for discounts up to 50%”

Ciri-Ciri Kebahasaan / Language Features Advertisement

  • Menggunakan connotation (Sebuah perasaan dalam sebuah kata, Contohnya: sofa=comfort)
  • Menggunakan compound words (Contohnya: durable device, top quality, etc)
  • Menggunakan positive words (Contohnya: effective, the best result)
  • Persuasif (Contohnya: You get rid of the dist quicklu and easily.)
  • Tidak mengutamakan grammar

Ciri-Ciri Sebuah Advertisement

  • Creative
  • Eye Catching
  • Memorable
  • Clear
  • Informative

Jenis-Jenis Advertisement

Iklan Cetak

Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu: Iklan Baris dan Iklan Kolom.

Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.

Iklan Display 

Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.

Iklan elektronik 

Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi: iklan radio,  iklan televisi, iklan internet, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat.

MGID