-->

ENGLISH GRAMMAR BASICS: PARTS OF A SENTENCE (Bagian Bagian Kalimat Bahasa Inggris) | mediainggris.com




NGLISH GRAMMAR BASICS: PARTS OF A SENTENCE (Bagian Bagian Kalimat Bahasa Inggris) | mediainggris.com

Setelah kalian menguasai parts of speech, seperti yang sudah dijelaskan di postingan sebelumnya tentang "8 Parts of Speech (Bagian-Bagian Kalimat) Bahasa Inggris yang Wajib Dipelajari", nah sekarang saatnya untuk menggabungkan semua bagian-bagiannya menjadi kalimat yang tepat. Kata-kata dan tanda baca yang tepat dalam urutan yang benar yang dapat membuat perbedaan dalam komunikasi yang baik. Perlu diingat bahwa kalian memerlukan bagian kalimat minimal untuk membuat kalimat  lengkap:
seperti bagian bagian kalimat simple di bawah ini:

subject / predicate / endmark

Seperti contoh kalimat berikut "Mr. Handy teach English"

ENGLISH GRAMMAR BASICS: PARTS OF A SENTENCE (Bagian Bagian Kalimat Bahasa Inggris) | mediainggris.com


Mr. Handy
Teaches
English.
Subject
Predicate(verb)
Object
    
endmarknya/punctuationnya adalah tanda titik(.) atau dalam bahasa Inggris di sebut Full Stop (.). Kalimatnya diakhiri dengan Compliment bisa objek berupa Noun atau kata keterangan waktu (Adverbial of time) atau kata keterangan tempat (Adverbial of place); seperti Tomorrow, yesterday, last week, an hours ago, next month and so on, in class, school and so on.

Tapi jika ditambahkan keterangan waktu (adverbial of time) akan mempengaruhi kata kerja (Verb) yang digunakan : contohnya kalimat diatas tadi menjadi;
 "Mr. Handy taught English Yesterday".
Maka Verb "teach" yang asalnya present participle berubah menjadi past participle "taught".

Kita bahas Sesimple mungkin, supaya mudah di pahami ya. Berikut dibawah ini adalah PARTS OF A SENTENCE (Bagian Bagian Kalimat Bahasa Inggris) supaya kalimat menjadi lengkap.

  • Verb (juga disebut predikat): menyatakan tindakan atau keadaan keberadaan. contoh; walk, talk, eat, run, teach, read, watch, etc.
  • Subject: orang atau hal yang dibicarakan biasanya subjek ini berupa Noun. contoh; car, building, house, chair, I, you, we, they, he, she, dog, cat, window, door, ets.
  • Compliment (disebut Pelengkap): kata atau kelompok kata yang melengkapi arti dari pasangan subjek-kata kerja.
  • Jenis pelengkap: objek langsung dan tidak langsung(direct and indirect object), pelengkap subjek (subject comploment), pelengkap objektif (object complement).
LihatTutupKomentar
close