-->

Grammar: Tata Bahasa Inggris Dasar

Tata Bahasa Inggris Dasar yang Perlu Kalian Pelajari


Grammar: Tata Bahasa Inggris Dasar



DAFTAR ISI

Berapa lama kita belajar bahasa Inggris? Ada yang belajar bahasa Inggris sejak di Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, atau Perguruan Tinggi. Meskipun bahasa Inggris telah kita pelajari sejak ama, tidak sedikit dari kita yang mash kesulitan bila harus menggunakannya, terutama secara lisan. Betul. enggak? Untuk bisa berbahasa Inggris, sesungguhnya kita cukup menguasai dasar-dasarnya saja. Bermodal itu, kita sebetulnya sudah cas-cis-cus tebar pesona di mana-mana.

Tapi, kalau untuk lancar atau tidaknya, itu relatif. Siswa dengan nilai sempurna di pelajaran bahasa Inggris, belum tentu lho lancar ngomong bahasa Inggris. Sedangkan, tukang becak yang SD saja nggak lulus, bisa jadi lebih fasih ngobrol dengan turis di Malioboro. Nah, rumus utamanya adalah semakin sering kita menggunakan bahasa Inggris (baik lisan atau tulisan) maka akan semakin lancar pula penguasaan kita terhadapnya, Sebelum kita cuap-cuap dengan bahasa Inggris, perlu diketahui lebih dulu Tata Bahasa Dasar Bahasa inggris. Tata Bahasa Inggris terdiri dari:
  • Word Orders (Susunan kata)
  • Verb (Perubahan kata kerja)
  • Vocabulary (Kosakata)
Ketiga hal ini merupakan kunci-kunci dasar untuk menguasai percakapan bahasa Inggris. Yuk, mari kita bahas satu per satu.

Power Point Tentang Grammar: Tata Bahasa Inggris Dasar

Words Orders (Susunan Kata) dalam Bahasa Inggris

Susunan kata adalah pola dari sebuah kalimat. Dalam bahasa Indonesia, setidaknya sebuah kalimat harus terdiri dari subjek (S) dan predikat (P).
Contoh:

Handy    belajar       
   S              P

Pertanyaannya: Handy belajar apa? Untuk menjelaskan apa yang dilakukan oleh Subjek (S) ini, butuh tambahan Objek (O). Akan tetapi, jika ingin susunan katanya lebih sempurna, tambahkan pula Keterangan (Ket.). Baik itu keterangan tempat atau keterangan waktu.

Contoh Kalimat:

Handy    belajar    Bahasa Inggris    di rumah Ghania
    S             P                   O                      Ket. tempat

Begitu pula dalam bahasa Inggris. Setidaknya harus ada dua komponen dalam sebuah kalimat dasar, yaitu Subject (Subjek) dan Verb (Kata Kerja/Predikat).

Contoh:

Handy    sing
    S          P

Handy menyanyi apa? Handy sing Japanese song. Japanese song merupakan Complement (kata keterangan dalam bahasa Inggris). Di dalam bahasa Inggris, waktu terjadinya sebuah peristiwa sangatlah penting dan mempengaruhi bentuk kata kerja. Tidak seperti dalam bahasa Indonesia, di mana waktu terjadinya peristiwa tidak berpengaruh terhadap bentuk predikat. Handy menyanyi sekarang, menyanyi kemarin, akan menyanyi besok. Tetap saja tulisannya, Handy menyanyi. Tinggal diberi keterangan tambahan berupa kata sekarang/kemarin/besok. Namun, dalam bahasa Inggris tidak seperti itu. Keterangan waktu sangatlah penting karena mengakibatkan perubahan bentuk kata keria.

Perhatikan contoh kalimat bahasa Inggris berikut ini:

She is    singing    Keroncong song.
S            Verb        Complement

Kalimat di atas, meski tanpa kata "now", sudah ketahuan kalau "sing"-nya sekarang.

She    sang    Keroncong song.
S        Verb    Complement

Kalimat di atas, meski tapa kata "yesterday", sudah kelihatan kalau "sing"-nya masa lampau.
Keroncong song.

She will    sing        Keroncong song.
S                Verb        Complement

Kalimat di atas, meski tapa kata "tomorrow", sudah kelihatan kalau "sing"-nya masa datang.

Perubahan Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

Di dalam bahasa Inggris, waktu terjadinya sebuah peristiwa akan mengakibatkan perubahan pada kata kerja. Terdapat dua bentuk perubahan kata kerja: Regular Verb (kata kerja beraturan) dan Irregular Verb (kata kerja tidak beraturan).

Kata kerja itu sendiri ada tiga bentuk, yaitu kata keria bentuk pertama, kata kerja bentuk kedua, dan kata kerja bentuk ketiga. Bingung?

Regular verb/kata kerja beraturan

Yang dimaksud dengan regular verb adalah perubahan kata kerja yang hanya ditambahkan huruf "-ed" pada verb aslinya. Verb ini lebih mudah dingat daripada bentuk irregular verb. Agar lebih jelas, lihat tabel.


Irregular verb/kata kerja tidak beraturan

Yang dimaksud dengan irregular verb adalah kata kerja yang perubahannya tidak selalu "-ed" pada akhir kata. Lihat tabel irregular verb dibawah ini.

Itulah artikel tentang Grammar: Tata Bahasa Inggris Dasar yang perlu kalian pelajari untuk dipergunakan dalam keseharian kalian, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

LihatTutupKomentar
close