-->

Tips Agar Menjadi Orang Sukses Di Usia Muda Tahun 2020





Tips cara agar menjadi orang sukses
Menjadi orang yang sukses adalah impian semua orang. Tahun 2020 orang orang banyak membuat resolusi baru untuk menjadi orang sukses. Kita semua mengetahui dalam proses menadapatkan kesuksesan, didalam kehidupan kita harus memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan waktu untuk diri pribadi kita. Tapi nyatanya dalam kehidupan tahun ke tahun dalam dunia yang sangat sibuk, kita harus banyak melakukan sesuatu tapi dengan waktu yang lebih sedikit dan sumber daya yang terbatas.  Inilah beberapa tips dalam mengejar kesuksesan tanpa mengorbankan menikmati hidup. Hal hal berikut ada pada mindset orang orang sukses dan menjadi kunci sukses seorang pengusaha tanpa mengorbankan mental dan fisik mereka. Tetapi hal yang terpenting dari semua hal di bawah ini adalah doa orangtua kalian doa orangtua agar anak sukses dunia dan akhirat.
Ada dua bagian yang akan menjadi tips yaitu jangan dan lakukan. Langsung saja guys ini dia tips tips agar menjadi orang sukses di usia muda;



Jangan Lakukan 8 Hal Ini Jika Ingin Menjadi Orang Sukses di Usia Muda


1.       Mengeluhkan Pekerjaanmu
Pekerjaan adalah suatu kegiatan untuk memenuhi kehidupan yang layak. Jenis pekerjaan apapun yang kamu lakukan tentunya ada enak tidak enaknya, berpindah pindah pekerjaan bisa saja bukan menjadi solusi untuk mencapai kehidupan yang sukses karena dimanapun berada, posisi apapun, atau seberapa besar gaji yang kamu dapat pasti selalu ada masalah yang membuat kamu tidak nyaman. Jika kamu keluar dari pekerjaanmu karena terus menerus mengeluhkan pekerjaannmu kamu belum tentu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik bahkan tidak memiliki pekerjaan, bayangkan berapa juta surat lamaran pekerjaan yang masuk keperusahaan perusahaan, BUMN, bahkan sekarang CPNS berjuta juta surat lamaran pekerjaan yang masuk yang ingin mengisi lowongan pekerjaan tersebut, bisa saja orang yang melamar tersebut lebih kompeten dari diri kamu dan kamu menyesali telah keluar dari pekerjaanmu dan menjadi seorang pengangguran. Jadi STOP mengeluhkan pekerjaanmu terus intropeksi diri dan bersyukur dengan apa yang kamu dapat sekarang.
2.       Membandingkan Dirimu Sendiri dengan Orang Lain
Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain, Tuhan menciptakan manusia secara unik satu orang dengan orang yang lainnya, bahkan saudara kembar pun Tuhan ciptakan secara unik. Tidak perlu menjelaskan dirimu pada orang lain sebagai tameng terhadap dirimu sendiri untuk tidak maju menjadi orang yang sukses. Kita sebagai manusia memiliki mindset dan background kehidupan yang berbeda beda. Jadi, Fokuslah dengan membandingkan tujuan kamu sendiri, apakah pencapaian atau prestasi saya tahun lalu dan sekarang.
3.       Membuat Goal yang Tidak Spesifik
Mencapai kesuksesan berarti anda harus membuat goal setting yang spesifik, apakah yang akan anda lakukan pada tahun ini apa yang ingin di capai?, jangan sampai hari hari anda dijalani tanpa tujuan (no goal).
4.       Memutus Tali Silaturahmi



Tali silaturahmi artinya ikatan hubungan atau ikatan kekerabatan, karena rezekimu termasuk kesuksesanmu tergantung seberapa dalam kamu menjalin tali silaturahmi keluarga, silaturahmi dengan teman atau bahkan dengan para mantan sekalipun. Bisa saja jalan kesuksesanmu berasal juga dari orang orang yang pernah ada dalam kehidupanmu.
5.       Meremehkan Pendidikanmu
Bangga akan tingkat dan jurusan pendidikanmu. Dunia masih membutuhkan segala profesi baik itu guru, supir, tukang koding, pengrajin dan lain sebagainya, jadi hargailah pendidikanmu yang sudah kamu perjuangkan mati matian bulak balik ke sekolah atau kampus yang menyita waktu, tenaga dan materi. Tapi disitulah proses pendidikan karakter terjadi, kita terus memiliki mental daya juang di bidang kita. Pendidikan adalah hal yang mutlak wajib kita dapatkan bahkan sampai dengan pendidikan inklusif pun wajib di dilaksanakan oleh kaum difabel sekalipun. Untuk apa untuk mencapai sukses kita di kehidupan yang akan datang. Karena tanpa ilmu mustahil kita mendapatkan yang kita inginkan.
6.       Membuang buang Waktu Istirahatmu
Istirahatlah kata-kata yang muncul dalam pikiranmu atau dari orang terdekatmu ketika kamu bekerja berlebihan. Ketika memang waktunya istirahat ya beristirahatlah jangan melanjutkan pekerjaanmu dulu, maksudnya untuk meredam tingkat stress yang menghampirimu ketika bekerja. Manfaat istirahat ini sangatlah baik untuk fisik maupun mental. Tapi jangan buang buang waktu istirahatmu dengan percuma, kamu bisa beristirahat dengan membaca buku, majalah, koran yang kamu senangi sambil minum kopi, atau duduk dan memejamkan mata, atau makan siang dengan teman temanmu sambil berdiskusi (bukan ngegosip dan menggunjing orang ya).
7.       Kurang Makan atau Makan Berlebihan
Tidak makan salah, makan terlalu banyak salah. Ya iya. Jika kamu kurang makan asupan energimu untuk mencapai sukses menjadi loyo, makan berlebihan menjadikan kamu malas dan ngantuk memperlambat kamu untuk mencapai sukses karena kamu kekurangan oksigen ke kepala sehingga terasa mengantuk ketika bekerja, karena perut kita harus disisakan untuk udara, air, makan tambahan mungkin snack. Mana ada orang sukses yang kerjanya makan banyak terus tidur. Tidak ada yang mengejar kesuksesan di alam tidurnya bangun bangun masih nelangsa.
8.       Menghabiskan Waktu Weekendmu di Rumah
Pergi keluar, cari udara segar belajar apa yang sedang terjadi di luar sana. Dengan hanya menghabiskan waktu di rumah saja menton tv dari pagi sampai dengan tidur kembali adalah hal yang membuat waktumu terbuang dengan percuma. Jika kamu seorang pedagang jalan jalanlah kepasar lihat apa yang orang orang banyak cari di sana, jika kamu seorang youtuber tempat wisata berwisatalah dengan keluargamu sambil membuat konten untuk memenuhi chanelmu, dan yang lain sebagainya. Karena sukses tidak hanya di raih dengan berdiam diri saja menunggu keajaiban atau mukjizat tanpa ada usaha.




Lakukan 10 Hal ini Agar Menjadi Orang Sukses di Tahun 2020

1.       Perhatian Pada Dirimu Sendiri
Memperhatikan diri sendiri dulu baru ke yang lain, apa yang kamu butuhkan. Resources apa yang kamu butuhkan untuk mencapai kesuksesanmu. Perhatian terhadap dirimu sendiri dan kamu bisa memberikan perhatian yang lebih untuk orang lain. Bagaimana mau memperhatikan orang lain atau orang terdekatmu, dirimu saja sendiri tidak terperhatikan. Makan yang sehat, istirahat, dan berolahraga adalah bentuk memperhatikan diri sendiri. Karena dengan melakukan itu kamu bisa menghadapi tantangan menuju titik suksesmu. Jangan menaruh memperhatikan diri sendiri di akhir.
2.       Manjakan Dirimu Sendiri
Buat komitmen untuk diri anda sendiri, meluangkan waktu 10 – 15 menit untuk memanjakan diri seperti mandi air hangat, melakukan hobi yang di sukai, main game, olahraga dan lain sebagainya. Mencapai kesuksesan bukan berarti menyiksa diri anda sendiri. Contoh lainnya anda bisa memanjakan diri anda sendiri dengan merayakan suatu pencapaian dengan teman atau keluarga.
3.       STOP Mencari Kesalahan Sendiri
Ya STOP. Self Blaming. Melakukan hal ini hanya membuat diri anda tidak berguna bagi diri anda sendiri maupun orang lain, dan jatuh kedalam keterpurukan diri. Yang perlu anda lakukan adalah mengintropeksi kesalahan yang terjadi dan berusaha memperbaikinya, mendiskusikannya dengan orang yang ahli, rekan kerja atau bahkan atasan anda.
4.       Kumpulkan Ide Positif Anda
Buat papan atau buku “My Ideas”, kumpulkan semua ide positif dan berguna, meskipun kita tidak bisa melakukannya sekarang anda memiliki gudang ide yang banyak untuk anda coba dalam meraih kesuksesan anda. Kenapa harus melakukan hal ini? Karena kita tahu sendiri manusia ini pada dasarnya adalah mahluk pelupa. Jangan sampai ide anda yang sudah terpikirkan sebelumnya lupa dan telah dilakukan orang lain terlebih dahulu. Setidaknya ide ide positif anda bermanfaat bagi orang lain dan anda mendapatkan kesuksesan yaitu sebuah kepuasan tersendiri ketika orang senang dari ide positif kita.
5.       Berikan Dosis Untuk Diri Anda Sendiri
Memberikan dosisi untuk diri sendiri disini maksudnya jangan mengambil sesuatu secara berlebihan atau fanatik. Kawan dunia ini dipenuhi dengan orang orang egois dan rasa sakit hati. Jika kamu bekerja pada suatu perusahaan dan kamu berpikir saya akan bekerja mati matian demi perusahaan ini sampai mengorbankan keluarga atau teman, tapi ternyata ketika perusahaan tempat kita bekerja mendapatkan kesuksesan yang luar biasa ternyata bukan anda yang di apresiasi tetapi orang lain. Sukses bagi perusahaan iya, belum tentu untuk anda. Jadi sesuaikan dosis diri anda sesuai dengan tupoksi yang di tugaskan. Ketika rintangan setiap hari membuat Anda sedih, luangkan waktu untuk menikmati kebersamaan anda dengan sahabt, jadilah sahabat terbaik dan lakukan apa yang akan anda lakukan untuk orang-orang yang paling anda cintai.
6.       H-A-L-T
H-A-L-T ini adalah singkatan dari Hunger (Lapar), Angry (Marah), Lonely (Kesepian), dan Tired (Lelah). HALT ini adalah notifikasi untuk diri anda sendiri untuk berhenti atau menarik napas. HALT terjadi ketika tingkat stress yang tinggi menimpa anda, sinyal sinyal ini bisa menyeimbangkan hidup anda. Makanlah ketika anda lapar, luapkan emosi anda ketika marah dengan cara yang membangun diri, panggilah seseorang untuk menemanimu ketika anda kesepian, dan istirahatlah ketika anda lelah.
7.       Hilangkan Rasa Pesimis Terhadap Diri
Jangan berkecil hati guys, anda memiliki potensi yang tidak di miliki orang lain. Seorang dokter tidak akan memiliki kemampuan seorang arsitek begitu juga sebaliknya. Seorang pesepak bola tidak memiliki kempauan seorang pebasket begitu juga sebaliknya. Gali potensi potensi yang ada pada diri anda untuk mencapai kesuksesan yang anda inginkan sesuai dengan goal yang telah anda buat. Jangan lihat orang lain yang membuat anda pesimis. Tulis apa saja yang menjadi potensi diri anda dan tempel di dinding, apa yang akan anda lakukan dengan potensi yang ada pada diri anda.
8.       Tumbuh Kembangkan Pola Pikirmu



Yuks guys jangan pernah puas dengan diri anda pada saat ini, rubah pola pikirmu mulai dari generasi old sampai generasi rebahan, setiap generasi memiliki pola tersendiri untuk mencapai kesuksesan. Buka jendela pikiranmu, banyak baca buku, ambil ilmu ilmu yang bermanfaat dari ahlinya. Berpikirlah out of the box, keluar dari zona nyaman yang begitu begitu saja.
9.       Setting Hidupmu Ketimbang Deadline Anda
Mengejar ngejar deadline bisa membuat hidupmu menjadi sangat cape dan ketagihan, ini buruk dilakukan karena kurang sehat untuk mental dan fisikmu. Deadline bisa membuatmu sakit dan bahkan mungkin mati. Pernah dengar cerita seorang guru meninggal karena mengisi E-Rapor, karena di kejar kejar deadline harus selesai pada tanggal tertentu. Makanya sebelum muncul deadline, cicil pekerjaanmu sedikit demi sedikit dari sekarang.
Buatlah space waktu untuk dirimu sendiri, seperti makan snack atau hanya sekedar melihat kejendela, atau sekedar mengambil napas barangkali lupa bernapas karena di kejar deadline, melakukan hobimu sebentar tapi tidak berlebihan sampai menterbengkalaikan pekerjaanmu ya.
Hari harimu akan semakin cepat hari demi hari jadi berikan waktu untuk menikmati hidupmu juga.
10.   Jadilah Seorang Pemburu Niat Baik
Kalian pasti sering mendengar lebih baik memberi daripada menerima. Menolong orang lain bisa meningkatkan moodmu dalam hidup untuk meraih kesuksesan, ada yang harus diperjuangkan sehingga hidupmu terus bersemangat. 
Menurut para ilmuwan, hasil dari pemindaian otak orang-orang yang baik hati dan murah hati menunjukkan sistem kekebalan yang lebih kuat, disposisi yang lebih tenang, dan kesehatan emosi yang lebih baik.
Menolong orang lain bisa menghilangkan rasa stressmu, ada kepuasan tersendiri tapi bukan untuk menyombongkan diri. Hal ini menjadikan dirimu lebih berharga. Melakukan hal hal baik untuk orang lain meningkatkan tali silaturahmi mu dengan orang lain lebih dan dalam dan bermakna. Karena kebaikan itu akan kembali kepada dirimu sendiri entah kapan dan dari siapa. Kalo kata orang sunda Allah mah maha adil.
Dengan melakukan hal hal baik ini, perhatian kepada orang lain berarti kamu perhatian terhadap diri sendiri dan kamu akan menyadari bahwa ada kebahagian tersendiri dan sukses yang selama ini kamu cari, karena sukses bukan berarti kamu yang senang orang lain yang menderita.

Itulah beberapa tips agar menjadi orang sukses di tahun 2020. Setiap orang bisa sukses dan setiap orang bisa hidup bahagia dengan caranya sendiri.
Terimakasih sudah membaca. Jika dirasa bermanfaat silahkan di share.
Bagi yang ingin menggunakan artikel ini sebagian atau secara penuh, kami persilahkan dengan syarat mencantumkan link kami di artikel atau website anda. Terimakasih. 
LihatTutupKomentar
close