2020-01-01

Tips Mengamankan Akun Akun Sosial Media Anda Dengan Cara Ini.

Tips cara mengamankan akun sosial media
Sosial media adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial media seperti instagram, facebook, twitter dan yang lainnya merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Di sosial media kita terhubung dengan banyak orang seperti teman, kolega bisnis, rekan kerja bahkan keluarga. Disana kita berinteraksi secara virtual baik tulisan, foto maupun video.

Bagaimana jika akun sosial media kita ternyata di hack atau dicuri oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab? Terus disalahgunakan atau merusak nama baik kita di sosial media yang kita gunakan. Contohnya tiba tiba akun sosial media kita share video video tidak senonoh, atau menghina orang lain padahal kita tidak melakukannya.

Yang lebih parah, jika berada di media sosial saat bekerja dan terhubung ke jaringan perusahaan dan akun kalian diretas, kini kalian telah membuat seluruh perusahaan kalian rentan.  Yup, ini masalah besar.

Media sosial merupakan  ancaman modern terbesar: ia memiliki lebih banyak konektivitas (milyaran orang), lebih dipercaya (semua orang adalah teman Anda) dan lebih sedikit visibilitas (hanya karena sifatnya) daripada platform komunikasi atau bisnis lainnya.

Tidak perlu bertele tele lagi, ini adalah topik yang sangat penting bagi setiap orang yang mengakses internet.  Sekarang setelah Anda tahu mengapa akun sosial yang tidak aman berbahaya, mari kita telusuri bagaimana Anda dapat melindungi diri dari kompromi.

Inilah 10 Tips untuk Mengamankan Akun Media Sosial kalian:


  1. Buat email unik untuk media sosial. Buatlah E-mail baru hanya untuk akun sosial media kalian, pisahkan dengan E-mail yang terhubung dengan pekerjaan kalian. Karena jika suatu waktu akun kita di curi kita bisa mengamankan informasi informasi penting yang ada dalam pekerjaan kita atau bisnis kita.
  2. Aktifkan otentikasi dua tahapan. Ini perlu di lakukan untuk mempersulit dan memperlambat seorang hacker pada saat mencuri akun kita. Bisa dipraktekan dengan password dan pin. Atau terhubung dengan smartphone pribadi kita. Kita bisa langsung mengetahui ada yang ingin masuk ke akun kita ada notifikasi ke smartphone kita, jika bukan kita yang melakukan kita bisa segera mengamankan akun kita dengan log out dari semua perangkat dan segera mengganti password dengan yang lebih kuat.
  3. Tutup akun yang tidak digunakan. Akun yang sudah tidak digunakan dan kalian lupa untuk menghapus akun ini berhati hatilah karena seorang hacker dapat mengambil akun yang sudah kalian tidak kelola karena akun ini bisa saja berisi informasi penting mengenai kalian contohnya informasi mengenai E-mail kalian dan akun akun serta informasi yang terhubung ke akun yang sudah tidak digunakan kalian.
  4. Perbarui aplikasi seluler secara teratur. Dengan update aplikasi seluler kita, kita akan lebih aman karena para vendor aplikasi seluler pun tidak ingin para konsumennya kecewa dengan produknya dan meninggalkan mereka. Pastinya para vendor ini terus meningkatkan keamanan aplikasinya supaya tidak celah bagi hacker untuk berulah di aplikasi yang mereka buat.
  5. Buatlah kata sandi yang baik. Ini betul betul berbahaya jika kalian hanya membuat passeord sesuai dengan tanggal lahir, nama kalian, atau yang berhubungan dengan kalian terus para hacker akan dengan mudah menebak password akun anda dengan menggunakan teknik sosial enginering. Buatlah password yang betul betul unik dan tidak hanya terdiri dari angka atau huruf, buatlah password yang panjang karena biasanya para hacker memakai aplikasi pembobol password yang terbatas karakternya, misalnya kalian bisa membuat password minimal 25 karakter. 
  6. Pantau akun Anda secara teratur. Perlu dilakukan untuk memantau aktifitas akun kalian karena lebih cepat tahu lebih cepat kita bisa mengamankannya. Kalian bisa memantau aktifitas akun kalian sendiri dan melihat apakah ada aktifitas yang memang tidak kalian lakukan jika ada sudab pasti akun kalian sedang di hack. Ada baiknya cepat cepat melakukan perubahan password sebelum hacker merubah passeord kalian.
  7. Sesuaikan pengaturan privasi default. Jika akun kalian setingan privasinya terbuka untuk umum lebih baik beralih ke akun private filter dengan baik siapa saja yang bisa melihat profil kita, pastikan yang bisa melihat profil kita hanya orang orang yang betul betul kita kenal dan percaya. Karena melalui profil kita seorang hacker bisa mengetahui e-mail kita beserta klue klue lainnya yang di gunakan pada saat proses hack.
  8. Berhati-hatilah mengakses akun di wifi publik. Siapa sih yang tidak tergiur dengan wifi gratis. Kaum gratisan lebih baik berhati hati. Karena melalui wifi terbuka atau umum seorang hacker bisa masuk ke ponsel atau laptop yang kita gunakan ketika menggunakan wifi gratisan ini, dan bisa memantau semua aktifitas, informasi seperti pasword password atau pin atm sekalipun, dan juga ponsel kita bisa di kontrol dari jarak jauh. Haduub lagi maen hp di kamar mandi ternyata secara tidal sadar hp kita sudah di sadap dan tidak sadar kameranya aktif, si hacker bisa saja mengambil foto kita lagi tidak berbusana di kamar mandi. Atau seluruh akun kita bisa di ambil alih dengan mudahnya oleh para hacker.
  9. Terima permintaan teman secara selektif. Oke guys dengan yang satu ini, alih alih ingin memiliki banyak teman di dumay, kita ternyata menerima pertemanan seorang hacker tanpa kita sadari. Baik itu si hacker menyerang secara random, sengaja atau disuruh oleh para mantan kalian. Selektiflah terimalah teman yang memang kita kenal.
  10. Batasi penggunaan aplikasi pihak ketiga. Weleeeh jangan main instal instal ae ya guys. Kadang aplikasi pihak ketiga ini terselip virus yang membahayakan, yang bisa mencuri informasi informasi penting. Contoh kita menginstal aplikasi fb tidak dari google play atau store dari merk hp kita, bisa saja di dalamnya terdapat koding koding khusus contoh di selipkan file exploit, yaitu file yang ketika menjalankannya seorang hacker bisa mengambil alih secara penuh hp kita tanpa kita sadari. Installah aplikasi memang dari storenya, recomended tetap menggunakan google playstore karena disana pastinya semua aplikasi sudah melalui proses scanning virus dan layak untuk di gunakan para customernya.


Itulah 10 tips yang bisa kalian lakukan untuk mengamankan akun akun sosial media kalian.

Bagaimana jika ternyata kita telah di hack?

Yang pertama adalah kalian jangan panik dulu, tenanglah dan teliti. Karena jika kalian tidak tenang bisa saja malah kita melakukan kesalahan fatal, seperti tidak sengaja mengklik yes, padahal dalam notifikasinya apakah kalian yang baru masuk dari suatu device tertentu, eh malah di klik iya. Ya wassalam akun kalian.

Yang kedua, jika memungkinkan masih bisa masuk, langsung ganti password akun kalian dan review aktifitas di akun kalian. Apakah di akun kalian ada aktifitas spam, atau postingan postingan yang memang tidak kalian buat.

Yang ketiga, cek seluruh akun termasuk akun akun bank kalian atau uang digital kalian apakah berkurang atau tidak. Jika ya. Segera amankan akun bank kalian dengan menelpon customer service bank yang kalian gunakan.
Yang keempat, jika kalian tidak tahu atau tidak bisa mengamankan akun kalian segeralah kontak teman atau orang yang ahli dalam bidang kemanan cyber.

Ingatlah kejahatan bisa menimpa siapa saja, dimana ada kesempatan kejahatan pasti beraksi. Was waslah was waslah.

Oke guys demikian artikel untuk hari ini mudah mudahan bermanfaat. Thanks. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

Jangan lupa share jika kalian rasa artikel ini bermanfaat.

Recent Post

Recent Posts Widget