-->

Blogging - Apa yang harus saya lakukan sebagai blogger pemula?


Mediainggris – Hai hai hai sobat mediainggris.com, kali ini saya akan berbagi pertanyaan dan jawaban saya di quora. Ini merupakan konten baru di mediainggris. Saya ingin berbagi, bagaimana saya bertanya jawab di salah satu sosial media bernama Quora.

Disana adalah tempat di mana segala hal di tanyakan dan di jawab oleh orang-orang yang memang berkecimpung di bidangnya. Baiklah tidak banyak bicara inilah pertanyaan yang saya jawab di Quora.
Sesuai dengan judulnya;

Pertanyannya adalah : Apa yang harus saya lakukan sebagai blogger pemula?


Saya jawab pertanyaannya pada tanggal: Dijawab 23 Apr 2019

Berikut ini jawaban saya mengenai pertanyaan di atas

Step by step ya, jangan terlalu terburu buru nikmatin prosesnya.
Pertama, buatlah goal untuk apakah saya buat blog atau menjadi blogger.
  1. Apakah hanya untuk berbagi saja.
  2. Apakah untuk berburu dollar dari Google Adsense.
  3. Apakah untuk berafiliasi.
  4. Apakah untuk berjualan seperti menjual produk digital atau fisik.
  5. Atau semuanya.
Kedua, jika sudah menentukan tujuan. Ini yang penting dan penting. Tentukan Niche/Topik blog dan jangan lupa mau bahasa Indo atau konten bule dengn bahasa Inggris, diusahakan jangan gado gado biar fokus, kalau di bahas semua bisa botak itu kepala dan kurang SEO friendly, terkecuali kayak tribun, dia strateginya banyak dan punya tim, kalo sendiri pilih niche saja:
  1. Teknologi
  2. Kesehatan
  3. Olahraga
  4. Blogging
  5. Dll
Tips: pilih niche yang kamu kuasai dan kamu suka biar tidak stress saat buat konten maupun penerapan strateginya untuk menarget traffic yang sesuai dan banyak, percuma banyak tapi diem di website kita cuma 10 detik doang terus close, kapan mau muncul di page 1 halaman searchnya, karena bounce rate atau seberapa lama orang jalan jalan di web atau blog kita berpengaruh di ranking. Terutama kalo udah ada yang tanya di kolom komentar terus kita gak bisa jawab atau jawabannya ngawur waaahh udah tuh blog agan di cap gak pro, dan dia gak balik lagi atau enggak ngeshare artikel artikel kita.
Ketiga, kalau sudah tentukan niche ini yang paling asyiiiik dan harus ahhsyiiiaaappp yaitu keywords research, perlu proses kawan dan tidak semudah mau minta apa ke om jin, dan gak seenak jidat buat nama, dan deskripsi blog karena fungsinya agar banyak unique visitor ke blog kita. Kita breakdown lagi ya yang ketiga ini:
  1. Tentukan dulu nama blog agan sesuai niche, gunakan nama blog yang mudah diingat dan tentunya sudah melalui proses keywords research, kata atau frase (short keywords) apa sih yang banyak orang cari tentang niche yang sudah kita tentukan klo sudah pas baru buat blog dengan nama yang sudah di research tadi: kamu bisa gunakan google trends, ubbersuggest, atau di search google langsung banyak lah toolsnya mah bisa agan search sendiri.
  2. Buat deskripsi blog, lagi lagi harus research keywords nih, kali ini buatlah long tail keywords sesuai niche (biar maksimal cari kata kata yang banyak di search orang).
Keempat, Sesudah jadi ntu yang di atas, layaknya sebuah toko tata dulu tokomu biar enak dipandang, dan tentukan sitemap apa saja di dalamnya. Jangan terburu buru kata ana juga, ngebet bikin artikel, kalo artikelnya kurang berkualitas sama saja kita buat brand jelek.
Tips: buatlah blog agan loadingnya cepet klo bisa sedetik udah pada muncul konten kontennya, jangan dibikin berat atau memakan waktu loading yang lama blog agan, bisa bisa pengunjung pada kabur.
Kelima, klo tujuan nyari dollar da adsense mah receh kalo visitor sedikit, sabar dulu jangan tiba tiba daftarin ke adsense sakitnya tuh disini kalo lama di approve atau di tolak. Breakdown lagi ya:
  1. Buat halaman about. Isinya ya penjelasan tentang blog agan apa.
  2. Buat halaman privacy dan haha lupa lagi ana namanya, search aja ya sendiri.
  3. Buatlah halama contact. Ya isinya tentang bagaimana sih caranya visitor kalo pengen hubungin agan.
Ketiga halaman tersebut cara buatnya yang baik ato auto bikin googling aja banyak.
Keenam, baru dah bikin konten berkualitas, hati hati kalo pake gambar cantumin sumbernya biar adsense friendly lah. Bikin konten artikelnya mulai dari judul, tag, deskripsi tetep pake itu research keywords dan libas habis short dan long tail keywordsnya.
Ketujuh, kalo sudah buat semua di atas jangan lupa submit blog dan atau url artikel agan di google console biar terdaftar di lahannya google cepet.
Kedelapan, biar terank bagus meskipun sudah menerapkan berbagai jurus SEO, tetepa gan kudu promosiin blog atau artikel artikel agan: gampang caranya; promosiin di akun akun sosial media agan, temen, keluarga, pacar, gebetan, mantan, nenek kakek, tetangga, orang orang yang tertarik dengan niche agan. (Banyak lah googling teknik, strategi cara dan bla bla bla, hahha udah mulai pegel ngetik nih dua ibu jari).
Tambahan:
Klo mau daftar adsense tunggu dulu lah beberapa bulan sampe visitor udah lumayan setiap harinya, kalo bisa beli domain biar cepet d approve tanpa melanggar aturan aturan adsensenya
Kalo afiliasi dan jualan langsung pembukaan blog juga bisa asal tahu strategi dan caranya.
Saran: mending buat konten bule, asyiknya konten bule ini meski visitor dikit tapi kalo ada yang ngklik iklan adsense kita lumayan gan ane ngalamin kisaran 1K - 2,5K rupiah satu kliknya. Kalo Indonesia miris ngalamin satu klik cuma 100 perak.
Blogging - Apa yang harus  dilakukan sebagai blogger pemula? - Blogging - Apa yang harus saya lakukan sebagai blogger pemula?

Itu gan d atas contoh punya ana. Cuma dua klik dari luar negeri sana segitu dapetnya bandingin dari indonesia sedih liatnya.
Sekian duli ya gan pegel ngetik. Mudah mudahan mangfaat.

 Itulah jawaban saya tentang blogging - apa yang harus dilakukan sebagai blogger pemula.
Saya tidak edit jawabannya sama sekali. Jadi mohon maaf nih jika banyak typo.
Tapi kalian bisa lihat jawaban original saya disini

Terimakasi sudah membaca

Baca Juga Tanya Jawab Lainnya | Tanya Jawab Handy di Quora

LihatTutupKomentar
close