-->

Membangun Blog Sebagai Pemula, Kalian Harus Tahu Ini Dulu! - Dasar Blogging by mediainggris.com

Membangun Blog Sebagai Pemula

Kalian ingin membangun blog sebagai pemula atau mendesain ulang blog yang sudah ada
atau untuk membuatnya lebih baik, kalian dapat menemukan semua yang kalian butuhkan di mediainggris.com dengan label Blogging untuk pemula. Mudah mudahan dalam artikel artikel kami yang berlabel blogging bisa membuka gagasan kalian bagaimana untuk memulai ngeblog kalian sendiri.

Jangan terburu buru ya gan (sebutan blogger), Slowly but sure, beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum blogging, yaitu:

DAFTAR ISI 


  1. Apa Itu Blog?
  2. Jenis Jenis Blog
  3. Bagaimana orang-orang menggunakan blog?
  4. Apakah blogging masih menguntungkan di tahun 2020?
  5. Menjadikan bloggin sampingan atau yang utama?





Apa Itu Blog? - Pengertian Blog

Terkadang para blogger tidak tahu kalau Blog merupakan singkatan dari web log yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web, konten dari blog sendiri tidak melulu tentang tulisan, ada yang berisi gambar, video, bahkan campuran ketiganya.

Jenis Jenis Blog

Sebelum kalian membuat blog kalian sendiri, inilah beberapa jenis blog yang ada pada saat ini:
  1. Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  2. Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  4. Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  5. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  6. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  7. Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  8. Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  9. Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  10. Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  11. Blog agama: Membahas tentang agama
  12. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  13. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  14. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  15. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  16. Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  17. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  18. Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
  19. Blog gaya hidup (lifestyle): Berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia maya
  20. Blog parenting: Berisi cerita/ tema seputar menjadi orang tua dan pengalaman mengasuh anak

Banyak kan gan jenisnya. Kalian cocok yang mana untuk memulai blog, sesuai dengan kemampuan dan passion kalian. Jangan salah pilih ya gan, seperti salah pilih jodoh. yang ada jika kalian salah pilih bisa bisa mumet, karena tema blog yang kalian pilih tidak sesuai dengan kemampuan dan passion kalian. So, choose wisely ya!

Contohnya blog mediainggris ini gan, karena dikerjain sendirian akhirnya mumet bin jangar, belum lagi dengan kehidupan nyata, pekerjaan yang cukup menyita waktu. Jadi saya hanya menjadikan blog ini sebagai sarana kami pribadi untuk berbagi yang kami tahu.  Jadi kalian juga perlu memantapkan diri untuk mulai ngblog. Jadi harap maklum ya gan kita gak terlalu sering update. kalo kalian ingin terus baca postingan postingan kami tinggal subcribe aja gan. Gratis! haha sedikit curcol.




Bagaimana Orang Orang Menggunakan Blog?

Tujuan para blogger ini banyak sekali, yang paling banyak sih nyari duit di Internet atau yang paling trending sekarang tahun 2020 orang-orang menggunakan blog untuk digital marketing, kita tidak perlu jalan jauh jauh atau pintu ke pintu orang, dobrak pintu rumah orang hanya untuk menawarkan produk yang kita jual. Kita cukup jual barang barang kita di blog yang kita buat di share di berbagai media sosial untuk melihat barang barang yang kita jual. Kami tidak akan bahas secara detail ya, Inilah beberapa tujuan orang orang menggunakan blog menurut analisa kami yang kami himpun dari jalan jalan ke blog orang, maklum lagi gabut. Kuy cekidot:

Mengeksplore hobi dan passion.

Kalian punya hobi dan passion apa? hohoho, contohnya kalian punya hobi desain pake aplikasi corel, kalian bisa bagikan cerita atau tentang hobi kalian di blog, bisa berbagi tips trik, atau tutorial menggunakan corel guys. Atau menjadikan blog kalian tempat untuk berdiskusi hobi kalian.

Bahkan hobi nggame pun bisa kalian buat blognya sendiri. Orang orang masih banyak cari informasi di Website dibandingkan di social media genks.

dan hobi hobi lain yang bisa kalian bagikan di blog kalian sendiri.




Sharing Informasi

Terkadang sebuah blog isinya tentang berbagi informasi. Contohnya seperti blog jurnalistik yang menginformasikan berita berita lokal maupun internasional. Atau blog pendidikan yang menginformasikan berita berita pendidikan atau tentang hal hal yang berbau dengan pengajaran di sekolah maupun di rumah.

Atau informasi mengenai teknologi contohnya blog yang terkenal mengenai teknologi adalah techcrunch.com, blog ini dilihat di alexa berada di ranking 1.462 di dunia, dengan jumlah pengunjung atau traficnya per bulan mencapai 16+ jutaan visitor.

Menghasilkan Uang dari blogging

Kamu memiliki blog yang jumlah pengunjungnya lumayan banyak kenapa tidak menghasilkan uang dari blog mu. Ya banyak blogger yang mendapatkan uang dari blog mereka, cara yang paling banyak adalah mereka mendapatkan uang dari pengiklanan yang paling banyak sekarang bahkan di youtube adalah Adsense. Mereka di bayar per klik untuk iklan yang di klik oleh para pengunjung website atau blognya. Atau menjual produk produk yang mereka buat bisa berbentuk fisik atau bentuknya digital.

Sebetulnya banyak cara untuk menghasilkan uang atau memonetasi dari blog ini, berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari blog:

  1. Berjualan produk / barang secara online, sekarang banyak sekali online shop online shop yang bertebaran di dunia maya, contoh blog di Indonesia yang bidangnya berjulan produk barang secara online ada 3 online shop besar di Indonesia, Toko Pedia, Shopee, Buka Lapak, dan Banyak lagi. ini bisa menjadi pertimbangan kalian untuk buka blog online shop dengan kompetitor yang besar dan bermodal dan bersaing ketat dengan olshop lainnya.
  2. Affiliasi, Afiliasi merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama. Pembentukan kontak sosial ini menghasilkan sebuah pertalian. Dalam hal ini contohnya kalian bisa berafiliasi dengan organisasi atau badan usaha yang memiliki program afiliasi, yang paling terkenal di dunia adalah Amazon.com sebuah perusahaan olshop terbesar di dunia, kalian bisa menjadi pihak ketiga dari Amazon, yaitu dengan mengarahkan pengunjung blog kamu melalui referal kamu, jika pengunjung membeli barang disana melalui referal kalian, kalian mendapatkan komisi dari pembelian tersebut dengan persenan yang beragam sesuai dengan syarat dan ketentuan disana.
  3. Pemasangan Iklan, mendapatkan uang dari pemasangan iklan ini banyak di aplikasikan oleh para blogger baik yang sudah ada atau mencari orang yang ingin memasang iklan di blog sesuai dengan tarif yang di tawarkan, tetapi pada saat ini masih trend mendapatkan uang dari penyedia jasa pengiklanan seperti Adsense yang sudah tidak asing di telinga para blogger ataupun youtuber, ada lagi yang lainnya seperti propeler ads dan jasa pengiklan lain dan kita menjadi pihak ketiga yang menampilkan iklan di blog kita. Jangan terlalu berharap banyak pada jasa pemasangan iklan seperti Adsense atau propeler ads ketika blog kita jumlah pengunjungnya hanya sedikit. Blog yang memiliki jumlah visitor ribuan saja dalam seharinya apalagi blog lokal mungkin bisa berkisar ratusan rupiah dengan jumlah klik yang sedikit pada iklan yang kita pasang di blog kita. Butuh banyak strategi dalam digital advertisement ini, jika ingin mendapatkan uang banyak.
  4. Menjual Jasa dari blog, Selanjutnya kita bisa mendapatkan uang dari blog kita dengan menjual jasa yang disediakan, contohnya pembuatan artikel lokal maupun bule, atau dengan menjual jasa mendesain blog untuk orang lain. Dengan penjualan jasa di blog ini banyak blogger yang meraup jutaan rupiah pada setiap bulannya.
Kesimpulan di atas semua bagaimana orang orang mendapatkan uang dari blog adalah yang paling utama adalah mendapatkan visitor yang banyak terlebih dahulu, selain mendapatkan visitor yang banyak dalam satu harinya kalian juga perlu visitor yang sesuai dengan isi blog kita. Contohnya kita promosikan blog kita kesana kemari untuk mendapatkan visitor yang banyak, tapi akan menjadi percuma jika target visitor kita kurang sesuai dengan konten blog yang kita miliki, contohnya blog kita membahas tentang masak memasak tetapi visitor kita kebanyakan bukan orang yang tertarik misalnya tertarik dengan dunia komputer, yang ada para visitor ini hanya sebentar berkunjung hitungan detik kemudian keluar dan tidak kembali lagi. Jadi tentukan juga target promosi blog kita yang sesuai.




Apakah blogging di tahun 2020 masih menguntungkan?

Jika dari pengalaman saya selama ngbloginh dari tahun 2018 ini, ngblogging masih menguntungkan. Kenapa? karena ngblog bagi saya bukan hanya sekedar mencari materi saja, tapi mendapatkan kepuasan ketika kita berbagi informasi yang bermanfaat bagi orang lain dan bisa di aplikasikan atau dipakai oleh para pembaca.

Tetapi rata-rata tujuan utama ngblog adalah tetap mendapatkan penghasilan baik aktif maupun pasif. Dapet 1 juta perbulan saja sudah lumayan untuk jajan cendol dan kuota.

Tahun ke tahun perkembangan teknologi semakin cepat dan murah. Contoh saja anak anak jaman sekarang bahkan belum sekolah sudah memiliki smartphone dengan fasilitas internet di dalamnya, jadi banyak kesempatan meraup keuntungan dari blog ini, apakah orang-orang mencari tips dan trick di blog atau hanya sekedar membaca cerita bahkan baca komik sudah melalui si monster gepeng alias smartphone. Hubungannya apa dengan blogging menguntungkan pak? ya iya banyak anak anak yang hobi ngegame contohnya, kita bisa menyediakan artikel artikel untuk ngegame bagi mereka, terkadang banyak terjadi klik iklan adsense yang di lakukan para bocah ini karena ketidak tahuannya ini menjadi keuntungan bagi kita.

Saya gak punya akun adsense atau yang sejenisnya, Bagaimana? mendapatkan keuntungan dari blog tidak melulu dari Adsense tapi juga bisa kita dapatkan dari berjualan produk seperti yang di jelaskan sebelumnya. Contoh saja saya jalan jalan ke blognya mas sugeng ternyata di sana blog ini mendapatkan keuntungan jutaan sampai dengan puluhan juta dari penjualan desain blog apalagi dari yang lainnya ya. Masih banyak cara lagi untuk mendapatkan keuntungan atau memonetasi blog kita sendiri. Kami akan bahas pada kesempatan berikutnya.

Tipsnya: penting bagi seorang blogger untuk terus mengurusi blognya agar tidak tenggelam oleh jaman terus berinovasi dan kreatif.

Kesimpulan, untuk ngblog pada tahun2020 ini masih sangat menguntungkan dengan kondisi sekarang serba digital. Nyari apapun ada di mbah google sampai dengan Jodoh pun bisa nyari lewat dunia maya. Dari usia balita sampai kakek nenek menggunakan smartphone.




Menjadikan blog sebagai yang utama atau sampingan?

Pertanyaan klasik tapi menjadi hal yang dilema bagi seorang blogger pemula. Begini gan, jika kalian sudah memiliki pekerjaan tetap di kehidupan nyata dan masih realistis ngeblogging lebih baik menajadi sampingan saja atau menjadi sarana menyalurkan hobi kita. Kami tidak merekomendasikan untuk ngblog menjadi pekerjaan utama bagi para pemula, akan banyak sakit hatinya, ngblogging itu harus kerja keras dan konsisten. Apalagi blog kita belum bisa monetasi sama sekali.

Terkecuali jika memang agan agan berjualan online, blog bisa menjadi hal yang utama dalam memasarkan produk produk agan selain sosial media tentunya. Blog masih menjadi pilihan kedua selain sosial media untuk mempromosikan produk kita, karena pengguna sosial media lebih banyak dibandingkan orang yang mencari sesuatu di website.

Tambahan Informasi
Penduduk Indonesia yang menggunakan intenet adalah 63 juta jiwa, Menurut data dari Webershandwick, perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi, untuk wilayah Indonesia ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif. Sebanyak 33 juta pengguna aktif per harinya, 55 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile dalam pengaksesannya per bulan dan sekitar 28 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile per harinya.

Diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet setidaknya sekali tiap satu bulan. source: https://kominfo.go.id/

Jadi ngblog masih memiliki kesempatan yang cukup bagus, melihat pengguna internet yang terus menerus naik.

Jadi apakah kalian siap untuk go to the blog?

Itulah beberapa hal yang perlu di ketahui bagi para pemula blog atau bagi yang ingin memulai ngblog. Terimakasih sudah membaca artikel kami.

Saya harap artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Thanks.



LihatTutupKomentar
close