-->

11 Tips dan Trick Mengerjakan Soal Reading Short Functional dan Essay Text

11 Tips dan Trick Mengerjakan Soal Reading Short Functional dan Essay Text


mediainggris.com - Hai semuanya, semoga hari ini kalian dalam keadaan yang sehat dan bahagia ya. Nah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi tentang tips dan trick bagaimana sih cara mengerjakan soal-soal pilihan ganda reading jenis short functional dan essay text. 

Dalam soal-soal ujian bahasa Inggris baik itu di SMP maupun di SMA pastinya selalu ketemu dengan soal-soal yang menggunakan text tersebut. Okey, tidak berlama-lama mari kita bahas artikel kali ini yang berjudul Tips dan Trick Mengerjakan Soal Reading Short Functional Text dan Essay Text.

Ada dua materi inti yang akan dikuatkan yaitu; 

  1. Teks Fungsional Pendek  (Short Functional Texts) 
  2. Esei Pendek (Texts). 

Berikut teks fungsional pendek (short functional texts) yang harus dikuasai: 

  • Announcement (pengumuman) 
  • Notice (pemberitahuan) 
  • Label 
  • Greeting card (kartu ucapan), 
  • Short message (pesan pendek),  
  • Invitation (undangan),
  • Advertisement (iklan),  dan 
  • letter (surat)  

Kalian harus mampu mengidentifikasi,  membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan,  menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan,  dan menganalisis berbagai macam teks pendek  tersebut.

Selain teks fungsional pendek, kalian harus pula memahami lima jenis teks yang akan dijelaskan di  bagian Esei Pendek (Texts), yaitu: 
  1. Descriptive 
  2. Recount
  3. Narrative 
  4. Procedure 
  5. Report 
Diharapkan juga mampu mengidentifikasi, membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan, menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, dan menganalisis kelima jenis teks tersebut. Dengan demikian, kalian akan dengan mudah menjawab setiap pertanyaan yang berkaitan dengan teks. 

MODEL PERTANYAAN DAN CARA MENENTUKAN JAWABAN

Agar mampu mengidentifikasi, membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan, menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, dan menganalisis berbagai teks di atas, kalian harus memahami bermacam-macam model pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mencakup beberapa level kognitif, yaitu:

  • Pengetahuan,
  • pemahaman,
  • Aplikasi, 
  • Penalaran. 

Jawaban atas pertanyaan pada level pengetahuan dan pemahaman dapat kalian temukan da!am teks yang telah kalian baca dan Jawaban atas pertanyaan pada level aplikasi dapat kalian temukan secara implisit yang dituniukkan melalui kalimat-kalimat dalam teks. Sedangkan, soal-soal pada level penalaran (reasoning) menuntut kalian untuk berpikir logis atas teks yang telah kalian pahami isinya. Jadi, pada level ini kalian dituntut mampu menganalisis isi teks sehingga kalian mampu menyimpulkan dan menemukan hubungan sebab akibat antara isi teks dengan pilihan jawaban yang tersedia. Oleh karena itu, kalian sebaiknya mencermati pilihan jawaban terlebih dahulu dan membandingkannya satu persatu. Hilangkan jawaban yang jelas salah, sehingga kalian dapat menentukan jawaban yang paling benar atau mendekati dengan isi teks.

CAKUPAN MODEL PERTANYAAN DAN CARA MENENTUKAN JAWABAN

1. Menentukan tujuan komunikatif teks 

Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan “What is the purpose of the text?" atau  “The purpose of writing the text is” .

Kalian perlu mengetahui lenis teks dan memahami isinya, misalnya pesan singkat, undangan, pengumuman. atau surat e-mail/, agar bisa menjawab pertanyaan seperti ini. Setelah itu, kalian dapat menentukan tujuan komunikatifnya. Tujuan komunikatif suatu teks dapat diketahui dari simpulan isi teks, judul teks, atau kata/ kalimat dalam teks.


2. Menemukan Gambaran umum 

Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan “What is the text about?" atau "What is the topic of the text?"

Gambaran umum suatu teks berisi informasi tentang isi teks secara keseluruhan. Jawaban atas soal seperti ini dapat diketahui dari judul teks ataupun kalimat di paragraf awal teks atau paragraf akhir teks.


3. Menemukan pikiran utama paragraf 

Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan, misal "What is the main idea of paragraph "Which paragraph tells us about the conflict?"

Pikiran utama suatu paragraf biasanya terletak di awal atau akhir kalimat paragraf tersebut. Pikiran utama yang terletak di awal paragraf tidak selalu berada di kalimat pertama, bisa di kalimat kedua. Namun, ada juga paragraf yang disusun dari beberapa kalimat yang mempunyai fungsi atau kedudukan sama sehingga tidak mudah menentukan pikiran utamanya. Kalian dapat mengetahui pikiran utama paragraf seperti int dengan menarik kesimpulan isi paragraf tersebut.


4. Menemukan informasi tersurat 

Informasi tersurat artinya informasi tersebut tersedia/dapat ditemukan dalam teks. Soal-soal untuk informasi tersurat biasanya ditandai dengan pertanyaan, misal “Who sent the message?What is the girl like?", When will the event be held”. dan “Where will the party take place?

Oleh karena itu. untuk menemukan jawaban atas soal tentang intormasi tersurat. baca dan pahami isi teks secara keseluruhan. Kalian juga dapat rnengidentifikasi nama orang untuk soal tentang tanggal waktu untuk soal "When". dan nama ternpat untuk soal dengan “Where”.


5. Menemukan rujukan kata

Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan, misal “The word ‘he‘ refers to ...” atau "What does ‘it’ refer to?

Jawaban atas soal rujukan kata dapat ditemukan pada kata yang sudah disebutkan sebelumnya, baik dalam kalimat yang sama maupun kalimat yang berbeda. Kalian pertu memahami kedudukan kata tersebut dalam kalimat. misalnya sebagai subjek atau objek, sehingga jawaban kelian benar.


6. Menyimpulkan makna ungkapan/kata

Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan “What is the closest meaning of the underlined word”?, “The underlined word can be best replaced by . . .”, atau “The underlined word is closest in meaning to …”.

Kalian  harus  menguasai  banyak  kosakata  agar  jawaban  kalian benar.


7. Penentuan teks dalam kehidupan sosial

Jawaban soal terkait teks dalam kehidupan social secara implisit ditunjukan melalui kalimat-kalimat dalam teks sehingga tidak langsung ditemukan di dalam teks.

Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan “Who do you think will most likely use the text above?” atau “The text is most probably found in . . .


8. Penentuan kata dan bentuk gramatika yang tepat untuk melengkapi teks sesuai dengan konteks kalimat.

Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan “Which word is suitable for completing the text?” atau dalam bentuk paragraph/teks rumpang.

Kalian harus menguasai banyak kosakata dan grammar (tata bahasa), misalnya berbagai bentuk tenses (simple present tense, present continuous tense. simple past tense, present perfect, future dan sebagainya) serta kelas kata ((verbs (kata kerja). adjectives (kata sifat), adverbs (kata keterangan), nouns (kata benda), pronouns (kata ganti), conjunctions (kata hubung), dan sebagainya). Olen karena itu. hapalkan kosakata sebanyak mungkin. Ajak teman atau saudararnu untuk membantu meningkatkan hapalan kosakatamu.


9. Jawaban atas pertanyaan informasi tersirat

Informasi tersirat adalah informasi yang tidak dijelaskan/disebutkan secara nyata dan jelas dalam teks. Informasi ini dapat diketahui dengan cara menyimpulkan kalimat-kalimat dalam teks. Misalnya, disajikan sebuah teks berbentuk e-mail yang di dalamnya terdapat kalimat "My family and / arrived in Medan yesterday evening”. “We caught the last flight from Jakarta". Kemudian, pertanyaannya yaitu "How did the writer and her family go to Medan?" Jawabannya yaitu "By plane." yang ditentukan dari frasa 'the last flight" yang artinya "penerbangan terakhir".


10. Simpulan fungsi/akibat/efek setelah membaca teks

Bentuk pertanyaannya, misal “What can We learn from the writer's story?" dan “What should we do after reading the text?" Pada soal seperti ini kalian dapat diminta mengasosiasi fungsi teks dengan teks yang lain dalam kehidupan sosial dengan bentuk pertanyaan, misal “Which of the following has the same function as the text above?" Maksudnya kalian diminta memilih jawaban yang memiliki fungsi Sama dengan teks soal. Jawaban ini ditentukan dengan menyimpulkan dan menganalisis kalimat-kalimat dalam teks.


11. Simpulan hasil dari langkah-langkah tindak yang terdapat dalam teks

Bentuk pertanyaannya, misal “What can be inferred from the text?" Kalian memilih jawaban yang mempunyai keruntutan logis dengan pikiran utama paragraf sebelumnya. Perlu diingat bahwa level tiap pertanyaan/soal, termasuk pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran disimpulkan dari pilihan jawaban yang tersedia. Jadi, kalian harus benar-benar memahami pilihan-plihan jawaban yang tersedia.


Itulah 11 Tips dan Trick Mengerjakan Soal Reading Short Functional dan Essay Text, semoga bermanfaat dan bisa menambah kemampuan berbahasa Inggris kalian. Thanks

LihatTutupKomentar
close