-->

MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 10 - TALKING ABOUT SELF

Materi, Contoh Percakapan, Contoh Teks, dan Contoh Soal Pemaparan Jati Diri - Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Daftar Isi
Materi Talking About Self
Contoh Percakapan Talking About Self
Contoh Teks Talking About Self
Materi Pronouns
Contoh Soal Pronouns
Asking and Giving Information About Self
Contoh Soal Talking About Self

Materi Talking About Self

Pada materi talking about self ini di jelaskan bagaimana memperkenalkan diri dalam sebuah percakapan maupun dalam sebuah teks. Tujuan materi kali ini adalah agar para siswa dapat memperkenalkan dirinya dan menyebutkan identitas dirinya untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

Ungkapan-ungkapan talking about self

  • My name is . . . (nama saya adalah . . .)
  • I'm . . . (saya . . .)
  • I live in . . . (saya tinggal di . . .)
  • I have . . . (saya memiliki . . .)
  • I like . . . (saya suka . . .)
  • First let me introduce my self. (pertama tama perkenankan saya memperkenalkan diri.)
  • Allow me to introduce my self. (ijinkan saya memperkenalkan diri.)

Contoh kalimat menggunakan ungkapan-ugkapan memperkenalkan diri

  • My name is Lery. (Nama saya adalah Lery.)
  • I'm a student. (Saya adalah seorang murid.)
  • I'm fifteen years old. (Saya berumur lima belas tahun.)
  • I live in Bandung. (Saya tinggal di Bandung.)
  • I have one brother and one sister. (Saya memiliki seorang saudara laki-laki dan seorang saudara perempuan.)
  • I like reading a book and swimming. (Saya suka membaca buku dan berenang.)
  • First let me introduce myself. My name is Lery. (Pertama tama perkenankan saya memperkenalkan diri. Nama saya Lery.)
  • Allow me to introduce myself. My name is Lery. (Ijinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya adalah Lery)
Dalam memperkenalkan diri kita juga dapat menggunakan kalimat-kalimat sapaan (greeting) sebelum memperkenalkan diri seperti sapaan dibawah ini:
  • Good morning. (Selamat pagi.)
  • Good day. (Selamat siang.)
  • Good afternoon. (Selamat sore.)
  • Good evening. (Selamat malam.)
  • How do you do? (Apa kabar?)
  • Hello. (Halo.), dan ungkapan sapaan lainnya. Bisa dilihat disini.

Contoh Percakapan Introducing Self / Talking About Self

Contoh percakapan 1.
Handy    : Good evening. My name is Handy. Have we met before? (Selamat malam. Nama saya Handy. Apakah kita pernah bertemu sebelumnya?)
Nastya    : I think we never met before. Anyway, Hi! My name is Nastya. (Saya rasa kita tidak pernah bertemu sebelumnya. Ngomong-ngomong, Hi! Nama saya Nastya.)
Handy    : How do you do? (Apa kabar?)
Nastya    : I'm a student. Do you stay around here? (Saya seorag pelajar. Apakah kamu tinggal disekitar sini?)
Handy    : I stay in Vinus apartement on fourth floor. (Saya tinggal di apartemen Vinus lantai 4.)
Nastya    : well, that's nice! I also stay there on seventh floor. (Baik, saya tinggal disitu juga di lantai 7.)
Handy    : Wow! we should meet then. Well, sorry Nastya, I think I can't stay any longer. it's nice to meet you. (Wow, kita harus bertemu.Baik, maaf Nastya, sepertinya saya tidak bisa berlama-lama. Senang berjumpa denganmu.)
Nastya    : Nice to meet you too. (Senang berjumpa denganmu juga.)

Contoh percakapan 2
Tomy : Excuse me, may I sit here? I am just waiting my friend. (Permisi, bolehkah saya duduk disini. Saya sedang menunggu teman saya.)
Andre : Sure, it's okay. My name is Andre. (Tentu, gapapa. Nama saya Andre.)
Tomy : Hi. Andre. I am Tomy. (Hi, Andre. Saya Tomy.)
Andre : Nice to meet you. (Senang berjumpa denganmu.)
Tomy : Nice to meet you too. (Senang berjumpa denganmu juga.)

Untuk memulai percakapa bisa menggunakan kalimat sapaan dan untuk mengakhiri pembicaraan bisa menggunakan kalimat perpisahan, kalian bisa membacanya disini.

Contoh Teks Talking About Self

An E-mail from Hannah
Contoh text telling about self 1
    Hello, Alia! Let me introduce myself. My name is Hannah. I know your name from my friend, Caroline. She told me that you sent her an email telling her that you would like to have more pen pals from the US. I’d really like to be your E-pal. You sound really cool!
    I guess I’d better tell you something about myself first. I’m 16 years old and I attend Thomas Edison High School here in Minneapolis, Minnesota, USA. I have two brothers and two half sisters and I’m the middle child. My father died a few years ago so my mother runs the house and the family business. My father was a barista.
    I have lots of hobbies. I like music – mostly classical music and folk music – but I don’t play an instrument. I like sports, especially tennis and basketball. At school I’m in the basketball team and I spend most of my extra-curricular time playing basket ball. I’m into animals very much. My sister and I have three dogs. They need lots of attention as you can imagine. My favorite subjects at school are art and geography. I think I’d like to become a park ranger when I graduate, perhaps work for the National Parks Service.
    I don’t like reading but I love drawing and painting. How about you? Please drop me a line, Alia! Can’t wait to hear from you!
 
Hannah

Kata-kata sukar
Didalam teks tersebut ada beberapa kata atau kalimatyang sukar atau yang asing di dengar oleh kita apabila diterjemahkan langsung akan memiliki arti yang berbeda, beberapa kata tersebut adalah:
  1. pen pals = teman pena (artinya teman yang berkomunikasi melalui tulisan baik itu surat maupun E-mail)
  2. Sound realy cool = Kedegarannya keren (bukan suaranya keren)
  3. Half sister = saudari tiri (kata lain dari step sister)
  4. Middle child = anak diantara abang dan adek
  5. Runs = Menjalankan (bukan berlari)
  6. I'm into = Saya menyukai (kata lain dari like)
  7. Drop me a line = Membalas surat

Terjemahannya
    Hallo, Alia! Perkenankan saya memperkenalkan diri saya. Nama saya Hannah. Saya tahu kamu dari teman saya, Caroline. Dia memberitahuku bahwa kamu mengirimkan sebuah E-mail yang memberitahuya bahwa kamu ingin memiliki lebih banyak teman pena dari US (United States/Amerika Serikat). Saya sangat ingin menjadi teman pena kamu (E-Pal = Email Pal/ Teman E-mail). Kedengarannya kamu sangat keren.
    Saya rasa saya lebih baik memberitahukanmu sesuatu tentang saya terlebih dahulu. Saya berumur 16 tahun dan sekolah di SMA Thomas Edison di Minneapolis, Minnesota, USA. Saya memiliki 2 saudara laki-laki dan 2 saudari tiri dan saya anak tengah. Ayah saya meninggal beberapa tahun yang lalu, jadi ibu saya menjalankan rumah dan usaha keluarga. Ayah saya seorang Barista.
    Saya memiliki banyak hobi. Saya suka musik - kebanyakan musik klasik dan musik daerah - tetapi saya tidak memainkan sebuah instrumen. Saya suka olahraga, terutama tenis dan bola basket. Disekolah saya masuk tim basket dan saya lebih banyak menghabiskan waktu ekstrakurikuler saya bermain basket. Saya sangat menyukai binatang. Saudari perempuan saya dan saya memiliki tiga ekor anjing. Mereka membutuhkan banyak perhatian seperti yang bisa kamu bayangkan. Pelajaran favorit saya di sekolah adalah seni dan geografi. Saya rasa saya ingin menjadi seorang penjaga taman setelah saya lulus, mungkin bekerja untuk jasa taman nasional.
    Saya tidak suka membaca tapi saya suka menggambar dan mewarnai. Bagaimana dengan kamu? Tolong tingalkan saya sebuah pesan, Alia! tidak sabar mendengarnya darimu.

Hannah


Contoh Text Talking About Self 2

A letter from Saidah
Assalamu’alaikum Alia, 
    It was very interesting to read your letter about yourself and your hometown. I would really like to be your pen friend.
    I’m a sixteen-year-old school student from Johor Bahru in Malaysia. Actually I attend an Islamic boarding school just outside the city but my family live in Kuala Lumpur. My eldest sister is a medical doctor. My younger brother is an elementary school student.
    My favorite subjects are social sciences. I like history very much; it helps me know more how different countries existed in the past. At school we are supposed to use English at all times, so we have become quite fluent although sometimes we slip back into Malay, which is our mother tongue.
    As for hobbies, I’m really into songs and music. My favorite boy band is One Direction. My favorite Malay singer is, of course, Siti Nurhaliza. I also like watching movies, especially comedies. The actor I like best is Tom Cruise. 
    I’m really into books. I like reading novels and short stories. I like some writers in English, like JK Rowling, and Indonesian writers too, like Andrea Hirata and Ahmad Fuadi. My dream, when I’m older, is to be a writer of science fiction books. 
    I’d really love to come to Indonesia some day, especially to the magnificent Raja Ampat in Papua. What about you, do you want to visit my country? 
Wassalam.

Terjemahannya
Assalamu'alaikum Alia.
    Ini sangat menarik membaca suratmu tentang dirimu dan tempat tinggalmu. Saya sangat ingin menjadi teman penamu.
    Saya seorang pelajara berumur 16 tahun  dari Johor Bahru di Malaysia. Sebenarnya saya belajar di sebuah Asrama Islam di luar kota tetapi keluargaku tinggal di Kuala Lumpur. Kakak perempuanku adalah seorang doktor medis. Adik laki-laki saya adalah seorang murid sekolah dasar.
    Pelajaran favorit saya adalah ilmu pengetahuan sosial. Saya suka sekali dengan sejarah; sejarah membantu saya megetahui bagaimana sejarah negara-negara lain. Disekolah, kami harus menggunakan bahasa Inggris setiap saat, jadi kami cukup fasih meskipun terkadang keceplosan ke bahasa Malaysia, yang mana adalah bahasa Ibu kami.
    Sebagai hobi, saya sangat suka musik. Band favoritku adalah One Direction. Penyanyi favorit dari Malaysia, tentu saja, Siti Nurhaliza. Saya juga suka menonton, terutama komedi. Aktor terbaik yang saya sukai adalah Tom Cruise.
    Saya sangat suka buku. Saya suka membaca novel dan cerita pendek. Saya suka beberapa penulis dari Inggris, seperti JK Rowling, dan penulis penulis dari Indonesia juga, seperti Andrea Hirata da Ahmad Fuadi. Cita-cita saya, setelah besar nanti menjadi seorang penulis fiksi ilmiah.
    Saya sangat senang datang ke Indonesia satu hari nanti, terutama datang ke Raja Ampat di Papua. Bagaimana denganmu, apakah kamu ingin datang ke negaraku?
Wassalam.

Kata-kata sukar
  1. Attend = belajar (jika diterjemahkan langsung artinya menghadiri)
  2. Mother tongue  = bahasa ibu (bahasa pertama/bahasa utama)
  3. I'm really into = saya sangat menyukai

Materi Pronouns Kelas 10

Pronouns adalah kata ganti benda yang dipergunakan untuk menghindari pengulangan kata yang tidak perlu.
Read the following sentences: 
Alia wants to have many pen pals because Alia likes makingfriends. Alia’s pen pals come from many parts of the world. Caroline introduces Alia to Hannah. Now, Hannah becomes Alia’s pen pals. Hannah likes Alia a lot.
Kata "Alia" diulang selalu di kalimat-kalimat di atas dan menjadikan kalimat tersebut tidak menarik. Untuk membuat kalimat lebih baik kita bisa menggantikan kata "Alia" dengan pronouns;
Alia wants to have many pen pals because she likes making friends. Her pen pals come from many parts of the world. Caroline introduces her to Hannah. Now Hannah becomes Alia’s pen pals. Hannah likes her a lot.
Ada beberapa tipe pronouns yaitu; subjective, objective, possessive pronouns, dan possessive adjective.
MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 10

1. Subjective pronouns adalah kata ganti subjek dalam sebuah kalimat: 
MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 10

Bacalah kalimat-kalimat berikut, lihatlah kata yang digaris bawahi sebagai contoh subjective pronouns.
  • I have three dogs. (Saya memiliki tiga ekor anjing.)
  • You like to have many pen pals. (Saya senang memiliki banyak teman pena.)
  • He studies in an elementary school. (Dia belajar di sebuah sekolah dasar.)
  • She will get married. (Dia akan menikah.)
  • We love Indonesia. (Kita cinta Indonesia. )
  • They need attention. (Mereka membutuhkan perhatian.)
  • It barks when it is happy. (Anjing menggonggong ketika anjing senang.)
2. Objective pronouns adalah objek dari satu kalimat:
MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 10 - TALKING ABOUT SELF

Bacalah kalimat-kalimat berikut. Perhatikan kata-kata yang di garis bawahi sebagai contoh dari objective pronouns.
  • I know Caroline. She introduced me to you via e-mail. (Saya kenal Caroline. Dia mengenalkan saya kepadamu melalui E-mail.)
  • My brother is an elementary school student. Sometimes I accompany him to go to school. (Saudara saya adalah seorang siswa di sekolah dasar. Kadang-kadang saya berangkat bersama ke sekolah.)
  • My sister is a good student. Her campus gave her scholarship. (Saudari saya adalah seorang murid yang baik. Kampus dia memberikan dia beasiswa.)
  • We love animals. Last week our neighbour gave us a funny kitten. (Kami menyayangi hewan. Minggu kemarin memberikan kami anak kucing yang lucu.)
  • They run the family business seriously. Customers like them very much. (Mereka menjalankan bisnis mereka dengan serius. Pelanggan sangat menyukai mereka.)
  • The fur of the cat is soft. We like to stroke it. (Bulu kucing itu lembut. Kami suka mengelusnya.)
3. Possessive adjectives adalah kata ganti untuk mengindikasikan kepemilikan (possession). Kata ganti ini di gunakan dengan noun. Lihatlah tabel di bawah ini:
MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 10 - TALKING ABOUT SELF

Bacalah kalimat-kalimat dibawah ini, perhatikan kata-kata yang digaris bawahi sebagai contoh dari possessive adjectives. Possessive adjectives memodifikasi kata benda untuk menunjukan kepemilikan. Kata yang miring adalah noun:
  • I have a pen pal. My pen pal is very kind. (Saya memiliki seorang teman pena. Teman penaku sangat baik.)
  • You have three dogs. Your dogs need a lot of attention. (Kamu memiliki tiga ekor anjing. Anjing kamu memerlukan banyak perhatian.)
  • He studies in an elementary school. His school is not far. (Dia belahar di sebuah sekolah dasar. Sekolahnya tidak jauh.)
  • She loves reading books. Her books are in that cupboard. (Dia suka membaca buku. Bukunya ada di lemari itu.)
  • We run the business together. Our business is good. (Kami menjalankan bisnis bersama-sama. Bisnis kami sangat baik.)
  • They frequently come here. This park is their favorite place. (Mereka sering datang kesini. Tempat parkir ini adalah tempat favorit mereka.)
  • The kitten is funny. Its tail moves fast when it’s happy. (Anak kucing itu sangat lucu. Ekornya bergerak cepat ketika kucing itu senang.)
4. Possessive pronouns juga menunjukan kepemilikan tetapi tidak diikuti dengan nouns. Bacalah kalimat-kalimat berikut, perhatikan kata-kata yang digaris bawahi, sebagai contoh dari possessive pronouns;
MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 10 - TALKING ABOUT SELF

  • This is my book. This book is mine. (Ini adalah buku saya. Buku ini adalah milik saya.)
  • These are your dog. These dogs are yours. (Ini adalah anjing-anjingmu. Anjing-anjing ini adalah milikmu.)
  • His school is far from here. His is far. (Sekolah dia tidak jauh dari sisni. Sekolah dia jauh.)
  • Her book is interesting. Hers is interesting. (Buku dia sangat menarik. Buku milik dia sangat menarik.)
  • Their family business is good. Theirs is good. (Bisnis keluarga mereka baik. Bisnis milik mereka baik.)
  • Our plan has many alternatives. Ours has many alternatives. (Rencana kami memiliki banyak alternatif. Rencana milik kami memiliki banyak alternatif.)

Asking and Giving Information About Self

Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya di pergunakan untuk menanyakan informasi lawan bicara kita.
  • May I know your name please? (Bolehkah saya tahu nama anda?)
  • Can you tell me what your profession is? (Bisakah kamu memberitahuku apa pekerjaanmu?) Or,
  • What do you do? (Apa pekerjaanmu?)
  • What’re your hobbies? (Apa hobi anda?)
  • Do you like painting? (Apakah kamu suka melukis?)
  • Do you like music? (Apakah kamu suka musik?)

1 : Hello, I am Edo. May I know your name, please? (Halo, Saya Edo. Bolehkah saya tahu namamu?)
2 : Sure, I am Slamet. I am from Jepara. What about you? (Tentu, saya Slamet. Saya dari Jepara. Bagaimana denganmu?)
3 : I am from Raja Ampat. I work in a tourism resort. (Saya dari Raja Ampat. Saya bekerja di sebuah resor pariwisata.)
4 : I work for a furniture company, have you heard about Ukir Jepara? (Saya bekerja di sebuah perusahaan furnitur, pernahkah kamu mendengar tentang Ukir Jepara?)
5 : Yes, and I want to know more about that. (Ya, dan saya ingin tahu lebih banyak tentang itu.)
6 : It's a specific carving pattern created in Jepara. (Itu adalah sebuah ukiran spesifik yang dibuat di Jepara.)

Contoh Soal Talking About Self


LihatTutupKomentar
close