-->

JENIS JENIS TEKS BAHASA INGGRIS




Belajar Bahasa Inggris - Jenis Jenis Teks Bahasa Inggris
Jenis - Jenis teks Bahasa Inggris
Belajar Bahasa Inggris merupakan hal yang sangat dibutuhkan pada perkembangan zaman saat ini, ditambah lagi dengan MEA (Macro Economi ASEAN), dengan adanya MEA ini kita tidak hanya bersaingan dengan SDM di Negara kita sendiri melainkan dengan negara lainnya, dikarenakan di era MEA ini diperbolehkan / di legalkan orang luar negeri bekerja di Negara kita, sampe jadi tukang becak atau tukang cilok pun diperbolehkan. Maka dari itu belajar Bahasa Inggris merupakan suatu keharusan untuk bersaing dengan orang lain dari Negara lain, jangan hanya menjadi penonton.

Belajar Bahasa Inggris ini yang biasanya dipelajari ada 4 skill.
1. Skill Listening
2. Skill Writing
3. Skill Speaking
4. Skill Reading





Kali ini kita akan membahas salah satu skill yang selalu dipelajari di sekolah yaitu Skill Reading baik dari tingkatan SD, SMP, maupun SMA. Dalam skill ini tidak jauh dari yang namanya membaca teks Bahasa Inggris. Berikut ini jenis-jenis teks Bahasa Inggris serta penjelasannya.


1. DESCRIPTIVE TEXT

Jenis jenis teks bahasa inggris - kinds of text - Pengertian Descriptive Teks
Descriptive Text

Pengertian Descriptive Text
Descriptive text adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang suatu hal. Misalnya, mendeskripsikan orang orang, binatang atau suatu benda baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Descriptive text juga bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda.

Ciri-ciri Descriptive Text
• Verb yang digunakan yaitu attribute verb, seperti be (am, is, are)
• Tense yang digunakan yaitu simple present tense
• Hanya fokus pada satu objek tersebut.


Generic Structure Descriptive Text
Identification
Bagian identification berisi pendahuluan dan gambaran umum tentang suatu topik. Identification berfungsi sebagai pengenalan dari apa yang kita sedang jelaskan. supaya para pembaca atau pendengar tidak salah mengerti.

Description
Pada bagian description berisi ciri-ciri khusus atau sifat-sifat yang terdapat dalam benda, orang, atau binatang yang sedang kamu jelaskan.

Ciri Kebahasaan Descriptive Text
Noun : Menggunakan kata benda yang spesifik, seperti misalnya my cat, my boyfriend, National Monument, Selain itu, sering juga menggunakan adjective (kata sifat) untuk memperjelas penggunaan noun atau kata benda, seperti a big house, a smart student, an independence woman.

Simple present tense : menggunakan kata kerja dasar atau bentuk pertama (verb 1) serta menggunakan kata kerja yang dapat menunjukkan kepemilikan atau keadaan sebuah objek. Descriptive text menggunakan simple present tense karena descriptive text menceritakan sebuah fakta dari objek yang dideskripsikan. Misalnya My office has 22 floors, Queen is pretty, dan lain-lain.

Action verbs : Menggunakan kata kerja yang menunjukkan sebuah kegiatan atau sebuah aktifitas yang bisa dilihat. Misalnya, sleep, walk, sing, dance, dll.

Figurative language : Menggunakan bahasa yang figurative atau menggambarkan sesuatu, Biasanya menggunakan sebuah metafora untuk memberikan ilustrasi kepada pembaca. Misalnya:

My love for you is as big as the ocean. – Cintaku padamu seluas lautan.

Her skin is as white as the snow – Kulitnya seputih salju.

Contoh Teks, Descriptive Text

Descriptive text tentang tempat

Singapore is a South-east Asian country located between Malaysia and Indonesia. Despite its small size, Singapore is known for its transition as a third-world country to the first-world country. Singapore also was known as the Asian Tiger economy, based on external trade and its workforce. Singapore size is not as big as Indonesia, but the city ranks highly in numerous international rankings for its education, entertainment, finance, healthcare, human capital, innovation, logistics, manufacturing, technology, tourism, trade, and transport.

Singapore is home to 5.6 million people with a diverse culture. Majority ethnic groups in Singapore are Chinese, Malay, and Indian. Singapore Independence Day was on the 9th of August 1965. Merlion Statue is the official mascot of Singapore. Singapore is famous for its Garden by the Bay, Marina Bay Sands, dan Orchard Road.

Arti dalam bahasa Indonesia:



Singapura adalah Negara di Asia Tenggara yang berlokasi diantara Malaysia dan Indonesia. Walaupun ukurannya kecil, Singapura terkenal dengan transisinya dari negara third-world menjadi Negara first-world. Singapura juga dikenal sebagai Macan Asia untuk kemajuan ekonomi, berdasarkan perdagangan ke luar dan tenaga kerja. Ukuran Singapura tidak sebesar Indonesia, tapi Negara ini memiliki ranking yang tinggi di beberapa kategori internasional seperti pendidikan, hiburan, keuangan, kesehatan, sumber daya manusia, inovasi, logistic, manufaktur, teknologi, pariwisata, perdagangan dan transportasi.

Singapura memiliki 5.6 juta penduduk dengan keberagaman budaya. Etnik mayoritas di Singapura adalah China, Melayu dan India. Hari kemerdekaan Singapura adalah 9 Agustus 1965. Maskot resmi SIngapura adalah patung Merlion. Singapura terkenal memiliki tempat terkenal seperti Garden by the Bay, Marina Bay Sands, dan Jalan Orchard.

Descriptive text tentang mendeskripsikan sesuatu

My father bought me a present I’ve wanted for years. It’s a dog. A puppy to be exact. I called him Ross. Ross is a small puppy. His size is as big as the palm of my hand. Ross is so fragile. Sometimes I afraid I will hurt him if I want to take him up. Dad said he found Ross near our house, crying looking for his mom. But Dad can’t see her, so Dad decides to bring him home and give him some comfort. Ross is a good eater. He always finished everything we gave him. Now, it’s been a year since Ross come to our family. His small body has grown up into a size of a football ball. Ross is a good dog, and we love him so much.

Arti dalam bahasa Indonesia:

Ayahku memberiku hadiah yang selama ini aku inginkan. Hadiah itu adalah seekor anjing. Anak anjing untuk lebih jelasnya. Aku memanggilnya Ross. Ross adalah anjing yang kecil. Ukurannya tidak lebih dari ukuran telapak tanganku. Ross seperti sangat rapuh. Kadang, aku takut aku akan menyakitinya saat aku menggendongnya. Ayah bilang dia menemukan Ross di dekat rumah kami, sedang menangis mencari ibunya. Ayah mencoba mencari ibunya namun tidak bisa Ayah temukan. Jadi, Ayah memutuskan untuk membawa Ross pulang ke rumah. Ross sangat senang makan. Dia selalu menghabiskan semua makanan yang kami berikan. Sekarang, sudah satu tahun sejak Ross datang di keluarga kami. Tubuh kecilnya sudah tumbuh sebesar bola sepak bola. Ross adalah anjing yang baik, dan kami sangat menyayangi dia.



2. NARRATIVE TEXT

Jenis jenis teks Bahasa Inggris - Kinds of Text - Pengertian Narrative Teks
Narrative Text


Pengertian Narrative Text
Narrative text adalah teks yang menceritakan tentang sesuatu hal yang bersifat fiktif dan hanya berupa karangan dari si penulis (writer) saja. Penggunaan narrative text sendiri memiliki beberapa tujuan, seperti menghibur, mendidik, memberitahu, menyampaikan pengalaman pengarang atau sebagai media mengembangkan imajinasi pembaca. Contoh narrative text seperti cerita rakyat, dongeng ataupun fabel yang melagenda dari seluruh belahan dunia, walaupun narrative text umumnya imajinatif, namun beberapa narrative text juga ada yang faktual.

Generic Structure Narrative Text
Narrative Text memiliki 3 susunan struktur seperti ini:
Orientation
Bagian orientation berisi tentang pembukaan cerita yang mengandung pengenalan tokoh, pengenalan latar belakang waktu dan tempat dari cerita. Pokoknya bagian ini mengandung bagian umum dari cerita yang mencakup apa, siapa, kapan, dan dimana cerita tersebut diceritakan.

Complication
Pada bagian ini, sang tokoh utama mulai mengalami konflik dalam kehidupannya dan sang pemeran utama harus menyelesaikan konflik-konflik tersebut.

Resolution
Bagian resolution adalah bagian cerita akhir (ending). Pada bagian ini semua masalah sudah harus terselesaikan oleh sang tokoh utama. Dalam bagian resolution juga biasanya terdapaat pesan moral atau moral value atau nasihat yang bisa kita ambil dari cerita tersebut. Moral value pada ending sebuah narrative text disebut dengan Coda.

Ciri Kebahasaan Narrative Text
Dalam Narrative text biasanya menggunakan bentuk lampau atau Past, karena cerita ini merupakan cerita karangan atau fiksi. Bentuk tenses bisa menggunakan past perfect, past continuous, past perfect continuous, atau bisa saja past future perfect continuous. Semua aturan ini tidak harus dijadikan sebagai acuan karena tenses itu mengacu kepada kondisi dan situasi kalimat.

Menggunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Walked, Said, Wondered, dsb.

Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya : the princess, the girl, the queen, dsb.

Menggunakan adjective yang membentuk satu kesatuan noun phrase. Misalnya : The red riding hood, the poisoned apple, dsb.

Menggunakan Time Connectives dan Conjunction untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : before, after, then, next,soon, dsb.

Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya : on the sea, in the mountain, there, happily ever after, dsb.


Contoh Narrative Teks

TIMUN MAS

          Long time ago in the island of Java, Indonesia, lived a couple of farmer.  They had married for some years but they had no children.  So they prayed to a monster called Buta Ijo to give them children.
          Buta Ijo was a ferocious and powerful monster.  He granted their wish on one condition.  When their children had grown up, they had to sacrifice them to Buta Ijo.  He liked eating fresh meat of human being.  The farmers agreed to his condition.  Several months later the wife was pregnant.
          She gave birth to a beautiful baby girl.  They named her Timun Mas.  The farmers were happy.
          Timun Mas was very healthy and a very smart girl.  She was also very diligent. When she was a teenager Buta Ijo came to their house.  Timun Mas was frightened so she ran away to hide.  The farmers then told Buta Ijo that Timun Emas was still a child.  They asked him to postpone.  Buta Ijo agreed.  He promised to come again.  The following year Buta Ijo came again.  But again and again their parents said that Timun Mas was still a child.
          When the third time Buta Ijo came their parents had prepared something for him.  They gave Timun Mas several bamboo needles, seeds of cucumber, dressing and salt.
‘Timun, take these things’
‘What are these things?’
‘These are your weapons.  Buta Ijo will chase you.  He will eat you alive.  So run as fast as you can.  And if he will catch you spread this to the ground.  Now go!’
          Timun Mas was scared so she ran as quickly as she could.  When Buta Ijo arrived she was far from home.  He was very angry when he realized that his prey had left.  So he ran to chase her.  He had a sharp nose so he knew what direction his prey ran.
          Timun Mas was just a girl while Buta Ijo was a monster so he could easily catch her up.  When he was just several steps behind Timun Mas quickly spread the seeds of cucumber.  In seconds they turned into many vines of cucumber.  The exhausted Buta Ijo was very thirsty so he grabbed and ate them.  When Buta Ijo was busy eating cucumber Timun Emas could run away.
          But soon Buta Ijo realized and started running again.  When he was just several steps behind Timun Mas threw her bamboo needles.   Soon they turned into dense bamboo trees. Buta Ijo found it hard to pass.  It took him some time to break the dense bamboo forest.  Meanwhile Timun Mas could run farther. Buta Ijo chased her again.  When he almost catch her again and again Timun Mas threw her dressing.  This time it turned into a lake.  Buta Ijo was busy to save himself so Timun Mas ran way. But Buta Ijo could overcome it and continued chasing her.      
          Finally when Timun Mas was almost caught she threw her salt.  Soon the land where Buta Ijo stood turned into ocean.  Buta Ijo was drowned and died instantly. Timun Mas was thankful to god and came back to her home.

Translated in Bahasa Indonesia

TIMUN MAS

          Pada zaman dahulu di pulau Jawa , Indonesia , tinggal sepasang petani . Mereka telah menikah selama beberapa tahun , tetapi mereka tidak punya anak . Jadi meminta kepada raksasa yang disebut dengan Buta Ijo untuk memberi mereka anak-anak . Buta Ijo adalah raksasa yang ganas dan kuat . Dia mengabulkan permintaan mereka dengan satu syarat . Ketika anak mereka telah dewasa, mereka harus mengorbankan mereka untuk Buta Ijo . Dia suka makan daging segar manusia . Para petani setuju untuk dengan permintaannya. Beberapa bulan kemudian istri petani pun hamil .
          Istri petani melahirkan seorang bayi perempuan cantik . Mereka menamainya Timun Emas . sepasang petani itu pun senang . Timun Mas sangat sehat dan tumbuh menjadi seorang gadis yang sangat cerdas . Dia juga sangat rajin .
          Ketika ia masih remaja Buta Ijo datang ke rumah mereka . Timun Mas ketakutan sehingga dia melarikan diri untuk bersembunyi . Para petani kemudian mengatakan Buta Ijo bahwa Timun Mas masih anak-anak. Mereka memintanya untuk menunda . Buta Ijo setuju . Dia berjanji untuk datang lagi . Tahun berikutnya Buta Ijo datang lagi. Tapi lagi dan lagi orang tua mereka mengatakan bahwa Timun Mas masih anak-anak.
          Ketika ketiga kalinya Buta Ijo datang orang tua mereka telah mempersiapkan sesuatu untuknya . Mereka memberi Timun Emas beberapa jarum bambu , biji mentimun , saus dan garam .
' Timun , mengambil hal-hal ini '
' Apa ini ? '
' Ini adalah senjatamu . Buta Ijo akan mengejarmu . Dia akan memakanmu hidup-hidup . Jadi berlari secepat mungkin yang kau bisa. Dan jika ia akan menangkapmu sebarkan ini ke tanah . Sekarang pergi! '
          Timun Mas takut sehingga ia berlari secepat yang dia bisa . Ketika Buta Ijo tiba ia sangat  jauh dari rumah . Dia sangat marah ketika ia menyadari bahwa mangsanya telah meninggalkan rumah. Jadi Buto Ijo berlari mengejarnya . Dia memiliki hidung yang tajam sehingga ia tahu kemana arah berlari mangsanya .
          Timun Mas hanya seorang gadis sementara Buta Ijo adalah raksasa sehingga ia bisa dengan mudah menangkapnya . Ketika ia hanya beberapa langkah di belakang Timun Mas cepat menyebar benih-benih mentimun . Dalam hitungan detik benih mentimun itu berubah menjadi tanaman merambat . Buta Ijo sangat kelelahan dan haus sehingga ia meraih mentimun itu dan memakannya . Ketika Buta Ijo sedang sibuk makan mentimun Timun Mas bisa melarikan diri .
          Tapi segera Buta Ijo menyadari dan mulai berlari lagi . Ketika ia hanya beberapa langkah di belakang Timun Emas melemparkan jarum bambu nya . Tak lama kemudian mereka berubah menjadi pohon bambu lebat . Buta Ijo merasa sulit untuk lulus . Ini membutuhkan beberapa waktu untuk memecahkan hutan bambu lebat . Sementara itu Timun mas bisa berlari lebih jauh .
          Buta Ijo mengejarnya lagi . Ketika ia hampir menangkapnya lagi dan lagi Timun Mas melemparkan riasnya . Kali ini berubah menjadi danau . Buta Ijo sedang sibuk menyelamatkan diri sehingga Timun Mas berlari jalan . Tapi Buta Ijo bisa mengatasinya dan terus mengejarnya .
Akhirnya ketika Timun mas hampir tertangkap ia melemparkan garam itu . Segera tanah tempat Buta Ijo berdiri berubah menjadi laut . Buta Ijo itu tenggelam dan tewas seketika .
          Timun mas bersyukur kepada Tuhan dan kembali ke rumahnya.





3. REPORT TEXT

Jenis jenis teks bahasa inggris - kinds of text - Pengertian report teks
Report Text



Pengertian Report Text
Report text adalah teks yang menunjukkan informasi tentang sesuatu pada umumnya dan apa adanya. Report text ini merupakan hasil dari observasi penelitian dan analisa sistematis. Namun terkadang orang-orang menganggap report text ini sama atau serupa dengan Descriptive Text. Lalu apa bedanya Report Text dengan Descriptive Text?

Berbeda dengan Report text yang menunjukkan informasi secara umum, Descriptive text menunjukkan informasi secara menyeluruh dan detail (khusus). Jadi kalian cukup ingat saja bahwa Report text = umum dan Descriptive Text = khusus.

Karena menunjukkan sebuah hasil penelitian ilmiah, maka report text ini biasanya merupakan hal seputar hal-hal ilmiah di sekitar kita, misalnya fenomena alam, tata-surya, planet, hewan, tanaman, kehidupan sosial manusia, negara, budaya, transportasi dan lain sebagainya. 

Generic Structure Report Text
Report text terdiri dari dua susunan sistematis yaitu:
- General Classification
    Tahap awal ini merupakan pernyataan mengenai apa yang sedang dibahas secara umum.
- Description
    Tahap kedua ini merupakan sebuah inti yang menjelaskan detail dari general classification, bagian per bagian.

Ciri Kebahasaan Report Text
    Menunjukkan aspek secara umum
    Menggunakan Simple Present Tense
    Menggunakan conditional logical connection, seperti when, so, etc


Contoh Report Text

Volcano

          A volcano is a mountain that opens downward to a pool of molten rock below the surface of the earth. When pressure builds up, eruptions occur. There are more than 500 active volcanoes in the world. More than half of these volcanoes are part of the “Ring of Fire,” a region that encircles the Pacific Ocean.
         An erupting volcano can trigger tsunamis, flash floods, earthquakes, mudflows and rockfalls. In an eruption, gases and rock shoot up through the opening and spill over or fill the air with lava fragments. Eruptions can cause lava flows, hot ash flows, mudslides, avalanches, falling ash and floods. Fresh volcanic ash, made of pulverized rock, can be harsh, acidic, gritty, glassy and smelly. The ash can cause damage to the lungs of older people, babies and people with respiratory problems.
         The sound of an eruption volcano can be quiet and hissing or explosive and booming. The loud cracks travel hundreds of miles and do the most damage, including hearing loss and broken glass. Volcanic lightning occurs mostly within the cloud of ash during an eruption, and is created by the friction of the ash rushing to the surface. Roughly 200 accounts of this lightning have been witnessed live.


4. RECOUNT TEXT
enis jenis Teks Bahasa Inggris-kinds of text-pengertian recount text
Recount Text


Pengertian Recount Text
Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang terjadi di masa lampau yang pernah di alami sebelumnya. Kita mungkin pernah mendengar sebelumnya dari guru kita bahwa Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman yang benar - benar terjadi di dalam kehidupan kita. Nah, tujuan dari Recount text itu sendiri adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca.

Recount text memiliki beberapa macam jenis teks yang bisa digunakan untuk Anda menulis. Disesuaikan dengan tujuan dari tulisan itu sendiri. Macam-macam jenis recount text bisa dilihat di bawah ini:
 
- Personal recount
Personal recount adalah recount text yang berfungsi menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis.


- Factual recount
Factual recount adalah recount text yang berfungsi untuk menyajikan laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan ataupun laporan kepolisian.


- Imaginative
Imaginative adalah jenis recount text yang berfungsi menyajikan sebuah cerita imaginatif. Lalu menuliskan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.


Generic Structure dari Recount Text
Generic structure atau struktur kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3 susunan, yaitu :

Orientation
Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan waktu terjadinya peristiwa.

Events
Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan semua yang terjadi secara berurutan dari awal  sampai selesai

Re-orientation
Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut juga akhir atau penutup dari cerita.

Ciri-Ciri Recount Text
- Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya 'My Vacation to Bali' maka ceritanya hanya akan menceritakan seluruh liburan saat berada di bali.

- Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Maka Recount text selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last month, I went to Bali with my family.

- Semua kejadian yang di ceritakan harus secara berurutan. Jadi, harus memakai kata sambung seperti 'when', 'later', 'then', 'after', 'before', dan lain lain.




CONTOH RECOUNT TEXT

Personal Recount Text

I spent my last summer in Seoul, South Korea. I went there by myself for a four days solo trip.

On the first day, I was landed at Incheon Airport around 7 AM after a 6 hours long flight. Then I went to Seoul by train and checked in to the hotel I already booked. I decided to take a rest for a while. At night, I went to Hongdae, a famous district in South Korea. I went to eat traditional Korean food and went around the neighbourhood. On the next day, I went to the Gyeongbokgung Palace and National Museum. I also went to learn how to make Kimchi and see the scenery of Seoul from Seoul Tower.  I went back to the hotel at 10 PM and immediately went to sleep.

On the third day, I went to the Korean Demilitarized Zone or DMZ. DMZ is a border barrier that divides South Korea and North Korea. I also went to Dora Observatory. From here, we can see how North Korea look like through binoculars.


I spent the 4th day walking around Myeondong and buy some stuff and souvenirs for my family and friends. I went to the airport at 3 PM since my flight is at 5 PM.

I have a fantastic experience in South Korea, especially get to see directly how the Korean Peninsula is. It's a great trip.


Imaginative Recount Text

I had my most memorable adolescence when I was fourteen.

I called it memorable because everything happened in that era. First, I had a breakout. Acne showed up on my entire face, especially my cheek. I was afraid to come out of my house and meet my friends as I was so embarrassed with my skin condition. Second, I had a crush. But since my face was covered by acne, I have to let my crush go without even try to know him. Third, because of my acne, I got bullied at school. I was sad. Fortunately, Mom gave me good medicine to get rid of the acne. It takes quite a while until my face is clean from the acne, so I promised my self to wash my face before sleep so the acne won't come back.

That was my bad experience with adolescence, though there were still lots of good experience too.

Baca Juga : Rankuman dan Bank Soal Bahasa Inggris Materi Recount Text SMP / Mts



5. PROCEDURE TEXT
jenis jenis teks bahasa inggris-kinds of text-pengertian procedure/procedural teks
Procedure Text


Pengertian Procedure Text
Procedure Text adalah memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang runtut. Dalam kehidapan sehari - hari kita pasti pernah membuat sesuatu seperti memasak, atau menyelesaikan suatu hal. Adakalanya kita tidak mengetahui cara dari membuat atau melakukan hal itu, maka kita akan membutuhkan suatu proses yang runtut atau yang biasa kita sebut dengan prosedur. Nah, untuk itu mari kita langsung saja simak penjelasan procedure text berikut ini.

Generic Structure of Procedure Text
Procedure text memiliki tiga bagian generic structure yaitu: 
Aim/Goal
Aim ini merupakan tujuan dari Procedure text. Biasanya berupa judul atau deskripsi apa yang akan dibuat atau dilakukan.

Materials
Bagian ini memuat daftar bahan dan alat untuk menyelesaikan procedure text tersebut. Namun tidak semua procedure text membutuhkan material.

Ada tiga jenis Procedure Text yang tidak menggunakan materials atau alat - alat, yaitu:

Procedure Text yang menjelaskan bagaimana melakukan suatu intruksi secara manual atau bagaimana sesuatu dapat bekerja. Contohnya : How to use the television, the friedge, the phone, atau the rice cooker,dan lain lain.

Procedure Text yang menjelaskan peraturan dari bagaimana melakukan kegiatan-kegiatan tertentu. Contohnya : flight safety rules, video game rules, dan lain lain.

Procedure text yang mengajarkan manusia tentang kehidupan atau yang berhubungan dengan sifat dan kebiasaan manusia. Contohnya: How to be happy, How to be useful for someone, how to get a boyfriend, dan lain sebagainya.


3. Steps
Bagian steps berisi serangkaian langkah - langkah yang harus dilakukan dengan secara berurutan. Steps ini harus dilakukan agar tujuan yang di utarakan pada bagian Aim/ Goal dapat tercapai.

Ciri - Ciri Procedure Text
- Menggunakan pola kalimat perintah (Imperative). Contohnya "Cut the banana into pieces" , "Don't mix the coconut milk with water" , "Heat the water for 5 minutes", dan lain lain
- Menggunakan action verbs, misalnya crack, chop, cut, heat, mix, dan seterusnya.
- Menggunakan sequence adverbs seperti first, second, next, then, finally, while
- Menggunakan adverbials (kata keterangan) untuk menyatakan rinci waktu, dan tempat misalnya for "Cook the mixture for one hours" , "Boil the water for 15 minutes", "Crack the egg into the bowl" , dan lain sebagainya.
- Menggunakan simple present tense.

                                                         How to make scrapbook cover

You will need : purchased album cover or sturdy flat material, decorations, glue, fabric, paint, paper stock, hole punch, o-rings, and rub-on letters (optional).

How to make : first, consider cover options then decide whether you want to decorate a purchased album or to make a scrapbook cover from scratch. Next, decorate a purchased album with paint, and glue on, die-cut images, glitter, ribbon, and charms.

Second, make a scrapbook cover from scratch starting with a sturdy, thick, and flat material such as card stock, vinyl, acrylic, wood, or leather. After that, wrap the cover in fabric, leave it as is, or glue plain or patterned paper stock to the cover material, then decorate it with your choice of embellishment.

Finally, bind the cover and pages by punching holes in the cover aligned with page holes. Then use o-rings to hold it all together. Your treasure is complete and ready for a place of honor on the bookshelf.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat artikel procedure text how to make scrapbook cover. Semoga artikel ini dapat membantu dalam membuat procedure text bahasa Inggris  lainnya. Selamat mencoba.


 

6. ANNOUNCEMENT TEXT
jenis jenis teks bahasa inggris-kinds of text-pengertian Announcement teks Announcement Text

Pengertian Announcement Text
Announcement Teks adalah sebuah functional text yang menunjukkan pemberitahuan resmi/tidak resmi dalam bentuk lisan/tulisan yang berisikan pesan untuk diketahui oleh semua orang, biasanya berupa sebuah ajakan. Kita dapat mendengar atau melihat Announcement dimana-mana seperti di majalah, koran, mading, tempat ibadah, tempat umum, Televisi, Radio, dan lain lain.


Jenis-Jenis Announcement

    Lowongan pekerjaan
    Penerimaan murid baru
    Pengumuman orang hilang
    Pengumuman
    Berita kematian seseorang
    Pengumuman sebuah acara
    Pemberitahuan dari pemerintah
    Pengumuman mading (Majalah dinding)

Bagian-Bagian Announcement

    Judul (Title)
    Tanggal/waktu (Date/time)
    Tempat (Place)
    Orang yang dapat di hubungi (Contact person)

Generic Structure dari Announcement
Announcement mempunyai struktur yang sangat sederhana yaitu title dan explanation.

    Title : Judul. Bagian ini menunjukkan perwakilan dari keseluruhan dari Announcement, dengan ini pembaca / pendengar dapat mengetahui langsung secara singkat isi dari Announcement tersebut.
    Explanation: Penjelasan. Bagian ini merupakan isi dari sebuah Announcement. Biasanya terdiri dari informasi yang mencakup jenis kegiatan, waktu, tempat, dan kepada siapa Announcement itu ditujukan.


Contoh Teks Announcement

Announcement

To all the students of SMAN 6 Cimahi
We are pleased to announce a futsal competition on 16th - 22th March
The participants must be from all representation from all classes from X grade until XII grade.
The representative must be registered their team names before 14th March to the Osis division or call our Osis members in-charge on the below contact numbers:
Bayu: +6281508742401 or Raisa : +628125856162

We need you to participate! Let's play like a champion!



7. ADVERTISEMENT TEXT

Jenis jenis teks bahasa inggris-kinds of text-pengertian advertisement teks
Advertisement Text

Pengertian Advertisement Text
Advertisement bertujuan untuk mengumumkan sesuatu agar banyak orang tertarik untuk membelinya atau menggunakannya dan tentu menambah kepopuleran dari produk tersebut. Iklan bisa berupa tulisan, Lisan, maupun Audio-Visual yang sering kita lihat di TV.

Fungsi Advertisement

Giving an information = Advertisement tentu memberikan informasi kepada konsumen tentang apa-apa hal tentang produk/jasa yang akan dijual.

To influence or to persuade = Sebuah Advertisement berfungsi untuk membujuk atau mempengaruhi seseorang untuk membeli barang atau jasa yang terdapat pada Advertisement. Tentu dengan menggunakan kata-kata yang menarik dan kreatif hingga membuat orang-orang ingin membelinya.

To give the impression : Dengan memperkenalkan produk kita ke orang lain maka orang-orang akan mempunyai kesan tersendiri dengan Advertisement yang kita pasang, contohnya Advertisement-nya yang menarik, lucu, mudah diingat, bahkan sampai terbawa ke kehidupan sehari-hari.

Communication tool = Advertisement bisa menjadi alat komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli secara tidak langsung. Jadi ketika calon pembeli melihat Advertisement suatu produk dan merasa tertarik maka dia pasti akan membeli produk tersebut kepada penjual.

Generic Structure dari Advertisement
Title (Judul) = Bagian title ini menjelaskan rangkuman atau merupakan topik utama dari Advertisement. Contohnya: Buy one get one free!

Explanation (Penjelasan) = Pada bagian explanation ini berisi semua informasi mengenai Advertisement itu sendiri, Yaitu bisa berupa, apa produknya, siapa yang harus memakainya, bagaimana cara menggunakannya, dan lain sebagainya.




8. REVIEW TEXT
Jenis jenis teks bahasa inggris-kinds of text-pengertian Review Teks
Review Text


Pengertian Review Text
Review Text adalah jenis teks dalam bahasa Inggris yang bertujuan untuk meninjau atau menilai suatu karya, baik film, buku dan sebagainya. Penilaian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menginformasikan kualitas, kelebihan, serta kekurangan yang dimiliki oleh karya tersebut. Tujuan komunikatif dari review text adalah to criticise an art work, event for a public audience (melakukan kritik terhadap peristiwa atau karya seni ataupun lainnya untuk khalayak umum).

Struktur Umum Review Text
Anda pasti sudah mengetahui bahwa di setiap jenis teks yang ada di dalam bahasa Inggris memiliki struktur yang berbeda. Struktur tersebut menyesuaikan dengan tujuan dan fungsi dari setiap jenis teks tersebut. Sehingga struktur di dalam review text dan descriptive ataupun narrative text sudah pasti akan berbeda. Di dalam review text, terdapat empat struktur kalimat, yaitu:

Introduction
Di bagian ini, Anda harus menuliskan sebuah preview atau gambaran umum mengenai sebuah karya atau benda yang akan Anda tinjau atau nilai di dalam review text tersebut. Gambaran umum merupakan informasi spesifik mengenai karya atau benda tersebut, seperti nama karya atau benda, kegunaan karya atau benda, dan sebagainya.

Evaluation
Di dalam bagian ini Anda bisa masuk lebih detail dan lebih dalam. Sesuai dengan namanya, bagian ini adalah bagian dimana Anda bisa memberikan evaluasi. Di dalam bagian ini, Anda bisamemberikan gambaran yang lebih mendetail mengenai suatu karya atau benda yang akan Anda nilai atau review. Hal yang bisa Anda tulis di bagian ini adalah berupa bagian-bagiannya, keunikan ataupun kualitasnya. Tapi yang berhubungan dengan fakta tanpa memasukkan pendapat pribadi Anda.


Struktur Umum Review Text - Interpretation
Yang harus Anda catat adalah, pastikan bahwa Anda menghindari untuk menulis terlalu banyak deskripsi mengenai karya atau benda tersebut sehingga tidak terkesan ‘mengajarkan’ pembaca yang membaca review text Anda. Istilah yang umum digunakan dalam struktur ini adalah mengenai ‘baik’ atau ‘tidak’nya karya atau benda yang Anda tulis.

Interpretation
Setelah menulis evaluasi yang cukup di bagian sebelumnya, pada bagian ini, waktunya Anda menuliskan pandangan atau pendapat pribadi Anda mengenai karya atau benda yang Anda tulis atau yang Anda review. Pada bagian interpretation ini Anda bisa melakukan sebuah evaluasi terhadap karya atau benda dari sudut pandang Anda. Anda juga bisa membandingkan karya atau benda yang Anda tinjau dengan karya atau benda lain yangs erupa untuk lebih dapat mendukung dan memperkuat pandangan Anda terhadap karya atau benda yang Anda nilai.

Disini Anda juga bisa menuliskan bagian apa dari karya atau benda yang Anda nilai yang merupakan kelebihan atau kekurangan dari karya atau benda tersebut. Anda juga bisa memberikan nilai terhadap karya atau benda tersebut.


Summary
Di struktur terakhir, Anda sebagai penulis dapat memberikan kesimpulan pada bagian terakhir dari Review text. Setelah Anda memberikan evaluasi yang mendetai di bagian evaluasi dan memberikan pandangan Anda terhadap karya atau benda tersebut di bagian interpretation, di bagian ini Anda bisa menjelaskan apakah karya atau benda yang direviewnya berharga atau tidak untuk calon pembeli yaitu pembaca. Atau apakah harga yang ditawarkan sesuai dnegan kualitasnya, atau jika yang di review merupakan film atau lagu, apakah akan worth it untuk di tonton atau di dengar.

Selain struktur, biasanya tiap teks di dalam bahasa Inggris memiliki ciri kebahasaan atau language features tersendiri. Tak terkecuali review text ini. Teks review ini memiliki ciri kebahasaan sebagai berikut:

    Menggunakan present tense.
    Menggunakan Adjectives seperti bad, good, valuable, dll
    Menggunakan long and complex clauses
    Menggunakan metafora di dalam review.



Contoh Review Text:

Harry Potter and the Half-Blood Prince Movie Review

Introduction
All and each Harry Potter series both movies and book hold a particular part in my heart. And by that means, I love it all. No, I won't talk about the whole series, I could end up with one new book if I did, so only for specific the 6th series of Harry Potter movie, Harry Potter and the Half of Blood Prince.

Evaluation 1:
May slightly unsatisfying for those who read the book.

Evaluation 2:
It's a dark time for Harry. It's like a cup of hot cocoa on your cold morning, but your cat breaks the cup.

Interpretation:
Harry Potter books have been a hit and been more potent since the Warner Bros decide to bring it to life through a movie. One or two changes from the text in the film is undeniable. We all know Harry has to feel one more lost on the last movie because Bellatrix killed his God-father, Sirius Black after they talk about lives together in an entirely safe village far from anywhere. Sure it's like a thunder strikes on the midday for Harry.

As we always want for Harry happiness, many have hope that everything he's been through will paid on the Half-Blood Prince. At the first hour of this movie, we can see Harry doing great for his Potion class even beat Hermione, thanks to the book previously owned by The Half-Blood Prince he found at the bottom of the cupboard.

But another dreary, depressing feel once again must we see on this movie as Dumbledore fall from the attic after being Avada Kedavra by his trusted man, Severus Snape aka the Half-Blood Prince. Not many things from the book were adapted. Instead, it almost entirely different. After the movie was released, you can hear some voice of disappointment roaring from some of the fans, including me.

Summary
Nevertheless, this is still an excellent movie to watch and of course worth your time. 7 starts out of 10 for the Half-Blood Prince! Worry not because every question and every scene missed in this movie will be soon explained on Deathly Hallows.



 9. SPOOF TEXT

Jenis jenis teks bahasa inggris-kinds of text-pengertian spoof teks
Spoof Text



Pengertian Spoof Text
Menurut Oxford Dictionary Spoof adalah "a humorous imitation of something, typically a film or a particular genre of film, in which its characteristic features are exaggerated for comic effect." yang artinya peniruan yang lucu dari suatu hal, biasanya ada di dalam film atau sebuah genre, yang mana karakter dalam film tersebut melebih lebihkan hal yang dilakukannya supaya terlihat lucu. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Spoof Text ini merupakan sebuah cerita lucu yang memiliki tujuan menghibur pendengarnya, contohnya seperti acara stand up comedy.

Generic Structure Spoof Text
Orientation: berisi perkenalan tokoh, tempat, waktu, latar, dll.
Events: berisi peristiwa yang terjadi. Bagian ini bukan bagian lucu, biasanya hanya pancingan (bait) supaya pendengar penasaran akan cerita/ apa yang akan terjadi di akhir cerita.
Twist: Akhir cerita yang tidak terduga sehingga dianggap lucu. (jadi seperti plesetan)

Ciri - Ciri Spoof Text
- Menggunakan Simple Past Tense
- Biasanya merupakan kisah nyata yang dialami oleh seseorang.
- Memiliki kesamaan dengan Narrative Text, namun disini Spoof Text lebih menekankan ke 'Twist' (plintiran/plesetan) yang ada di akhir dan menjadikan sebuah teks menjadi lucu.

Contoh Spoof Text
A child who had just entered elementary school (SD) when the school asked by his parent. His mother asked, "What do you learn today, Son?"
"Learning to write, Ma'am," he replied as he put the bag in his back.
"What are you writing, kid?" asked the father asked, that stand next to his mother.
"I do not know, I have not learned to read yet."

Terjemahan:

Seorang anak yang baru saja masuk Sekolah Dasar (SD) ketika pulang sekolah ditanya oleh kedua orang tuanya. Ibunya bertanya, "Belajar apa kau hari ini nak?"
"Belajar menulis bu," jawab sang anak sambil menaruh tas yang ada di punggungnya.
"Apa yang kau tulis nak?" ganti tanya sang ayah yang ada di samping ibunya.

"Tidak tau yah, aku belum belajar membaca."



10. ANECDOTE TEXT
 
Jenis Jenis Teks Bahasa Inggris-kinds of text-Pengertian Anecdote Teks
Anecdote Text


Pengertian Anecdote Text
Anecdote adalah teks yang menceritakan kembali kisah lucu dan peristiwa yang tidak biasa baik itu berupa fakta atau sekadar imajinasi dari pembuat ceritanya. Tujuan dari jenis teks bahasa Inggris ini adalah untuk menghibur pembaca.

Generic Structure of Anecdote
1. Abstract
2. Orientation
3. Crisis
4. Incident.

Language Feature of Anecdote
1. Using exclamation words; it's awful!, it's wonderful!, etc
2. Using imperative; listen to this
3. Using rhetoric question; do you know what?
4. Using action verb; go, write, etc
5. Using conjunction of time; then, afterward
6. Using simple past tense

Examples and structures of the text

Snake in the Bath 
Abstract
How would you like to find a snake in your bath?  A nasty one too!
Orientation
We had just moved into a new house, which had been empty for so long that everything was in a terrible mess. Anna and I decided we would clean the bath first, so we set to, and turned on the tap.
Crisis
Suddenly to my horror, a snake’s head appeared in the plug-hole. Then out slithered the rest of his long thin body. He twisted and turned on the slippery bottom of the bath, spitting and hissing at us.
Incident
For an instant I stood there quite paralyzed. Then I yelled for my husband, who luckily came running and killed the snake with the handle of a broom. Anna, who was only three at the time, was quite interested in the whole business. Indeed I had to pull her out of the way or she’d probably have learnt over the bath to get a better look!

Coda
Ever since then I’ve always put the plug in firmly before running the bath water.





11. NEWS ITEM TEXT
Jenis jenis teks bahasa inggris-kinds of text-pengertian news item teks
News Item Text


News berarti berita. Maka News Item Text merupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang menginformasikan mengenai kejadian pada hari ini. Kejadian yang dimaksud disini merupakan kejadian yang perlu diberitakan atau penting.

News item is a text which informs readers about events of the day. The events are considered newsworthy or important.

Generic Structure of News Item Text
Generic structure merupakan pola paragraf dari sebuah text. Disini News Item Text mempunyai 3 tahapan penulisan yaitu:

Main Event
Main Event merupakan awal dari berita yang memuat topik utama dari pemberitaan. Disini biasanya hanya mengulas pemberitaan secara general atau umum.

Elaboration (background, participant, time, place)
Elaboration merupakan penjelasan secara rinci dari pemberitaan mulai dari kenapa, siapa saja yang terlibat, kapan, dan dimana kejadian dari pemberitaan tersebut ditulis/dibacakan.

Resource of information 
Resource of Information merupakan bagian akhir yang memuat sumber dari informasi misalnya komentar dari masyarakat, atau pernyataan lisan dari narasumber.

Tujuan dari News Item Text
Tujuan dari News Item Text adalah untuk memberitahukan kepada pembaca tentang kejadian yang telah terjadi pada hari ini yang patut untuk diketahui atau penting

News Item Text purpose is to inform readers about events of the day which are considered newsworthy or important

Ciri-Ciri News Item Text
Disini News Item Text mempunya dua ciri unsur kebahasaan yaitu;
- Focusing on circumstances (Terfokus pada keadaan dari kejadian yang diberitakan)
- Using material process (Kejadiannya diberitakan secara runtut)
Contoh News Item Text dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Berikut ini adalah beberapa News Item Text yang dapat kalian baca atau dijadikan untuk referensi belajar.


Jambi student allegedly commits suicide after punishment from school

A 16-year-old schoolgirl committed suicide by hanging herself after she received a punishment from her school, the police have claimed.
          The student of the Agriculture Development Vocational High School (SMK-PP) in Pemayung district in Batanghari regency, Jambi, was found dead hanging in her parents' house in Sungai Buluh village in Muara Bulian district, Batanghari, on Sunday.
          Investigation unit head at the Muara Bulian Police, Sec. Insp. Amran, said the victim had been first found by her parents.
          "We are still investigating the motive for the alleged suicide," he said on Monday.
          The girl went to her parents instead of her dormitory on Saturday. She told her parents that she had been punished by her school, Amran said.
          "She said she had been ordered to hoe the school's garden and plant five different flowers," he said.
          Amran added that her parents had said they overheard a telephone conversation between her and a person believed to be from the school, asking why she did not return to the dorm.
          The reason for her punishment is unknown. 

Terjemahan:

Mahasiswa Jambi tersebut diduga melakukan bunuh diri setelah mendapat hukuman dari sekolah

Seorang siswi berusia 16 tahun bunuh diri dengan menggantung diri setelah menerima hukuman dari sekolahnya, kata polisi.
          Murid Sekolah Menengah Kejuruan Pengembangan Pertanian (SMK-PP) di Kabupaten Pemayung di Kabupaten Batanghari, Jambi, ditemukan tewas tergantung di rumah orang tuanya di desa Sungai Buluh, Kabupaten Muara Bulian, Batanghari, pada hari Minggu.
          Kepala unit investigasi di Kepolisian Muara Bulian, Inpektur Amran, mengatakan korban pertama kali ditemukan oleh orang tuanya.
          "Kami masih menyelidiki motif dugaan bunuh diri," katanya, Senin.
          Gadis itu mendatangi orang tuanya, bukan asramanya pada hari Sabtu. Dia mengatakan kepada orang tuanya bahwa dia telah dihukum di sekolahnya, kata Amran.
          "Dia bilang dia telah diperintahkan untuk mencangkul taman sekolah dan menanam lima bunga yang berbeda," katanya.
          Amran menambahkan bahwa orang tuanya telah mengatakan bahwa mereka mendengar percakapan telepon antara dia dan seseorang yang diyakini berasal dari sekolah tersebut, menanyakan mengapa dia tidak kembali ke asrama.
          Alasan hukumannya tidak diketahui.




12. EXPLANATION TEXT

Jenis jenis teks bahasa inggris-kinds of text-pengertian Explanation Text
Explanation Text


Pengertian Explanation Text
Sebelum mulai membahas tentang generic structure dan ciri-ciri explanation text dan contohnya, saya akan mulai dulu dengan definisi dari explanation text dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

“Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena”. Explanation adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya.

Tujuan Explanation Text
To explain the processes involved in the formation or working of natural or socio-cultural phenomena.
Tujuan komunikatif dari explanation text adalah untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menjelaskan bagaimana atau mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Generic Structure Explanation Text
General statement
tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.
Squenced of explanation
berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.
Closing
Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text adalah closing, padahal itu merupakan bagian dari squenced of explantaion yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.

Ciri-ciri Explanation Text
Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.
Karena yang diangkat adalah fenomena maka fokus materinya bukan pada bendanya atau orangnya, melainkan pada kejadian atau peristiwa yang terjadi pada orang atau benda tersebut.
Menggunakan Simple Present tense.

Contoh Explanation Text dan Penjelasannya


How Earthquakes Happen

Earthquake is one of the most destroying natural disasters. Unluckily it often happens in several regions. Recently a horrible earthquake has shaken West Sumatra. It has brought great damages. Why did it occur? Do you know how an earthquake happens?

Earthquakes are usually caused when rock underground suddenly breaks along a fault. This sudden release of energy causes the seismic waves. It make the ground shake. When two blocks of rock or two plates are rubbing against each other, they stick a little. They don’t just slide smoothly. The rocks are still pushing against each other, but not moving. After a while, the rocks break because of all the pressure that’s built up. When the rocks break, the earthquake occurs.

During the earthquake and afterward, the plates or blocks of rock start moving, and they continue to move until they get stuck again. The spot underground where the rock breaks is called the focus of the earthquake. The place right above the focus is called the epicenter of the earthquake.

Penjelasan:

Paragraf Pertama adalah tentang General Statement (pernyataan umum). Melihat dari teks tersebut tentu GSnya adalah an Earthquake happening.
Paragraf kedua: Squenced of explanation adalah penjelasan tentang bagaimana Earthquake bisa terjadi. Gempa bumi bisa terjadi pada dasarnya adalah karena “rock underground suddenly breaks along a fault”. Penjelasan lainnya adalah tentang kronologi how rock underground breaks along a fault.
Paragraf ketiga: closing yang menerangkan bahwa pergeseran lempeng bumi terus terjadi dan menerangkan bahwa titik di bawah bumi dimana batu mengalami patahan (where the rock breaks) disebut sebagai Focus of the eartquake dan tempat di atas titik tersebut disebut epicenter of earthquake.




12. HORTATORY EXPOSITION TEXT

Jenis jenis teks bahasa inggris-kinds of text- pengertian hortatory exposition teks
Hortatory Exposition Text


Pengertian Hortatory Exposition
Sebelum membahas tujuan, ciri-ciri dan contoh hortatory exposition, mari kita pahami dulu definisi atau pengertiannya. Para ahli bahasa Inggris mendefinisikan hortatory exposition sebagai: “Hortatory Exposition is a type of English text that influences its readers to do something or act in certain way”. Jadi yang dimaksud dengan hortatory exposition adalah jenis teks bahasa Inggris yang berisi argumentasi tentang sesuatu dengan harapan pembaca terpengaruh untuk melakukan sesuatu dengan cara tertentu.

Tujuan Hortatory Exposition
Tujuan komunikatif Hortatory Exposition adalah untuk mempengaruhi atau membujuk pembaca atau pendengar bahwa sesuatu yang menjadi fokus pembicaraan seharus atau tidak seharusnya terjadi sehingga pembaca terpengaruh untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu tersebut.

Generic Structure Hortatory Exposition
Thesis
Pemaparan tentang keprihatinan sebuah masalah yang sedang terjadi di sekitar kita.
Argument
Pada bagian ini penulis akan berusaha menyampaikan beberapa argumentasi atau alasan yang tujuannya tidak lain adalah agar pembaca terpengaruh dan meyakini yang seharusnya itu bagaimana.
Recommendation
Bagian terakhir dari generic structure hortatory exposition adalah pernyataan apa yang seharusnya atau tidak seharusnya terjadi atau dilakukan, yang biasa disebut saran (rekomendasi).

Ciri-ciri Redaksi Hortatory Exposition
- Fokusnya pada manusia dan non-manusia yang generik.
- Penggunaan kata-kata penyesalan pada argument, biasanya menggunakan kata should atau should not.
- Menggunakan simple present tense.

Contoh Teks Hortatory Exposition dan Penjelasannya

Never Try Smoking

A lot of people, especially teenagers, who do not smoke, always want to try smoking. They know it is bad for them and all, but it is just something they want to try. So they ask one of their smoker friends for a cigarette. Admittedly, they firstly can not light it on their own so they ask his friend to do it. Then they inhale that cigarette and smoke occasionally.
Apparently that makes them the born smokers. Now they do smoke fairly regularly. They can not avoid smoking and they enjoy too. They have smoker friends. Everyday they bring a pack in their pocket. For them, a pack of cigarette is as important as a wallet for their money.
Suddenly, for certain reason, they realize the fact that tobacco is the cause of a long list of nasty diseases. It is not only heart disease, stroke, and chronic lung disease but also bladder, lung, and pancreatic cancer. Even it was reported that around 400,000 Americans died each year. It was one every 80 seconds from tobacco-related illnesses.
Then they decide it is stupid to harm selves. They want to quit smoking. Unfortunately, they find that quitting smoking is so difficult. “Why can’t I stop smoking? I really want to stop it”. It is hard to quit because nicotine is powerfully addictive. Cigarette is one of the most efficient drug-delivery devices ever devised. As result, when people try to quit smoking, they often experience classic nicotine withdrawal symptoms such as anxiety, irritability, headache, depression, and restlessness.
Well, still want to try smoke? Think the facts before trying! If you are not smoker, you should never and never try to smoke.

Penjelasan:

Paragraf 1 dan 2 adalah Thesis, menerangkan keprihatinan penulis terhadap adanya “gejala atau fakta” sebagian orang (fokus pada manusia) terutama anak remaja yang merokok.
Paragraf 3 dan 4 adalah Argument, menerangkan argumentasinya tentang bahaya merokok bagi kesehatan.

Paragraf terakhir adalah Recomendation, memberikan rekomendasi atau saran kepada pembaca yang belum merokok agar jangan sekali-kali mencoba.




13. ANALYTICAL EXPOSITION
Pengertian Analytical Exposition
Analytical Exposition adalah salah satu bentuk argumentation text. Para pakar bahasa Inggris mendefinisikan analytical exposition text sebagai berikut: “Analytical exposition is a text that elaborates the writer‘s idea about the phenomenon surrounding”. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yang dimaksud dengan analytical exposition text adalah sebuah teks atau tulisan yang memaparkan pendapat penulis tentang fenomena yang sedang terjadi di sekitar kita.

Tujuan Analytical Exposition
Tujuan komunikatif dari analytical exposition adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang disajikan adalah topik yang penting untuk dibahas atau mendapat perhatian dengan cara pemberian argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok atau topik tersebut.

Generic Structure Analytical Exposition
Thesis
Dalam bagian Thesis, penulis memperkenalkan tentang topik atau ide pokok yang akan dibahas. Thesis selalu berada di paragraf pertama dalam Analytical Exposition Text.
Argument
Dalam bagian ini penulis menghadirkan argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok penulis, biasanya dalam sebuah Analytical Exposition Text terdapat lebih dari dua argumen. Semakin banyak argumen yang ditampilkan semakin percaya pembaca bahwa topik yang dibahas oleh penulis adalah topik yang sangat penting atau membutuhkan perhatian
Reiteration
Bagian ini merupakan bagian penutup dari sebuah Analytical Exposition Text yang selalu terletak di akhir paragraf. Reiteration berisi penulisan kembali atau penempatan kembali ide pokok yang terdapat di paragraf pertama. Reiteration juga biasa disebut dengan conclusion atau kesimpulan dan terkadang berisi rekomendasi.

Ciri-ciri Redaksi Text Analytical Exposition
- Menggunakan simple present tense.
- Mengunakan relational process. Biasanya menggunakan kata sambung yang dapat menimbulkan hubungan sebab akibat. Seperti: because, if conditional sentence.
- Menggunakan internal conjunction.
- Menggunakan casual conjunction.

Contoh Analytical Exposition dan Penjelasannya

Gold Coin Investment

Gold has become a precious metal to mankind since it was the dawn of civilization. The nature of gold is soft and malleable which people can make and easily change to any forms, even it is done just by a simple technology. The beautiful golden and shiny color does not easily fade out. The form of gold can be as jewelry, bar, or coin. Now days gold coin, such as gold IRA, becomes an advantageous investment.
Gold is safe and profitable for investment. In uncertain situations, many people are turning to gold because gold has a more stable value and regarded as currency without limitation assets. It is secure and can be cashed out at any time we need. The Gold values tend to be stable; take a look an IRA gold discussion. It is zero inflation effect. It is very rare that the gold prices fell. Even every year, the gold price tends to increase.
Investments in the form of coins, it is famous as gold coin, is more profitable if it is compared with the investment gold in the form of jewelry. Gold Coin, for example gold 401k which some people call 401k gold, is very good when used as an alternative investment, whether it is for the medium-term investment and long-term investment. Besides that gold coins need less cost in production and manufacturing sot it is more lucrative than investing gold in the form of jewelry.
Moreover, some people do not just think gold as an investment, but also as collections. Because the character is a collection so the uniqueness and rareness are the point. There might be coins that cost up to more than a million because of the history variables, ownership, and perhaps an important event when the coin is launched.
From the reason above, if we decide to make an investment, it could be useful to consider investing gold coin or think about gold IRA transfer. It is really recommended.

Penjelasan:

Paraghraf Pertama adalah Thesis, dimana penulis memperkenalkan topik yang ingin dibahasnya, yaitu tentang betapa berharganya dan bernilainya emas. Gambaran tentang emas yang dapat dibentuk menjadi apa saja sesuai keinginan karena bahannya yang lembut. Namun diakhir kalimat paragraf pertama, penulis sudah membawa pembaca pada topik utamnya yaitu investasi emas.

Pada paragraf kedua yaitu argumen. Namanya juga analytical tentu tujuannya adalah menganalisa topik dengan dua atau lebih argumen penulis. Pada paragraf ini, argumen pertama penulis adalah bahwa berinvestasi emas sangat aman dan menguntungkan (save and profitable).
Argumen kedua emas harganya stabil karena dijadikan sebagai mata uang international dan juga tidak terpengaruh adanya inflasi.

Paragraf ketiga dan keempat masih berbicara tentang argumen penulis seperti berinvestasi emas dalam bentuk coin lebih menguntungkan daripada berbentuk perhiasan jadi.

Terakhir (paragraf kelima) adalah reiteration, yaitu penuangan kembali ide pokok pada paragraf pertama yaitu bahwa berinvestasi emas itu lebih menguntungkan dan diakhiri dengan rekomendasi penulis.


Itulah penjelasan tentang jenis jenis teks Bahasa Inggris dalam pelajaran Bahasa Inggris mudah-mudahan bermanfaat untuk para pembaca.

LihatTutupKomentar
close