-->

Soal Tes PPPK Tahun 2023 Semua Formasi, Kompetensi Bidang Manajerial, Sosial Kultural, dan Wawancara dengan Jawaban Nilai Tertinggi di Lengkapi dengan Materi

Dalam artikel ini Tersedia Materi dan Soal Tes ASN PPPK 2023 bidang manajerial, sosial kultural, dan wawancara semua formasi termasuk ASN PPPK Guru, ASN PPPK Perawat, ASN Jabatan Fungsional, dan ASN PPPK Teknis disertai kunci jawaban yang memiliki poin atau nilai tertinggi terbaru tahun 2023 yang merupakan hasil FR (Field Report) pada tahun-tahun sebelumnya dan kumpulan soal dari berbagai sumber terpercaya dan dari kanal-kanal youtube besar. Yang terdiri dari:


Soal Tes PPPK Tahun 2023 Semua Formasi, Kompetensi Bidang Manajerial, Sosial Kultural, dan Wawancara dengan Jawaban Nilai Tertinggi di Lengkapi dengan Materi

 

Daftar Isi

 

Dalam artikel ini Tersedia Materi dan Soal Tes ASN PPPK 2023 bidang manajerial, sosial kultural, dan wawancara semua formasi termasuk ASN PPPK Guru, ASN PPPK Perawat, ASN Jabatan Fungsional, dan ASN PPPK Teknis disertai kunci jawaban yang memiliki poin atau nilai tertinggi terbaru tahun 2023 yang merupakan hasil FR (Field Report) pada tahun-tahun sebelumnya dan kumpulan soal dari berbagai sumber terpercaya dan dari kanal-kanal youtube besar. Yang terdiri dari:

a.     84 Soal Manajerial

b.     60 Soal Sosial Kultural

c.     75 Soal Wawancara

 

Pada ulasan kali ini akan dijabarkan informasi tentang Materi dan Soal Tes PPPK bidang manajerial, sosial kultural, dan wawancara PPPK semua formasi 2023 PPPK disertai kunci jawabannya yang memiliki nilai atau poin tertinggi. 

 

Tujuan dari latihan soal yang disertai dengan kunci jawaban ini ialah supaya para calon PPPK yang hendak mengikuti tes seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dapat terbantu saat tes nanti dan mendapatkan nilai yang maksimal. Dalam artikel ini tentang latihan soal manajerial, sosial kultural, dan wawancara PPPK semua formasi 2023 ini kami pilihkan juga jawaban yang memiliki nilai point tertinggi.

 

Materi Tes PPPK Tahun 2023

Materi tes seleksi kompetensi PPPK pada Tahun 2023 ini masih menggunakan Keputusan Menteri Pan-RB Nomor 1127 dan 1128 Tahun 2021.

 

Durasi Waktu Tes ASN PPPK

Adapun durasi waktu yang dilaksanakan dalam Tes Seleksi ASN PPPK adalah sebagai berikut:

a.     Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural - 120 Menit

b.     Wawancara - 10 Menit

 

Nilai Kumulatif Paling Tinggi Tes ASN PPPK

Nilai kumulatif paling tinggi untuk Seleksi Kompetensi sebagaimana dimaksud pada DIKTUM PERTAMA adalah 740 (tujuh ratus empat puluh), dengan rincian:

a.     500 (lima ratus) untuk Seleksi Kompetensi Teknis;

b.     200 (dua ratus) untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural; dan

c.     40 (empat puluh) untuk Wawancara.

 

Jumlah Soal Tes ASN PPPK

Jumlah soal keseluruhan Seleksi Kompetensi sebagaimana dimaksud pada DIKTUM PERTAMA adalah 145 (seratus empat puluh lima) soal, dengan rincian:

a.     Seleksi Kompetensi Teknis sejumlah 90 (sembilan puluh) butir soal;

b.     Seleksi Kompetensi Manajerial sejumlah 25 (dua puluh lima) butir soal;

c.     Seleksi Kompetensi Sosial Kultural sejumlah 20 (dua puluh) butir soal; dan

d.     Wawancara sejumlah 10 (sepuluh) butir soal.

 

Pembobotan Nilai Tes ASN PPPK

Pembobotan nilai untuk materi soal Seleksi Kompetensi ASN PPPK yaitu:

a.     untuk materi soal Seleksi Kompetensi Teknis, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol);

b.     untuk materi soal Seleksi Kompetensi Manajerial, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empat), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol);

c.     untuk materi soal Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 5 (lima), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol); dan

d.     untuk materi soal Wawancara, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empat), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol).

 

Nilai Ambang Batas Tes ASN PPPK

Penetapan Nilai Ambang Batas Tes Seleksi Calon ASN PPPK yaitu:

a. nilai untuk Seleksi Kompetensi Teknis sebagaimana tercantum pada lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini;

b. 130 (seratus tiga puluh) untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural; dan

c. 24 (dua puluh empat) untuk Wawancara.

 

Daftar Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Teknis Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional

 

Daftar Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Teknis Untuk Jabatan Fungsional Guru

 

Jadi untuk nilai ambang batas adalah (Nilai Ambang batas Teknis + Nilai Ambang Batas Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural + Nilai Ambang Batas Wawancara). 

 

Silahkan Anda jumlahkan sendiri dari nilai diatas untuk Formasi yang Anda lamar untuk Tes Seleksi ASN PPPK 2023.

 

Materi Lengkap Tes Seleksi ASN PPPK

Materi tes seleksi kompetensi PPPK tertuang dalam Keputusan Menteri Pan-RB Nomor 1127 dan 1128 Tahun 2021. Tes seleksi tersebut terdiri dari kompetensi berikut ini:

a.     Kompetensi Teknis,

b.     Kompetensi Manajerial,

c.     Kompetensi Sosial Kultural, dan

d.     Wawancara.


Materi Kompetensi Teknis

Materi Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai dan penguasaan pengetahuan, keterampilan, sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

 

Materi Kompetensi Manajerial

Materi Kompetensi Manajerial bertujuan untuk menilai dan penguasaan pengetahuan, keterampilan, sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan:

a.     Integritas;

Konsisten berperilaku selaras dengan nilai, norma dan/atau etika organisasi, dan jujur dalam hubungan dengan manajemen, rekan kerja, bawahan langsung, dan pemangku kepentingan, menciptakan budaya etika tinggi, bertanggungjawab atas tindakan atau keputusan beserta risiko yang menyertainya.

b.    Kerjasama;

Kemampuan menjalin, membina, mempertahankan hubungan kerja yang efektif, memiliki komitmen saling membantu dalam penyelesaian tugas,dan mengoptimalkan segala sumberdaya untuk mencapai tujuan strategis organisasi.

c.     Komunikasi;

Kemampuan untuk menerangkan pandangan dan gagasan secara jelas, sistematis disertai argumentasi yang logis dengan cara-cara yang sesuai baik secara lisan maupun tertulis; memastikan pemahaman; mendengarkan secara aktif dan efektif; mempersuasi, meyakinkan dan membujuk orang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

d.    Orientasi pada hasil;

Kemampuan mempertahankan komitmen pribadi yang tinggi untuk menyelesaikan tugas, dapat diandalkan, bertanggung jawab, mampu secara sistimatis mengidentifikasi risiko dan peluang dengan memperhatikan keterhubungan antara perencanaan dan hasil, untuk keberhasilan organisasi.

e.     Pelayanan publik;

Kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan publik secara profesional, transparan, mengikuti standar pelayanan yang objektif, netral, tidak memihak, tidak diskriminatif, serta tidak terpengaruh kepentingan pribadi/kelompok/golongan/ partai politik.

f.      Pengembangan diri dan orang lain;

Kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menyempurnakan keterampilan diri; menginspirasi orang lain untuk mengembangkan dan menyempurnakan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan dan pengembangan karir jangka panjang, mendorong kemauan belajar sepanjang hidup, memberikan saran/bantuan, umpan balik, bimbingan untuk membantu orang lain untuk mengembangkan potensi dirinya.

g.     Mengelola perubahan

kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan situasi yang baru atau berubah dan tidak bergantung secara berlebihan pada metode dan proses lama, mengambil tindakan untuk mendukung dan melaksanakan  insiatif perubahan, memimpin usaha perubahan, mengambil tanggung jawab pribadi untuk memastikan perubahan berhasil diimplementasikan secara efektif.

h.    Pengambilan keputusan

Kemampuan membuat keputusan yang baik secara tepat waktu dan dengan keyakinan diri setelah mempertimbangkan prinsip kehati-hatian, dirumuskan secara sistematis dan seksama berdasarkan berbagai informasi, alternatif pemecahan masalah dan konsekuensinya, serta bertanggung jawab atas keputusan yang diambil.

 

Materi Kompetensi Sosial Kultural

Materi Kompetensi Sosial Kultural bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki:

a.     Kepekaan terhadap perbedaan budaya;

Peka memahami dan menerima kemajemukan

1.     Mampu memahami, menerima, peka terhadap perbedaan individu/kelompok masyarakat.

2.     Terbuka, ingin belajar tentang perbedaan/kemajemukan masyarakat.

3.     Mampu bekerja bersama dengan individu yang berbeda latar belakang dengannya.

b.    Kemampuan berhubungan sosial;

Aktif mengembangkan sikap saling menghargai, menekankan persamaan dan persatuan

1.     Menampilkan sikap dan perilaku yang peduli akan nilai-nilai keberagaman dan menghargai perbedaan;

2.     Membanguan hubungan baik antar individu dalam organisasi, mitra kerja, pemangku kepentingan;

3.     Bersikap tenang, mampu mengendalikan emosi, kemarahan dan frustasi dalam menghadapi pertentangan yang ditimbulkan oleh perbedaan latar belakang, agama/ kepercayaan, suku, jender, sosial ekonomi, preferensi politik di lingkungan unit kerjanya.

c.     Kepekaan terhadap konflik

Mempromosikan, mengembangkan sikap toleransi dan persatuan

1.     Mempromosikan sikap menghargai perbedaan di antara orang-orang yang mendorong toleransi dan keterbukaan.

2.     Melakukan pemetaan sosial di masyarakat sehigga dapat memberikan respon yang sesuai dengan budaya yang berlaku. Mengidentifikasi potensi kesalah pahaman yang diakibatkan adanya keragaman budaya yang ada.

3.     Menjadi mediator untuk menyelesaikan konflik atau mengurangi dampak negatif dari konflik atau potensi konflik.

d.     Empati.

membangun hubungan sosial psikologis

membangun hubungan sosial psikologis dengan masyarakat sehingga menciptakan kelekatan yang kuat antara ASN dan para pemangku kepentingan serta diantara para pemangku kepentingan itu sendiri.

 

 

Materi Wawancara

Wawancara bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas.

Integritas merupakan gambaran diri anda dalam suatu organisasi yang terlihat dari perilaku dan tindakan sehari-hari. Integritas menunjukkan konsistensi antara ucapan dan keyakinan yang tercermin dalam perbuatan sehari-hari.Karakteristik pegawai yang memiliki integritas yang tercermin dalam bersikap dan bertindak sebagai berikut:

1.     Bersikap jujur, tulus, dan dapat dipercaya.

2.     Bertindak transparan dan konsisten

3.     Menjaga martabat dan tidak melakukan hal-hal tercela.

4.     Bertanggung jawab atas hasil kerja.

5.     Bersikap objektif. 

 

Sedangkan moralitas adalah sopan santun, segala sesuatu yang berhubungan dengan etiket atau adat sopan santun.Secara sederhana, dapat diartikan bahwa moralitas adalah nilai yang berhubungan dengan suatu hal yang baik dan buruk. Moralitas berhubungan dengan :

1.     Hati Nurani

2.     Aturan

3.     Kejiwaan dalam berbuat (berani, jujur, sabar)

4.     Teladan

5.     Sopan santun

 

 

Soal Tes ASN PPPK Kompetensi Manajerial, Sosial Kultural, dan Wawancara PPPK Semua Formasi 2023 Dengan Jawaban

Untuk persiapan menghadapi Tes ASN PPPK 2023 silahkan Anda bisa berlatih untuk mengerjakan 3 Kompetensi dibawah ini:

 

87 Soal Manajerial PPPK Semua Formasi Tahun 2023

Dalam soal manajerial PPPK Semua Formasi 2023 terdapat 25 butir soal dengan 4 opsi jawaban, jawaban terbaik mendapatkan nilai 4 dan jawaban terkecil mendapatkan nilai 1, dan apabila tidak menjawab mendapatkan nilai 0, nilai maksimal untuk kompetensi manajerial ini adalah 200, jadi pastikan Anda menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan.

 

1.     Anda ditugaskan untuk membagi jobdes ke setiap anggota tim. Tindakan Anda...

A.    Membagi jobdes berdasarkan kemampuan masing-masing anggota

B.     Membagi jobdes secara merata tanpa melihat keahliannya

C.     Membagi jobdes berdasarkan keinginan setiap anggota 

D.    Membagi jobdes berdasarkan pengalaman kerja mereka

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

2.     Sebagai anggota tim, ketika seorang ketua memberikan tugas. Maka sikap kita adalah...

A.    Saya akan mempertimbangkan hal tersebut karena bukan tugas saya

B.     Saya tidak mau tau yang penting tugas saya selesai

C.     Mungkin saja saya akan menerimanya tetapi bisa saja saya menolaknya

D.    Saya dan tim akan berusaha mengerjakan tugas itu dengan baik

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

3.     Saya memutuskan untuk pergi ke luar kota dengan meninggalkan pekerjaan yang harus saya lakukan lalu saya meminta teman saya mengerjakan pekerjaan saya. Maka sikap saya itu termasuk sikap yang...

A.    Sangat perlu untuk dicontoh,sebab memang saya sibuk sekali

B.     Yang sebenarnya kurang baik untuk dicontoh, karena saya berusaha menghindari tanggungjawab saya

C.     Kurang baik,sebab pekerjaan itu seharusnya memang dikerjakan teman saya

D.    Saya tidak peduli, karena saya benar-benar repot

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

4.     Ketika saya sebagai seorang pedagang memiliki pelanggan setia itu artinya saya...

A.    Memakai guna-guna agar dagangan saya laris

B.     Saya memiliki cara yang curang agar pelanggan tertarik akan apa yang saya jual

C.     Saya sangat mengedepankan kejujuran cita rasa dari produk saya

D.    Saya berhasil memberikan pengaruh yang baik dan kurang baik kepada pelanggan saya

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

5.     Anda adalah salah satu pegawai rumah sakit, ketika ada tetangga anda yang meminta anda mencarikan ruang kosong untuk saudaranya menginap di rumah sakit maka sikap anda adalah ...

A.    Saya sesegera mungkin mencarikan ruang yang kosong sebagai wujud solidaritas saya

B.     Saya akan menolaknya tetapi saya diam-diam akan mencarikannya ruang yang kosong

C.     Saya akan mengusahakannya kamar asal bisa mendapatkan kamar membantu saya dalam mendapatkan pinjaman

D.    Saya akan memberitahu bagaimana prosedur untuk mendapatkan kamar pelayanan di rumah sakit

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

6.     Ketika anda adalah seorang bos, anda menghadapi masalah dimana dua karyawan anda saling berselisih tentang masalah pribadinya, maka sikap anda adalah...

A.    Saya akan meminta karyawan saya untuk resign karena sudah tidak profesional

B.     Saya akan meminta keterangan dari keduanya dan tidak memihak salah satu

C.     Saya akan memihak pihak yang loyalitasnya ke perusahaan sangat tinggi

D.    Saya akan mengajak mereka bermediasi dan akan segera memecatnya

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

7.     Anda bekerja di sebuah perusahaan selama 10 tahun terakhir. Anda bisa dibilang sangat senior. Akan tetapi suatu hari pimpinan mengumumkan beberapa perubahan terkait aturan dasar perusahaan. Sikap Anda menghadapi perubahan yang mendadak tersebut adalah...

A.    Kecewa sebab saya tidak dilibatkan dalam perencanaan

B.     Membutuhkan waktu untuk beradaptasi

C.     Menjalankan aturan baru dengan antusias

D.    Khawatir akan dampak negatif dari perubahan yang tiba-tiba

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

8.     Anda baru saja menjabat sebagai kepala divisi kedisiplinan. Anda menyadari banyak karyawan yang sering terlambat dan memberikan berbagai alasan untukpembenaran keterlambatannya. Sikap Anda adalah...

A.    Potong gaji agar ia jera

B.     Memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku

C.     Mengubah sanksi dengan yang lebih ekstrim

D.    Memantau jam kerja mereka selama 3 hari

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

9.     Saat anda dituduh dan dimarahi oleh atasan sedangkan hal tersebut tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, yang akan anda lakukan adalah

A.    Menanggapi pertanyaan dari siapapun tentang isu isu tersebut

B.     Saya akan berusaha menemukan penyebar isu itu dan membuat perhitungan dengannya

C.     Saya akan membiarkannya saja karena nanti juga akan hilang dengan sendirinya

D.    Berusaha menjelaskan keadaaan yang sebenarnya 

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

10.  Jika jadwal yang biasa anda lakukan diubah, apa yang akan anda lakukan...

A.    Biasa saja dan melakukannya

B.     Merasa tertantang, bersemangat dan segera menyesuaikan diri

C.     Marah dan mengeluh

D.    Panik dan merasa gelisah

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

11.  Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan, maka sebagai pemimpin saya.. 

A.    Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak

B.     Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika diperlukan

C.     Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika situasi memungkinkan

D.    Mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja dengan baik

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

12.  Ketika saya menjadi panitia kegiatan sekolah, saya akan menggalang dana dengan cara...

A.    Menggerakkan teman-teman untuk mencari dana

B.     Mencari sponsor yang mendukung keberhasilan acara

C.     Mengajukan proposal kegiatan sekolah

D.    Menghubungi sponsor yang sudah saya kenal

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

13.  Dalam kaitannya dengan perubahan, saya dinilai sebagai seorang yang ...

A.    Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru

B.     Butuh waktu untuk bergaul secara akrab dengan orang lain

C.     Mempunyai keinginan tinggi untuk mengetahui kegiatan orang lain

D.    Cenderung kurang adaptif terhadap perubahan

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

14.  Anda sedang mengemudi kendaraan, tiba-liba handphone anda berdering, apa yang akan anda lakukan....

A.    Menepi untuk mengangkat handphone

B.     Menyuruh rekan yang disamping anda untuk mengangkatnya

C.     Membiarkannya saja sampai ke tempat tujuan

D.    Mematikan handphone karena menganggu konsentrasi saat berkendara

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

15.  Demi kelancaran acara esok hari, divisi saya diminta kerja lembur, padahal saya sudah berjanji untuk mengantar ibu saya ke dokter. Yang seharusnya saya lakukan adalah....

A.    Pulang dan teman-teman tidak mengetahuinya

B.     Pulang lebih cepat dengan pura-pura sakit

C.     Mencoba menghubungi ibu saya dan mengatakan saya akan sedikit terlambat

D.    Meminta izin kepada atasan untuk Mengantar ibu saya sebentar lalu kembali kerja

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

16.  Di kantor anda, anda menemukan beberapa inventaris kantor yang rusak dan hanya anda yang mengetahuinya. Bagaimana sikap anda?

A.    Saya diam saja, karena saya bisa dituduh sebagai pelaku kalau melapor

B.     Saya akan memberitahu rekan saya

C.     Saya selidiki siapa yang melakukan pengerusakan itu

D.    Melapor ke bagian perlengkapan agar ditindaklanjuti

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

17.  Anda adalah seorang karyawan yang membawahi bagian keuangan, namun pada saat ada penurunan upah anda diprotes oleh karyawan-karyawan tepat di depan ruang anda karena dikira anda yang berusaha untuk menurunkan upah mereka, maka sikap anda adalah....

A.    Saya akan menjelaskan kepada mereka dan mengajak mereka berbicara jika bukan karena saya penurunan upah itu terjadi

B.     Saya akan melaporkannya kepada polisi karena memang sangat mengganggu saya

C.     Saya akan melaporkan kepada atasan yang berada di luar kota

D.    Saya akan mengajak mereka protes kepada atasan agar upah mereka dinaikkan lagi

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

18.  Sebagai direktur utama anda ketika menyampaikan informasi yang sangat penting kepada jajaran anda maupun karyawan anda, sikap yang benar adalah...

A.    Memberikan informasi yang bersifat intervensi agar semua paham

B.     Memberikan informasi yang lantang dan penuh teka-teki

C.     Menyampaikan informasi yang mudah dipahami dengan kata yang baik

D.    Menyampaikan informasi secara diam-diam karena ini rahasia

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

19.  Tak jarang atasan memarahi bawahannya untuk suatu hal kesalahan yang memang tidak dilakukan oleh karyawannya. Sikap anda pada saat mengetahui hal ini adalah ...

A.    Saya akan menegur atasan, sebab semua sudah diatur dalam SOP tentang tanggung jawab dan konsekuensi jika tidak menjalankan kewajiban

B.     Saya akan memarahinya karena beliau sangat tidak profesional

C.     Saya akan menasehatinya, karena hal ini merupakan hal yang baik menurut saya

D.    Saya berusaha membuat teman saya sebab hal ini tenang akan menyebabkan kerusuhan

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

20.  Anda adalah orang yang taat peraturan, namun suatu hari anda diajak teman anda untuk membolos bekerja sebab ini adalah wujud protes para karyawan terhadap kebijakan perusahaan yang menguntungkan satu belah pihak, sikap anda adalah...

A.    Tentunya saya akan ikut rekan kerja saya, karena mereka adalah sahabat baik saya

B.     Saya akan menghindarinya karena saya takut dipecat

C.     Saya akan menolaknya karena ada tanggung jawab yang harus saya selesaikan

D.    Saya akan melihat sejauh mana mereka bisa mengajak saya hal ini

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

21.  Ketika anda adalah seorang pimpinan yang membawahi karyawan yang dituduh sebagai seorang pencuri, maka sikap anda adalah...

A.    Saya akan langsung memecatnya karena akan merusak citra perusahaan

B.     Saya akan mempertimbangkannya dulu sebab dia anak yang good looking yang bisa membawa perusahaan mendapatkan citra yang baik

C.     Saya akan mencari kebenarannya dulu lalu saya mengambil keputusan

D.    Saya tidak segan-segan membuat keluarganya malu sebab ia sudah mempermalukan perusahaan

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

22.  Sebagai teller bank anda mendapati nasabah yang membentak anda karena anda kurang teliti dalam menghitung uang yang nasabah ambil, maka sikap anda adalah...

A.    Membentak kembali karena saya merasa dipermalukan

B.     Saya akan menangis dan mencari perhatian orang disekitar saya

C.     Saya akan meminta maaf terhadap nasabah tersebut dan segera mengajukan resign

D.    Saya tetap akan melayani dengan baik dan meminta maaf memang kesalahan saya

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

23.  Anda adalah seorang pegawai perusahaan yang terkenal sangat perfeksionis, anda mendapati satu kesalahan terhadap apa yang anda kerjakan, maka sikap anda adalah...

A.    Saya akan lapor kepada atasan bahwa kesalahan itu bukan karena saya

B.     Saya akan menjaga agar kesalahan ini tidak diketahui siapapun

C.     Saya akan mempertimbangkan permasalahan ini agar diketahui semua orang

D.    Saya akan mengakui dan memperbaiki kesalahan saya terhadap tugas yang sudah diberikan kepada saya

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

24.  Ketika anda diminta rekan anda untuk menjadi bendahara arisan,maka sikap anda adalah...

A.    Menolaknya,karena saya tidak bisa membawa uang

B.     Saya akan memerima kepercayaan itu

C.     Saya akan menerima dan menggunakan uangnya untuk keperluan pribadi

D.    Saya akan mempertimbangkan hal tersebut karena saya akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadikan uang pinjaman

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

25.  Ketika anda dituntut untuk datang tepat waktu dalam rapat, maka sikap anda adalah....

A.    Mengabaikannya sebab mereka tidak tahu tentang pekerjaan saya dirumah

B.     Saya akan mempertimbangkannya karena saya juga ribut dirumah

C.     Saya tidak menghiraukan sebab mereka tidak memberikan contoh

D.    Saya akan datang tepat waktu

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

26.  Sebagai pimpinan rapat anda melihat anggota rapat anda tertidur karena memang kelelahan maka sikap anda adalah ...

A.    Membiarkan saja karena memang benar-benar kelelahan

B.     Saya akan menegurnya karena tindakan ini akan memicu yang lain

C.     Saya akan memberikan hukuman yang setimpal

D.    Saya akan memantaunya terus menerus sampai kapan ia tertidur

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

27.  Sebagai atasan menghadapi anak buah yang seringkali bermain hp saat bekerja adalah...

A.    Mendukung hal tersebut karena jaman sekarang memang seperti itu

B.     Saya akan membuat peraturan dalam penggunaan hp

C.     Saya akan mengurangi upahnya

D.    Tentu saja saya mendukung hal tersebut sebab takut dia ketinggalan jaman

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

28.  Saya mendapatkan amanah untuk mengambil keputusan,maka sikap saya adalah...

A.    Saya akan mengambil keputusan karena ini sangat urgent

B.     Saya akan menolaknya mengambil keputusan, karena ini sangat beresiko untuk saya

C.     Saya mungkin akan mengambil keputusan yang menguntungkan diri saya sendiri

D.    Sepertinya saya akan menghindari amanah ini karena akan menyebabkan konflik dengan rekan sejawat saya

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

29.  Ketika atasan saya meminta untuk ikut pengembangan diri dalam pelatihan, maka saya akan...

A.    Menolaknya, sebab itu bukan tanggungjawab saya

B.     Akan mempertimbangkannya karena takut itu merugikan saya

C.     Saya akan mencoba hal itu asal mendapatkan honor yang tinggi

D.    Saya akan menerimanya mengembangkan diri saya

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

30.  Sebagai anggota tim, ketika seorang ketua memberikan tugas. Maka sikap kita adalah...

A.    Saya akan mempertimbangkan hal tersebut karena bukan tugas saya

B.     Saya tidak mau tau yang penting tugas saya selesai

C.     Mungkin saja saya akan menerimanya tetapi bisa saja saya menolaknya

D.    Saya dan tim akan berusaha mengerjakan tugas itu dengan baik

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

31.  Rekan kerja Anda baru saja mendapat teguran dari atasan karena tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dan banyak kesalahan yang dibuatnya. Sebagai rekan kerjanya, hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah..

A.    Memberinya semangat kepadanya agar tidak terlalu sedih dengan mengajaknya makan agar terhibur

B.     Membantu menyelesaikan tugas karena Anda menyadari bahwa pekerjaannya sangat banyak dan butuh bantuan

C.     Mengusulkan untuk membagi waktu penyelesaian pekerjaan agar sesuai dengan deadline dan lebih berhati-hati

D.    Menemui atasan dan mengatakan bahwa sebaiknya pekerjaan rekan diberikan saja pada saya

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

32.  Suatu hari Anda diberi tugas oleh atasan mengerjakan sesuatu secara mendadak dengan bahan-bahan yang terbatas pula. Hal yang akan Anda lakukan adalah.....

A.    Menolak tugas tersebut dengan dalih mengerjakan tugas lainnya

B.     Mengerjakan tugas tersebut sebisanya dengan bahan seadanya

C.     Berusaha mengerjakan tugas tersebut secara maksimal dengan memanfaatkan media yang tersedia di rumah

D.    Mengerjakan tugas tersebut dengan baik dengan mencari media yang terbaik pula

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

33.  Bila jadwal bekerja yang biasa Anda lakukan berubah apa yang harus Anda lakukan..

A.    Bekerja lebih keras lagi karena perubahan itu suatu yang tidak mungkin dihindari

B.     Tertantang, semangat dan segera menyesuaikan diri dengan perubahan

C.     Biasa saja melakukan pekerjaan seperti biasanya dan kita harus siap dalam perubahan

D.    Bekerja seperti biasanya sambil sedikit sedikit menyesuaikan dengan perubahan

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

34.  Pendidikan telah menjadi sebuah kebutuhan bagi umat manusia, tanpa pendidikan kita bagai hidup tanpa arah. Jika anda memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, maka anda akan memilih untuk melanjutkan pendidikan yang...

A.    Dekat dengan tempat kerja

B.     Dekat dengan tempat tinggal

C.     Terkenal

D.    Berkualitas

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

35.  Saat Anda tidak dapat mengerjakan tugas tepat waktu biasanya Anda akan..

A.    Mencari alasan terbaik supaya terhindari dari kemarahan atasan

B.     Menjelaskan alasan keterlambatan dan meminta maaf kepada atasan

C.     Meminta bantuan teman untuk menyelesaikannya

D.    Tidak masuk kerja pada hari deadline

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

36.  Saya tiba-tiba mendapat tugas ke luar kota sampai dengan bulan depan. Padahal saya belum membuat laporan kerja bulanan. Saya akan...

A.    Membuat laporan kerja bulanan setelah pulang dari tugas keluar kota

B.     Menyelesaikan laporan kerja bulanan sebelum berangkat tugas

C.     Meminta bantuan teman untuk mengerjakan laporan kerja bulanan

D.    Meminta pertimbangan atasan

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

37.  Apakah Anda akan tetap memperdebatkan sesuatu, padahal kelompok Anda jelas-jelas tidak menyetujuinya...

A.    Saya akan tetap mempertahankan pendapat saya

B.     Saya akan menyimak pendapat lain terlebih dahulu 

C.     Saya akan berpikir ulang dan mencari jalan tengah

D.    Saya akan mengumpulkan teman terlebih dahulu untuk menyuarakan pendapat saya

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

38.  Ada yang mengatakan bahwa tidak semua orang yang berpendidikan tinggi mendapatkan pekerjaan, sehingga banyak anak-anak yang tidak termotivasi untuk menerima pendidikan tinggi. Maka Anda akan ...

A.    Tetap ingin memiliki pendidikan yang tinggi

B.     Mengurungkan niat untuk memperoleh pendidikan tinggi

C.     Biasa saja

D.    Menganggapnya sebatas isu saja

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

39.  Ada kebijakan bahwa setiap ASN hams divaksin covid-19, namun sebelum vaksinasi tersebar kabar di media sosial bahwa ada PNS yang sudah divaksin lebih dulu dan mendadak mengalami kelumpuhan. Ada sedikit rasa khawatir, menyikapi hal tersebut maka ....

A.    Menolak divaksin dengan memberi bukti berita yang tersebar di media sosial

B.     Memilih mencari tahu berita tentang dampak vaksin di media sosial agar bisa antisipasi

C.     Berusaha tenang dan tidak mudah menelan mentah-mentah berita yang belum ada kejelasan serta tetap mendukung vaksinasi sebagai upaya pencegahan covid-19

D.    Memilih untuk divaksin karena takut akan sanksi meski tidak sepenuh hati

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

40.  Anda tidak diterima di perusahaan yang anda inginkan. Istri anda meminta pada anda agar melamar ke perusahaan lain. Maka yang akan anda lakukan adalah...

A.    Mencoba lagi kalau ada kesempatan

B.     Mengikuti pelatihan agar dapat diterima

C.     Melamar kerja dimana saja asal dapat pekerjaan

D.    Mencoba lagi nanti dengan bidang yang sama namun di perusahaan berbeda

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

41.  Hari ini adalah hari saat semua pekerjaan tim harus selesai. Namun salah satu anggota anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaanya karena waktunya tersita kerena ada masalah pribadi yang mendesak. Apa yang anda lakukan sebagai pemimpin

A.    Meminta bantuan anggota tim lainnya untuk menyelesaikan pekerjaan agar bisa selesai hari ini

B.     Menegur dan memberi peringatan kepada anggota tim yang terlambat

C.     Menasehatinya dan mempersilahkan anggota tim yang terlambat tersebut menyelesaikan pekerjaanya hari ini

D.    Memindahkan anggota tim yang terlambat kebagian lain yang sesuaidengan kemampuanya

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

42.  Ketika Anda sudah berjanji pada anak Anda untuk mengajaknya jalan ke suatu tempat bermain sepulang kantor, namun ternyata Anda diharuskan lembur untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan Anda. Sikap Anda ....

A.    Menolak perintah atasan karena sudah berjanji kepada anak

B.     Menelpon anak Anda mengutarakan akan mengajak bermain di lain kesempatan kerana Anda harus lembur

C.     Menelpon anak meminta maaf karena tidak bisa menepati janji dan sepulang kerja membawakan makanan kesukaanya

D.    Mengajak anak setelah pulang kerja meski sudah larut malam dan memilih tempat lain yang masih buka

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

43.  Dalam dunia kerja, Anda akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Terkadang ada orang yang cuek dan tidak mau tau, ada juga yang sangat aktif mengkritik dan menyuarakan pendapatnya terhadap anda, sikap anda?

A.    Bersifat terbuka terhadap kritik atau masukkan

B.     Menjadikan kritikan sebagai masukan yang membangun agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi

C.     Saya jadikan kritikan sebagai bahan evaluasi diri

D.    Berusaha menerima setiap kritikan yang dilontarkan untuk anda

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

44.  Anda ditugaskan di daerah yang punya kebudayaan berbeda dengan anda, teman satu tim juga pun latar belakang yang berbeda dengan anda. Lalu sikap anda?

A.    Berusaha memahami perbedaan tersebut

B.     Tidak memandang perbedaan dalam mengerjakan tugas

C.     Biasa saja karena perbedaan itu pasti ada di setiap kelompok

D.    Mencoba berbaur agar perbedaan tidak menjadi masalah di dalam kelompok

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

45.  Kita hidup di negara yang memiliki ragam kepercayaan, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda Di perusahaan anda sendiri terdiri dari orang orang yang berbeda latar belakang, banyak karyawan muslim yang mengeluhkan sulitnya beribadah karena ketersediaan tempat atau pada jam untuk beribadah mereka harus tetap bekerja, sikap anda?

A.    Akan memfasilitasi tempat untuk beribadah mereka di lingkungan perusahaan

B.     Mendiskusikan hal ini dengan jajaran pimpinan dan pemilik perusahaan untuk dicari solusinya

C.     Karena pemilik perusahaan seorang non muslim, maka itu sudah menjadi aturan yang harus dipatuhi karyawan

D.    Memberikan kebijakan yang bersifat toleran kepada karyawan

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

46.  Terjadi evaluasi perubahan jam kerja dari 6 hari kerja menjadi 5 hari kerja. Agar pekerjaan tetap dapat terselesaikan hal yang perlu anda perhatikan sebagai pemimpin adalah?

A.    Menjalani perubahan jam kerja tersebut. Jika tidak berhasil memberi usulan agar dikembalikan ke aturan 6 hari kerja

B.     Pengaturan mengenai jam kerja yang lebih efektif

C.     Memberikan koordinasi pada karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat 

D.    Menjalani perubahan jam kerja tersebut penuh suka cita

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

47.  Apakah Anda bersikeras agar orang tugas lain melakukan pembagian secara adil?

A.    Tergantung hal tersebut dapat ditoleransi atau tidak?.

B.     Jelas, karena kedalilan adalah utama dan mutlak.

C.     Tidak masalah jika kedua belah pihak puas walaupun bukan dalam posisi adil. 

D.    Tidak masalah walaupun tidak adil, proporsinya cukup dan dapat berjalan dengan baik.

E.     Jelas, karena keadilan adalah yang utama.

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

48.  Dengan dana terbatas Anda diminta oleh atasan untuk mengadakan kegiatan di kantor. Beberapa pendahulu anda tidak berhasil melaksanakan kegiatan tersebut, karena adanya Right Budget Policy. Bagaimana reaksi Anda ketika menerima tugas tersebut?....

A.    Menolak tugas tersebut karena dirasa mustahil untukdilaksanakan.

B.     Menerima tugas tersebut dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi.

C.     Menolak tugas dengan mengemukakan kekurangan-kekurangan diri, dan meminta atasan untuk menugaskan kepada orang lain.

D.    Menerima tugastersebutkemudian mengajak rekan-rekan kerja untuk mendiskusikan berbagai alternatif cara menyelesaikan tugas tersebut.

E.     Menerimatugastersebutkemudian mencoba menyelesaikannya sendiri.

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

49.  Draft laporan yang dibuat oleh tim kerja saya ditolak oleh atasan karena dianggap kurang layak. Sikap saya adalah...

A.    Segera melakukan perbaikan draft laporan tersebut dan mengajukan kembali.

B.     Menyalahkan rekan sejawat yang sama-sama mengerjakannya.

C.     Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut.

D.    Berusaha mencari alasan seperti sedikitnya waktu untuk mengerjakannya.

E.     Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki.

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

50.  Salah satu fungsi organisasi adalah...

A.    Adanya tanggung jawab yang sinergi antara masing-masing bagian dalam perusahaan.

B.     Membagi pekerjaan, menetapkan tugas dan tanggung jawab.

C.     Membentuk susunan jabatan dan peranan.

D.    Adanya pendelegasian wewenang dari manajemen puncak kepada manajemen pelaksana.

E.     Adanya pembagian kekuasaan antar masing-masing departemen.

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

51.  Seandainya Anda mendapatkan kepercayaan dari pimpinan yang Anda tahu akan memecah belah kerjasama kelompok yang telah terbentuk. Bagaimana pendapat Anda tentang ini?

A.    Pimpinan pasti memiliki pertimbangan yang bijaksana atas kebijaksanaannya.

B.     Kepercayaan dari pimpinan harus dihargai dan dijunjung tinggi.

C.     Situasi seperti itu harus dihindari sebisa mungkin.

D.    Kelompok perlu diajak untuk menghormati dan menjunjung tinggi keputusan pimpinan.

E.     Pimpinan perlu dibantu untuk memahami adanya kerjasama yang baik antara stafnya.

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

52.  Si A, teman kantor Anda harus menyelesaikan laporan yang sangat penting dan berkaitan dengan pengambilan keputusan mengenai shift untuk satu bulan ke depan pada hari ini. Padahal 10 menit lagi jam kantor akan berakhir. Ketika menghadapi situasi seperti Si A, yang akan saya lakukan adalah....

A.    Tetap fokus menyelesaikan laporan secara maksimal, bila perlu melampaui jam kerja.

B.     Mengalihkan pengambilan keputusan pada shift baru.

C.     Menyelesaikan masalah secepat mungkin, karena menunjukkan komitmen bekerja.

D.    Menyelesaikan laporan sesegera mungkin, agar bisa segera beristirahat.

E.     Bila memang tidak mampu, mempercayakan pada teman yang lain.

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

53.  Anda dan tim diberikan tugas baru oleh pimpinan, namun semua anggota tim belum memahami maksud dan cara mengerjakan tugas baru tersebut. Maka sikap anda....

A.    Meyakini bahwa para anggota tim juga dapat belajar sendiri untuk memahami cara menyelesaikan tugas baru tersebut.

B.     Mempelajari tugas tersebut, kemudian membagi pengetahuan saya kepada anggota tim.

C.     Meminta bantuan rekan kerja yang paling mahir untuk mempelajari tugas tersebut, kemudian menjelaskannya pada semua anggota tim.

D.    Mengerjakan bersama-sama tugas tersebut sesuai dengan pemahaman tim, bila ada kesulitan, maka akan mengupayakannya pula secara bersama-sama.

E.     Pimpinan yang memberikan tugas, sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu bagaimana mengerjakan tugas tersebut sebaik-baiknya.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

54.  Anda ditunjuk menjadi seorang pemimpin pada sebuah tim dari berbagai lulusan Perguruan Tinggi terkemuka. Akhir-akhir ini tim anda mendapatkan banyak tugas dengan deadline yang singkat, akan tetapi tim anda selalu berhasil menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan hasil yang memuaskan. Banyak yang menilai jika kinerja tim anda sangat bagus. Menurut anda apa penyebabnya....

A.    Seluruh anggota tim bekerja dengan disiplin dan profesional dalam menyelesaikan tugas.

B.     Semua anggota tim menjiwai tujuan tim.

C.     Anggota tim masing masing mempunyai potensi yang bagus di setiap bidangnya.

D.    Kekompakan, bermusyawarah, mufakat dalam bekerja.

E.     Motivasi yang bagus kepada seluruh anggota tim.

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

55.  Teknologi informasi sangat bermanfaat untuk mempermudah penyampaian informasi di perusahaan anda, tetapi disamping manfaat ternyata juga banyak hal negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan teknologi informasi tersebut. Salah satunya dapat disalahgunakan oleh karyawan untuk hal-hal yang bertentangan dengan tujuan perusahaan, hal ini tentu akan memberikan dampak yang buruk pada perusahaan anda jika dibiarkan begitu saja. Sikap anda sebagai seorang pimpinan....

A.    Mempelajari teknologi informasi tersebut kemudian menerapkan pada perusahaan.

B.     Menerapkan pada perusahaan untuk memudahkan komunikasi dan informasi antara departemen.

C.     Membuat batasan-batasan pada teknologi informasi tersebut agar tidak disalah gunakan kemudian menerapkannya pada perusahaan.

D.    Akan mempelajari, membuat batasan-batasan kemudian menerapkan pada perusahaan.

E.     Mencari informasi tentang cara penggunaan teknologi informasi tersebut dan bagaimana membuat batasan dan menerapkan pada perusahaan.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

56.  Berikut ini adalah empat pilar pengorganisasian, kecuali...

A.    pembagian kerja

B.     pengelompokkan pekerjaan

C.     penentuan relasi antar bagian dalam organisasi

D.    manajemen *)

E.     koordinasi

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

57.  Dapat menjalani hubungan baik antar anggota organisasi, struktur anggota dapat mengetahui tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, spesialisasi dalam melakukan tugas. Merupakan manfaat ..

A.    Coordinating

B.     Planning

C.     Organizing

D.    Actuating

E.     Controlling

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

58.  Gaya kepemimpinan yang diajukan oleh Likert dikelompokkan ke dalam empat sistem, salah satunya adalah manajer yang memiliki tipe sangat otoriter, mempunyai kepercayaan yang rendah terhadap bawahannya, memotivasi bawahannya melalui ancaman atau hukuman, namunkadang-kadang melalui balasan (reward), komunikasi yang dilakukan satu arah (ke bawah atau topdown), dan membatasi pengambilan keputusan hanya untuk manajer. Gaya kepemimpinan ini disebut gaya kepemimpinan..

A.    Exploitative

B.     Exploitative - Authoritative

C.     Benevolent - Authoritative

D.    Consultative

E.     Participative

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

59.  60. Seorang manajer atau pengambil keputusan akan memulai dengan menerapkan 5W + 1H. Tindakan tersebut termasuk dalam fungsi...

A.    pengarahan

B.     perencanaan

C.     pengorganisasian

D.    pengkoordinasian

E.     pengendalian

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

60.  Menurut pendapat Henry Fayol, jika bawahan mendapatkan tugas yang berbeda dari banyak atasan atau pimpinan, maka bawahan tersebut akan mengalami kesulitan dalam menentukan mana yang harus dilaksanakan. Untuk mengatasi masalah ini, maka prinsip umum yang seharusnya diterapkan perusahaan yaitu...

A.    Musyawarah

B.     Tata tertib

C.     Kesatuan komando

D.    Otoritas dan tanggungjawab

E.     Sentralisasi dan desentralisasi

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

61.  Pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja (PHK), dengan sumber daya manusia merupakan fungsi dari...

A.    Manajemen Administrasi

B.     Manajemen Produk

C.     Manajemen Keuangan

D.    Manajemen Pemasaran

E.     Manajemen Personalia

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

62.  63. Tindakan memantau kinerja atau tindakan membandingkan hasil-hasil dengan tujuan, serta tindakan mengadakan perbaikan, proses pengumpulan dan penafsiran umpan balik kinerja sebagai dasar tindakan konstruktif dan perbaikan-perbaikan bila dipandang perlu, merupakan pengertian dari fungsi manajemen...

A.    Organizing

B.     Coordinating

C.     Actuating

D.    Controlling

E.     Planning

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

63.  64. Pendekatan rasional yang sering digunakan oleh seorang manajer untuk pengambilan keputusan, yaitu

A.    Model klasik, administratif, politik

B.     Model klasik, politik, modern

C.     Model partisipatif, demokratis, otoriter

D.    Model demokratis, otoriter, personal

E.     Model bebas, terikat, administratif

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

64.  Di bawah ini adalah kegiatankegiatan yang dilakukan pada sebuah perusahaan:

                      i.     mengontrol mesin produksi.

                     ii.     memanggil anak buah yang tidak masuk kerja.

                   iii.     mendata karyawan yang mempunyai prestasi bagus untuk dipromosikan jabatannya.

                   iv.     menangani penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa hingga memberikan pelayanan purna jual.

 

65.  Berdasarkan pernyataan di atas, yang bertugas di manajemen sumber daya manusia adalah nomor ....

A.    (1) dan (2)

B.     (2) dan (3)

C.     (3) dan (4)

D.    (1) dan (4)

E.     (2) dan (4)

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

66.  66. Pendekatan manajemen menekankan saling ketergantungan bagian-bagian organisasi sebagai keseluruhan dan sebagai bagian lingkungan eksternal yang lebih luas, adalah pendekatan ...

A.    perilaku

B.     kualitatif

C.     sistem

D.    contingency

E.     kuantitatif

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

67.  Peter F. Drucker (1976) berpendapat bahwa prestasi seorang manajer dapat diukur berdasarkan dua konsep,yaitu...

A.    hasil dan evaluasi

B.     Efisiensi dan efektivitas

C.     Tujuan dan sistem

D.    Aktivitas dan pengawasan

E.     Prioritas dan kinerja

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

68.  68. Yang merupakan fungsi manajemen administrasi adalah....

A.    Memotivasi karyawan

B.     Berkomunikasi dengan karyawan

C.     Mengarahkan karyawan

D.    Menentukan perencanaan

E.     Mengawasi pekerjaan 

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

69.  69. Rangkaian kegiatan untuk memberikan petunjuk atau instruksi dari seorang atasan kepada bawahan adalah proses...

A.    Aktivitas

B.     Pengarahan

C.     Pemberian fasilitas

D.    Pengawasan

E.     Evaluasi

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

70.  Menentukan sumber dana yang diperlukan, mengalokasikan sumber keuangan yang ada pada segala aktivitas perusahaan atau penyusunan anggaran pengeluaran, dan melakukan pengawasan terhadap penggunaan dan pemanfaatan keuangan, merupakan langkah yang ditempuh oleh manajemen ...

A.    Personalia

B.     Produksi

C.     Keuangan

D.    Pemasaran

E.     Administrasi

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

71.  Manajer yang bertanggung jawab hanya pada satu aktivitas organisasi saja disebut dengan....

A.    Manajer fungsional

B.     Manajer spesial

C.     Manajer umum

D.    Manajer tingkat bawah

E.     Manajer tingkat menengah

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

72.  Ada enam sumber daya yang dikoordinasikan oleh manajemen yang sering disebut dengan 6M. Berikut ini yang tidak termasuk dalam 6M adalah....

A.    Man

B.     Machine

C.     Methods

D.    Mighty

E.     Material

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

73.  Yang termasuk peran manajer sebagai peran interpersonal adalah...

A.    sebagai monitor

B.     sebagai juru bicara 

C.     sebagai penyelesai gangguan

D.    sebagai pemimpin

E.     sebagai pembagi sumber daya

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

74.  Organisasi garis adalah organisasi di mana wewenang pimpinan langsung ditujukan pada bawahan. Berikut ini yang termasuk kelemahan organisasi garis adalah....

A.    adanya kesatuan komando

B.     penerapan prinsip the right man on the right place

C.     maju mundurnya organisasi berada di tangan satu orang

D.    adanya sistem demokrasi

E.     kemampuan dan sifat karyawan mudah diketahui

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

75.  Yang tidak termasuk dalam ciri-ciri organisasi fungsional adalah...

A.    terdapat pemisahan yang tegas dalam pemberian tugas

B.     pelaksanaan tugas membutuhkan banyak koordinasi

C.     pembagian unit-unit organisasi didasarkan atas spesialisasi tugas

D.    Bawahan memiliki beberapa orang atasan.

E.     terdapat dua kelompok wewenang, yaitu lini dan fungsional

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

76.  Di dalam manajemen, yang merupakan kegiatan dalam fungsi pengorganisasian adalah....

A.    menetapkan tujuan dan target yang akan dicapai.

B.     merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target.

C.     menentukan sumber daya yang diperlukan.

D.    menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan.

E.     mengkombinasikan berbagai macam sumber daya manusia dan alam menjadi suatu keseluruhan yang berarti.

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

77.  Suatu hari Anda mendapatkan sebuah tugas dari manajer perusahaan. Akan tetapi menurut Anda deskripsi tugas yang diberikan berlawanan dengan aturan perusahaan. Sikap Anda...

A.    Mengerjakan tugas tersebut tanpa berpanjang kalam

B.     Memastikan kembali tugas tersebut sebelum mengerjakannya

C.     Tidak akan mengerjakannya sebab bertentangan dengan aturan perusahaan

D.    Menunggu pimpinan mengubah keputusannya

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

78.  78. Saat sedang asik bekerja ketua tim meminta Anda untuk mengerjakan sebuah tugas. Tugas tersebut bukan merupakan tugas Anda melainkan tugasnya. Sikap Anda...

A.    Langsung mengerjakannya agar ketua tim senang

B.     Tidak ada salahnya untuk membantu atasan

C.     Tidak ingin mengerjakan tugas tersebut sebab saya memiliki tugas juga

D.    Menolak tugas tersebut dengan sopan dan mengerjakan pekerjaan saya sendiri

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

79.  Anda merasa senang sebab pekerjaan Anda telah selesai. Akan tetapi atasan meminta Anda mengerjakan sebuah tugas. Saat itu hari sudah sore dan jam pulang kantor akan berakhir sekitar satu jam lagi. Sikap Anda...

A.    Langsung mengerjakannya agar atasan senang.

B.     Saya membantunya dengan maksimal hingga jam kantor berakhir.

C.     Tidak ada salahnya untuk membantu atasan.

D.    Saya kira dengan membantunya akan memudahkan saya untuk naik jabatan.

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

80.  80. Anda adalah seorang pimpinan perusahaan. Suatu hari Anda memberikan beberapa tugas melalui sekertaris. Akan tetapi saat tugas dikumpulkan Anda melihat hasil para karyawan tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Tindakan Anda...

A.    Meminta mereka merevisi kembali

B.     Menemukan titik masalahnya

C.     Meminta sekertaris menjelaskan ulang

D.    Meminta sekertaris bertanggung jawab

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

81.  81. Anda baru saja pindah kerja. Alasannya sebab perusahaan Anda saat ini menjanjikan gaji yang lebih tinggi dengan posisi jabatan yang sama, Setelah Anda membaca rincian tugasnya Anda menyimpulkan bahwa pekerjaan Anda saat ini lebih berat, Tindakan Anda ...

A.    Gaji yang besar sesuai dengan pekerjaan yang berat

B.     Saya akan coba beberapa minggu sebelum mengambil keputusan

C.     Mengundurkan diri dan mencari pekerjaan yang lebih ringan sesuai kemampuan saya

D.    Tetap bekerja dan memberikan kinerja maksimal

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

82.  Anda memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun di 3 perusahaan. Saat ini Anda baru saja diterima di perusahaan keempat. Anda berpendapat bahwa jobdes Anda saat ini adalah yang paling berat. Tindakan Anda...

A.    Saya akan meminta gaji yang lebih tinggi

B.     Saya akan tetap bekerja

C.     Saya akan mencari perusahaan lain

D.    Saya tidak mungkin melakukan hal tersebut

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

83.  Anda diterima di sebuah perusahaan. Saat hari pertama, Anda merasa kurang akrab dengan karyawan lainnya. Bahkan beberapa dari mereka sering meminta bantuan Anda seolah mereka sedang mengerjai Anda, seminggu kemudian, Anda mengetahui bahwa salah seorang manager disana adalah sepupu Anda. Tindakan Anda...

A.    Melaporkan Tindakan mereka kepada sepupu saya

B.     Saya berharap sepupu saya dapat mengeluarkan kebijakan yang baik

C.     Saya malu untuk menegurnya

D.    Saya akan mengajukan saran kepadanya agar tidak terjadi perundungan

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

84.  Suatu hari, Anda hendak mencetak beberapa perangkat belajar di Sekolah. Akan tetapi, tiba-tiba mesin printer rusak sebelum Anda selesai mencetak seluruh perangkat pembelajaran. Reaksi Anda adalah...

A.    Saya diam saja dan memilih melanjutkannya di tempat lain karana takut dituduh sebagai pelaku dan dimintai ganti rugi

B.     Saya segera melapor ke bagian IT agar kerusakan printer dapat diperbaiki

C.     Saya akan memeberitahukannya nanti setelah pekerjaan saya selesai

D.    Saya mengganti perangkat pembelajaran

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

85.  Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?

A.    Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.

B.     Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan.

C.     Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.

D.    Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran

E.     Tidak setuju, karena televisi menjadikan anak menjadi konsumtif karena mudah terpengaruh "rayuan" iklan.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

86.  Ketika saya mengingkari janji pada seseorang, yang saya rasakan adalah....

A.    Tidak terpikirkan jika saya telah ingkar janji.

B.     Merasa tenang saja karena bukan suatu masalah yang besar.

C.     Merasa bersalah pada orang yang bersangkutan.

D.    Merasa malu pada diri sendiri.

E.     Merasa takut dipersalahkan oleh orang yang bersangkutan.

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

87.  Kita hidup di Indonesia, negara yang notabene memiliki ragam kepercayaan, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda. Di perusahaan tempat anda bekerja, terdiri dari orang-orang yang berbeda latar belakang. Belakangan banyak karyawan muslim yang mengeluhkan sulitnya melakukan ibadah karena ketersediaan tempat atau waktu yang sulit di sela-sela jam kerja, sikap anda....

A.    Akan memfasilitasi tempat untuk beribadah mereka di lingkungan perusahaan

B.     Mendiskusikan hal ini dengan jajaran pimpinan dan pemilik perusahaan untuk dicari solusinya.

C.     Karena pemilik perusahaan seorang non muslim, maka itu sudah menjadi aturan yang harus dipatuhi karyawan.

D.    Memberikan kebijakan yang bersifat toleran kepada karyawan.

E.     Bersifat toleran dan menyediakan semua fasilitas ibadah karyawan.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

60 Soal Sosial Kultural PPPK Semua Formasi 2023

Dalam soal sosial kultural PPPK Semua Formasi 2023 terdapat 20 butir soal dengan 5 opsi jawaban, jawaban terbaik mendapatkan nilai 5 dan jawaban terkecil mendapatkan nilai 1, dan apabila tidak menjawab mendapatkan nilai 0, nilai maksimal untuk kompetensi manajerial ini adalah 200, jadi pastikan Anda menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan.

 

1.     Pelaksanaan seleksi CAT PPPK 2023 sebentar lagi akan digelar. Hal tersebut membuat Anda belajar dengan sangat giat. Anda semakin banyak menggali informasi dari berbagai sumber seperti halnya internet. Anda mempercayai setiap informasi yang Anda terima dari berbagai sumber.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

2.     Seorang pelanggan datang dan meminta segera dilayani disebabkan ia terburu-buru. Pekerjaan tersebut bukan tugas Anda akan tetapi rekan Anda yang bertanggung jawab sedang beristirahat dikarenakan kelelahan. Anda membantunya untuk melayani pelanggan tersebut.

A.    Sangat setuju *)

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

 

3.     Anda senang memberikan pendapat saat rapat meskipun kadang orang lain menentang pendapat Anda. Jika hal tersebut terjadi maka Anda akan marah kepada orang yang berbeda pendapat dengan Anda.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

4.     Anda adalah seorang sekertaris direktur. Suatu hari seseorang mencari direktur di saat ia tidak ada. Orang tersebut meminta agar diizinkan menunggu di ruangan direktur. Anda memintanya untuk menunggu di ruang tunggu sambil menikmati kopi.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

5.     Anda memilih untuk makan di tempat yang sepi saat rekan kerja berpuasa untuk menghargai perbedaan keyakinan dengan rekan Anda.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

6.     Di tempat Anda tinggal akan diadakan lomba 17 Agustus. Ketua RT meminta Anda agar tidak memilih panitia lomba yang berbeda agama...

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

7.     Anda akan memprioritaskan orang tua terlebih dahulu dari pada orang sakit dalam antrian

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

8.     Anda akan menghormati orang lain ketika orang lain menghormati anda..

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

9.     Anda kadang merasa marah ketika rekan kerja mendapatkan pekerjaan yang lebih sedikit daripada yang Anda terima..

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

10.  Saya selalu bisa menahan emosi ketika ada yang menolak pendapat saya dalam rapat kantor.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

11.  Pada saat atasan menegur Anda dengan membentak di depan rekan kantor, Anda akan segera mengundurkan diri...

A.    Sangat sesuai

B.     Sesuai

C.     Ragu ragu

D.    Tidak seusai

E.     Sangat tidak sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

12.  Keberagaman tidak akan menjadi masalah selama kita bisa saling menghargai keberagaman dan menjunjung tinggi toleransi.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

13.  Anda akan bersikap toleran dan menghormati mereka ketika banyak anggota tim Anda yang berbeda suku dengan anda...

A.    Sangat Sesuai

B.     Sesuai

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak Sesuai

E.     Sangat Tidak Sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

14.  Saat diperjalanan pulang kerja dari kantor, anda melihat terjadi kecelakaan lalu lintas, ada korban yang meminta tolong untuk membawanya kerumah sakit namun anda tidak berani membantu karena polisi belum datang. Khawatir jika anda membawa korban ke RS maka anda akan dimintai keterangan oleh pihak polisi.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

15.  Anda senang tinggal dalam lingkungan yang suasananya penuh kekeluargaan...

A.    Sangat Sesuai

B.     Sesuai

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak Sesuai

E.     Sangat Tidak Sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

16.  Anda bersikap pasif dan menunggu untuk diajak terlebih dahulu saat bersosialisasi dengan warga masyarakat....

A.    Sangat Sesuai

B.     Sesuai

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak Sesuai

E.     Sangat Tidak Sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

17.  Anda akan menolak pekerjaan yang diberikan atasan ketika hari libur dan melemparkan pekerjaan kepada teman yang lain. Karena selama sepekan Anda sudah bekerja keras di kantor..

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

18.  Saat kondisi pandemic Covid-19 atasan menginstruksikan para stafnya untuk WFH atau bekerja dari rumah. Selama menjalani masa kerja dari rumah maka anda akan bekerja kapanpun anda sempat asalkan target pekerjaan tetap tercapai.

A.    Sangat sesuai

B.     Sesuai

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak sesuai

E.     Sangat tidak sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

19.  Suatu hari anda berlibur ke kampung sahabat anda yang berbeda latar belakang agama dan budaya dengan anda. sahabat anda mengajak mampir ke salah satu warung makan dikampungnya. ia memesan daging babi bakar yang merupakan makanan kesukaannya tetapi terlarang bagi anda, kemudian anda tidak memakannya lalu menanyakan hal lain tentang adat dan kebudayaan dikampungnya agar lebih memahami kebiasaan-kebiasaannya.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

20.  Anda akan bersikap toleran dan menghormati mereka ketika banyak anggota tim anda yang berbeda agama dengan anda...

A.    Sangat Sesuai

B.     Sesuai

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak Sesuai

E.     Sangat Tidak Sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

21.  Anda menyesuaikan keadaan saat berada di lingkungan baru....

A.    Sangat Sesuai

B.     Sesuai

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak Sesuai

E.     Sangat Tidak Sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

22.  Saya langsung memberi hukuman kepada anak buah saya yang datang terlambat ke kantor...

A.    Sangat Sesuai

B.     Sesuai

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak Sesuai

E.     Sangat Tidak Sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

23.  Hari ini saya sedang cuti, namun atasan saya menyuruh saya untuk tetap masuk bekerja dan saya menolaknya serta memberikan usul untuk menyuruh rekan kerja yang lain... 

A.    Sangat Sesuai

B.     Sesuai

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak Sesuai

E.     Sangat Tidak Sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

24.  Sebagai orang yang berbeda ras dengan warga yang ada di sekitar tempat tinggal anda, seharusnya anda berusaha untuk tidak membeda-bedakan ras anda dan tetangga anda, anda harus berusaha untuk menegur sapa jika bertemu

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

25.  Saya berusaha beradaptasi dengan anggota kelompok baru saya, karena berbeda budaya saya berusaha menghargai dan menyesuaikannya, ini tidak mudah bagi saya namun saya tetap berusaha.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

26.  Anda adalah orang yang asli dari suku Jawa tetapi anda juga sangat berteman akrab dengan rekan sejawat ada dari suku Sunda yang memang anda ditugaskan berada di daerah Jawa Barat. Anda sangat menghargai apa yang mereka lakukan begitu juga sebaliknya.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

27.  Ketika saya datang ke upacara adat yang berbeda dengan suku saya, saya tampak senang sekali namun ada beberapa hal yang harus saya hindari yaitu meminum arak yang sangat memabukkan. Ini membuat para tokoh adat sangat menghargai apa yang menjadi keputusan saya.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

28.  Baru saja terdapat kasus yang sangat mempermalukan salah satu organisasi pencak silat di daerah anda. Organisasi ini melakukan tawuran karena organisasi satu dengan organisasi lainnya saling menganggap remeh. Anda sebagai orang awam ikut menyaksikan pertikaian dan memilih untuk kabur karena takut menjadi korban

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

29.  Anda seorang dari pedalaman suku di Papua, ketika Ada orang yang mengklaim tanah anda dari suku yang lain, ada tidak terpancing emosi karena hal itu dapat diselesaikan dengan cara baik yang tidak merugikan satu dengan yang lainnya

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

30.  Ketika ada orang yang mengajak anda gotong royong, anda langsung siap sedia untuk menyukseskan program tersebut tanpa memandang siapa yang mengajaknya, suku apa, agama apa, ras apa. Anda membantu dengan sangat senang hati, demi kebersihan lingkungan tempat tinggal anda

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

31.  Dalam menghadapi sebuah konflik hendaknya kita bersikap tenang, tidak terpancing oleh emosi dari pihak-pihak tertentu. Kita harus melihat segi positif dari apa yang terjadi dan bersikap netral terhadap konflik tersebut

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

32.  Saya selaku ketua RT sering mendapati tetangga-tetangga yang saling berselisih. Saya tidak hanya mendengarkan keterangan dari pihak A saja tetapi juga mendengar keterangan dari pihak B. Saya akan berusaha untuk mengambil keputusan sebijak-bijaknya dalam kasus yang dialami oleh kedua belah pihak.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

33.  Anda bukanlah tipe orang yang banyak mengeluh akan tugas yang anda emban, anda orang yang bisa diandalkan untuk tugas yang memiliki deadline yang sangat mendadak. Anda juga bukan tipe orang yang memiliki rasa iri terhadap pekerjaan teman anda yang lebih sedikit dibandingkan anda

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

34.  Anda sebagai pegawai ASN tetapi tidak pernah mengikuti upacara bendera. Karena anda merasa memiliki ideologi yang berbeda dengan orang lain.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

35.  Anda sebagai guru tentunya memiliki berbagai macam karakter murid. Ada yang ramai sendiri saat diterangkan, ada pula yang diam saat diterangkan. Namun itu semua adalah tantangan anda yang harus dihadapi sebagai guru. Meskipun demikian anda tidak merasa terganggu dengan segala karakteristik peserta didik tersebut, anda begitu sangat memahami dan mengharga perbedaan tersebut.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

36.  Saya mempunyai rekan kerja baru. Orangnya sangat pendiam, tetapi saya tidak berusaha untuk mengajaknya berbicara, sikap acuh saya ini mungkin membuatnya tidak nyaman. Memang di tempat kerja saya orangnya individualis

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

37.  Anda berusaha untuk menjalin kerjasama dengan pihak ketiga, tujuan kejasama ini dengan tujuan agar sekolah yang anda tempati dapat berkembang dengan sangat baik seperti sekolah-sekolah pada umumnya di perkotaan meskipun sekolah anda di pedesaan yang sangat terpencil, jauh dari jangkauan internet

A.    Sangat setuju *)

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

38.  Ketika ada orang yang sangat berbeda prinsip, anda berusaha untuk menggunjingnya. Anda merasa seolah-olah bisa menjadi orang yang lebih baik dari dia. Pada kenyataannya orang yang anda gunjing adalah orang yang sangat berprestasi

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

39.  Saya bisa mengendalikan diri tidak ikut turut campur ketika ada teman sekantor saya berselisih paham tentang perbedaan.....

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

40.  Anda menikah dengan orang yang latar belakang budayanya berbeda sehingga anda membutuhkan waktu cukup lama untuk beradaptasi....

A.    Sangat setuju 

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

41.  Saya tetap berkepala dingin saat rekan saya bersitegang masalah politik di ruang kantor

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

42.  Anda bisa bekerja dalam keadaan tidak nyaman

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tdk setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

43.  Jika ada konflik saya tetap bisa menjaga emosi saya

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tdk setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

44.  Saya bersabar jika teman saya ditempat kerja suka sombong dan memamerkan barang-barang elektronik miliknya

A.    sangat setuju

B.     setuju

C.     ragu-ragu

D.    tidak setuju

E.     sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

45.  Anda kadang merasa marah ketika rekan kerja bagian lain sering mendapatkan honor yang jumlahnya lebih banyak daripada yang Anda terima..

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

46.  Saya bersikap tenang ketika teman saya menceritakan partai politik kebanggaannya.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

47.  Saya selalu bisa menahan emosi ketika ada yang menyanggah pendapat saya.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

48.  Saya merasa lebih mulia dan terpandang di mata masyarakat jika bekerja daripada menganggur

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

49.  Saya tetap tenang saat ada konflik perbedaan upah harian dan upah mingguan

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

50.  Dalam situasi terjadi perdebatan karena perbedaan pendapat, biasanya saya diam dan menahan diri sampai proses perdebatan selesai.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

51.  Anda akan dihargai saat menghargai orang lain.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

52.  Anda berbohong demi kebaikan anda sendiri

A.    Sangat sesuai

B.     Sesuai

C.     Kadang-kadang

D.    Cukup tidak sesuai

E.     Sangat tidak sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

53.  Anda merasa terganggu dengan adanya Tempat Penitipan anak di sekitar tempat tinggal anda.

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

54.  Anda selalu hadir dalam hari raya agama orang lain untuk menjaga keamanan

A.    Sangat sesuai

B.     Sesuai

C.     Kadang-kadang

D.    Cukup tidak sesuai

E.     Sangat tidak sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

55.  Anda tetap bisa bekerja maksimal meskipun ruangan kantor sedang dalam keadaan tidak nyaman...

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

56.  Anda akan menunda cuti liburan Anda ketika mengetahui kantor kekurangan pegawai karena rekan kantor yang beragama nasrani juga mengajukan cuti untuk merayakan Natal..

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

57.  Anda merasa kurang nyaman karena pegawai di lingkungan unit kerja Anda mayoritas berasal dari daerah tertentu..

A.    Sangat setuju

B.     Setuju

C.     Ragu-ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

58.  Saya bersabar jika teman saya ditempat kerja suka sombong dan memamerkan mobil baru miliknya

A.    sangat setuju

B.     setuju

C.     ragu-ragu

D.    tidak setuju

E.     sangat tidak setuju

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

59.  Anda lebih baik menyelesaikan pekerjaan rumah tangga terlebih dahulu daripada mengikuti meeting tempat kerja...

A.    Sangat setuju

B.    Setuju

C.    Ragu ragu

D.    Tidak setuju

E.     Sangat tidak setuju *)

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

60.  Saya percaya bahwa saya bisa melakukan suatu pekerjaan yang cukup berat walaupun saya kerjakan sendiri...

A.    Sangat sesuai

B.     Sesuai

C.     Ragu ragu

D.    Tidak seusai

E.     Sangat tidak sesuai

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

75 Soal Wawancara PPPK Semua Formasi 2023

Dalam soal wawancara PPPK Semua Formasi 2023 terdapat 10 butir soal dengan 4 opsi jawaban, jawaban terbaik mendapatkan nilai 4 dan jawaban terkecil mendapatkan nilai 1, dan apabila tidak menjawab mendapatkan nilai 0, jadi usahakan disetiap pertanyaan di jawab. Dalam soal wawancara terdapat 2 aspek yang akan di tanyakan yaitu tentang 

 

1.     Jika saat diterima menjadi PPPK nanti anda menghadapi banyak hambatan dalam penyelesaian tugas apa yang akan anda lakukan?

A.    Mencari data pendukung berkaitan dengan tugas tersebut

B.     Tetap fokus memecahkan masalah

C.     Meminta bantuan rekan sejawat lain untuk menyelesaikan tugas 

D.    Mendelegasikan pekerjaan kepada rekan sejawat lainnya

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

2.     Bagaimana Anda menghadapi pekerjaan yang sulit dan tidak mudah dipecahkan?

A.    Mengerjakan sendiri sampai bisa

B.     Mengerjakan sendiri meski lembur

C.     Meminta bantuan dari orang yang lebih bisa

D.    Meminta rekan kerja mengambil alih 

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

3.     Hari ini Anda harus menyampaikan presentasi rancangan proyek baru. Anda sudah sering melakukan presentasisebelumnya. Saat Anda melakukan presentasi maka ...

A.    Semua peserta tidak memberikan tanggapan

B.    Semua peserta antusias dan banyak yang memberitanggapan

C.    Banyak yang meminta saya mengulangi penjelasan

D.    Banyak yang terlihat bingung namun memilih diam

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

4.   Setiap orang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Menurut Anda, apakah kekurangan Anda?

A.    Tidak menyukai keramaian

B.    Tidak suka berbaur dengan orang lain

C.    Suka mendahulukan kepentingan orang lain *

D.    Sering telat

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

5.     Saat Anda mengantri di POM seseorang menyerobot antrian Anda, maka tindakan Anda adalah...

A.    Memintanya kembali ke antriannya

B.    Menyerobot kembali antrian saya

C.    Menjelaskan bahwa saya lebih dulu mengantri

D.    Meminta karyawan di POM untuk mendahulukan saya

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

6.     Seorang pelanggan datang dan meminta segera dilayani disebabkan ia terburu-buru. Pekerjaan tersebut bukan tugas Anda akan tetapi rekan Anda yang bertanggung jawab sedang beristirahat dikarenakan kelelahan. Anda memiliki pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Tindakan Anda adalah...

A.    Meminta rekan Anda untuk berhenti istirahat

B.    Segera membantu pelanggan tersebut

C.    Menyelesaikan pekerjaan Anda kemudian melayani pelanggan tersebut

D.    Bertanya kepada atasan sebelum mengambil keputusan

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

7.     Anda sudah diterima bekerja sebagai salah seorang karyawan di sebuah perusahaan ternama melalui seleksi PPPK 2023. Anda ingin menjadi seorang karyawan PPPK yang...

A.    Kreatif dan inovatif

B.    Selalu taat pada perusahaan dan negara

C.    Berprestasi dan bermanfaat bagi orang lain

D.    Bertanggung jawab dan disiplin

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

8.     Anda memiliki sahabat yang bekerja sebagai ASN. Ia sering bercerita bahwa ia merasa memiliki tugas yang cukup berat. la iri melihat temannya yang lain tidak dibebankan tugas seberat tugasnya. Sikap Anda...

A.    Mendengarkannya dan menenangkannya

B.    Memintanya bersabar dan bersyukur

C.    Mengingatkannya bahwa ia mungkin berlebihan

D.    Mengingatkannnya akan tanggung jawab dan syukur

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

9.     Anda adalah orang yang pelupa. Anda sangat paham dengan kelemahan tersebut. Suatu hari Anda harus mempresentasikan sebuah proyek. Sehari sebelumnya Anda sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Untuk mengatasi kemungkinan Anda lupa membawa dokumen pada hari H maka tindakan Anda...

A.    Membuat dokumen Salinan

B.    Menyimpan secara online

C.    Menyimpan pada flashdisk

D.    Membuat pringatan di kalender

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

10. Anda adalah satu-satunya karyawan yang diutus untuk mengikuti pelatihan. Pelatihan dilakukan dengan waktu yang singkat dan beberapa hal tidak begitu Anda pahami. Saat kembali bekerja, atasan meminta Anda untuk menyampaikan hasil pelatihan di depan karyawan lainnya. Tindakan Anda adalah...

A.    Meminta sedikit waktu untuk mempelajarinya kembali

B.    Segera menyampaikan meski akan terkendala

C.    Memberikan buku panduan

D.    Menolak permintaan atasan dengan alasan masih ingin beristirahat

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

11. Anda mengikuti seleksi PPPK tahun 2022-2023. Anda sudah lulus seleksi administrasi dan sangat maksimal mempersiapkan seleksi CAT. Akan tetapi saat pengumuman kelulusan akhir Anda tidak lulus sebab kurang satu poin dibandingkan pesaing yang lulus. Sikap Anda...

A.    Marah dan tidak terima sebab saya kurang satu poin

B.    Mengajukan sanggah agar saya yang diluluskan

C.    Bersabar dan tetap semangat mengikuti seleksi PPPK berikutnya

D.    Membutuhkan waktu lama untuk menerima semua ini

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

12. Anda adalah satu-satunya karyawan yang dipercaya untuk memegang informasi penting perusahaan. Setiap data penting perusahaan ada di laptop Anda. Suatu hari pimpinan memarahi Anda disebabkan data penting perusahaan bocor ke pihak lawan. Anda sangat yakin tidak pernah membocorkan data tersebut. Tindakan Anda adalah...

A.    Meminta waktu untuk mencari tahu pelaku sebenarnya

B.    Mejelaskan bahwa saya tidak melakukannya

C.    Bertanggung jawab dengan menyelidiki pelaku sebenarnya

D.    Mengakui saja sebab tidak ada pelaku lain

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

13. Anda harus menyelesaikan beberapa laporan hari ini. Saat jam pulang tiba Anda masih belum menyelesaikan dua laporan lagi. Tindakan Anda...

A.    Melanjutkan bekerja di rumah

B.    Melanjutkan lembur hingga selesai

C.    Melanjutkan bekerja besok

D.    Meminta keringanan kepada atasan

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

14. Anda diutus untuk presentasi sebuah proyek dengan colon rekan bisnis baru perusahaan. Proyek tersebut sangat diminati oleh atasan Anda. Anda menyadari adanya indikasi kecurangan yang akan mereka lakukan. Hal tersebut anda ketahui melalui beberapa syarat yang diajukan. Tindakan Anda...

A.    Menolak kerjasama agar perusahaan selamat

B.     Menerima kerjasama sebab kecurangan tersebut belum tentu terjadi

C.     Berkomunikasi dengan atasan terlebih dahulu *)

D.    Mengulur waktu hingga atasan datang

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

15. Seorang pengguna layanan ingin mengurus sesuatu dengan waktu yang cepat, teman anda kelelahan dan butuh istirahat. Sementara anda masih ada tugas yang belum selesai. Sikap anda?

A.    Mengantikan teman anda dengan mengurusi kepentingan pelanggan tersebut

B.    Melanjutkan tugas teman yang kelelahan, supaya kantor tidak terbengkalai

C.    Menyelesaikan tugas anda sampai selesai, baru membantu teman yang kelelahan

D.    Membiarkan saja karena bukan tugas saya

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

16. Bagaimanakah sikap anda dinyatakan lulus PPPK dan ditempatkan disebuah wilayah yang masyarakatnya mayoritas menganut agama yang berbeda dengan anda?

A.    Saya akan mempelajari agama, adat kebudayaan setempat sehingga saya bisa beradaptasi dan berbaur dengan warga lokal. 

B.    Saya akan mengurus mutasi penugasan agar saya bisa bekerja dengan nyaman

C.    Saya akan bersikap biasa aja karena sebagai Indonesia adalah negara dengan Bhineka Tunggal Ika, perbedaan agama, suku dan adat budaya adalah hal yang tidak dapat dipungkiri

D.    Saya akan berusaha untuk menunjukkan sikap toleransi menghormati dan segera beradaptasi dengan adat kebudayaan setempat *)

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

17. Bagaimana sikap anda jika ada seseorang yang menawarkan kenaikan jabatan namun dengan syarat anda harus mempersiapkan sejumlah uang sebagai imbalan?

A.    Saya akan menolak dan melaporkan oknum tersebut kepada atasan

B.    Saya akan menolak karena tidak memilih uang banyak

C.    Saya akan menolak dengan tegas dan tetap bekerja seperti biasanya

D.    Saya akan menolak dan menegur oknum tersebut agar tidak melakukan hal demikian

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

18. Jika saat anda diterima menjadi ASN PPPK, anda dihadapkan masalah dalam pekerjaan yang ada kaitannya dengan kewajiban anda, tindakan anda adalah?

A.    Langsung mencari kambing hitam penyebab masalah

B.    Menyelidiki apakah ada orang atau pihak lain yang terlibat dalam masalah tersebut

C.    Tetap bertanggung jawab dan mencari solusi dari masalah tersebut

D.    Menuntut orang lain untuk membantu menyelesaikan masalah ini

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

19. Di tempat anda bekerja, ada gerakan 3S yaitu senyum, sapa, dan salam yang harus diterapkan. Bagaimana sikap anda terhadap aturan tersebut adalah?

A.    Menerapkan aturan tersebut dan mengajak rekan sejawat lain

B.    Menerapkan 3S saat melayani masyarakat saja

C.    Menerapkan 3S dengan senang hati

D.    Belum siap menerapkan aturan tersebut karena saya juga manusia yang suasana hati nya bisa berubah

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

20. Menurut saya, sikap yang harus ditunjukkan oleh seorang pegawai ASN adalah ...

A.    Mengikuti perintah atasan secara loyal

B.    Berintegritas dan memberikan nilai lebih

C.    Bersikap jujur dan profesional

D.    Menciptakan hubungan baik dengan rekan kerja

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

21. Nilai yang paling dijunjung oleh seorang ASN adalah integritas, apakah Anda memiliki nilai tersebut?

A.    Saat ini saya mungkin masih belum sepenuhnya berintegritas, namun saya akan selalu berupaya untuk berintegritas dalam setiap perilaku saya

B.    Terkadang sulit untuk berintegritas jika orang disekitar saya tidak melakukannya juga

C.    Saya tidak konsisten berintegritas, namun juga tidak pernah bermaksud berperilaku menyimpang

D.    Saya orangnya berintegritas, namun terkadang berperilaku menyimpang jika adakesempatan

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

22. Ketika membeli beberapa kosmetik, Anda menemukan bahwa ada salah satu barang yang tidak Anda pesan ikut masuk ke dalam kantong belanja yang memang tidak terhitung dalam struk belanjanya, sikap Anda...

A.    Mungkin kasir lupa dan ini merupakan rizki saya

B.    Meminta kasir menghitung kembali harga belanjanya karena ada yang belum masuk di struk

C.    Langsung membawanya pulang

D.    Mengembalikan produk dan mengatakan bahwa Anda tidak membelinya

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

23. Saya menggunakan kendaraan dinas tanpa sepengetahuan kepala kantor pada hari libur. Secara tidak sengaja saya menabrakkan kendaraan tersebut. Tindakan saya adalah?

A.    Diam-diam menyimpan kendaraan tersebut karena tidak seorang pun tau saya yang menggunakannya

B.    Melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan siap menerima hukuman/petunjuk dari pimpinan

C.    Membawa kendaraan tersebut ke bengkel atas biaya pribadi dan mengembalikannya

D.    Membawa kendaraan tersebut kebengkel, melaporkan kepada pimpinan dan menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada pimpinan

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

24. Apakah Anda siap menerima konsekuensi dari pekerjaan ASN ini nantinya?

A.    Selama masih dalam kesanggupan saya, saya siap

B.    Tidak masalah jika konsekuensinya ditanggung bersama rekan kerja

C.    Saya siap jika tidak mengubah zona nyaman saya

D.    Sebelum melamar saya sudah mencari informasi seputar pekerjaan ASN, jadi saya sudah siap dari awal

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

25. Apa yang akan Anda lakukan jika suatu saat Anda jenuh dengan pekerjaan dibidang pemerintahan ini?

A.    Resign dan mencari kehidupan yang lebih baik

B.    Meminta kepada atasan untuk dipindahkan ke bidang lain

C.    Mencari langkah-langkah yang efisien agarcpekerjaan saya lebih cepat selesai

D.    Saya pastikan saya ahli pada pekerjaan tersebut, sehingga saya tidak akan jenuh

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

26. Saya dipercayakan mengelola kegiatan yang belum dipublikasikan dan masih harus dijaga keharasiaannya. Ketika saya berada di antara teman teman dekat di kantor, saya...

A.    Suka menerima masukan demi masukan dalam rangka pengembangan tugas baru saya

B.    Tetap menjaga kerahasiaan meskipun teman-teman mendesak bertanya

C.    Akan merasa gelisah dan kurang senang bila mereka mulai membicarakan tugas baru saya

D.    Akan marah jika ditanya tentang tugas baru

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

27. Jika Anda diterima menjadi ASN, berapa lama Anda akan berbakti di Lembaga pemerintahan ini?

A.    Bila suatu saat saya mendapatkan pilihan yang lebih baik untuk hidup saya,mungkin saya akan meninggalkan pekerjaan ASN

B.    Jika ada yang menawarkan pekerjaan yang gajinya lebih tinggi, saya akan langsung resign

C.    Bekerja hingga masa pensiun, walaupun saya punya pekerjaan sampingan yang juga menjanjikan

D.    Jika ada program penambahan masa kerja sebelum pensiun, maka saya akan ikut 

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

28. Bagaimana pendapat anda tentang pegawai ASN PPPK?

A.    Pegawai ASN PPPK selalu berorientasi pada pendanaan

B.    Pegawai ASN PPPK siap beradaptasi dan mampu mengelola perubahan dengan baik

C.    Pegawai ASN PPPK siap melayani masyarakat dan melakukan perbaikan tanpa henti

D.    Pegawai ASN PPPK tidak berani mengambil keputusan

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

29. Apa motivasi anda menjadi Pegawai ASN PPPK tahun 2023?

A.    Mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang layak

B.    Ingin mengabdikan diri kepada negara dan melayani masyarakat

C.    Memperoleh kehormatan mempunyai pekerjaan sebagai tenaga kesehatan / guru / teknis

D.    Mengembangkan kemampuan diri agar menjadi pegawai yang profesional

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

30. Apakah yang akan anda lakukan di hari pertama Anda bekerja sebagai PPPK di instansi yang anda lamar?

A.    Saya akan duduk menunggu dan pura-pura bermain Handphone karena malu untuk memulai perkenalan dengan senior

B.    Saya akan mengenalkan diri kepada rekan seruangan dan menanyakan sistem, tugas pokok dan fungsi di ruangan tersebut

C.    Saya akan menghadap atasan saya, memperkenalkan diri dan meminta arahan darinya terkait dengan rincian tugas saya beserta aturan yang berlaku

D.    Saya mencari tau informasi tentang bidang kerja saya sejak jauh-jauh hari

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

31. Anda seorang muslim. Anda ditugaskan pada daerah mayoritas non muslim. Reaksi Anda...

A.    Saya akan beradaptasi dan menerima perbedaan

B.    Saya menolak karena itu akan mempersulit saya

C.    Saya menerima dengan pasrah

D.    Perbedaan agama bukan tolak ukur

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

32. Tetangga Anda mengadakan acara hajatan. Tradisi di kampung Anda, masyarakat akan datang ke acara tersebut tanpa ada undangan resmi sebagai bentuk partisipasi. Reaksi Anda adalah...

A.    Menunggu undangan resmi kemudian datang ke acara tersebut

B.    Datang ke acara tersebut sebagai bentuk partisipasi

C.    Tidak datang karena sibuk

D.    Berpura-pura tidak tahu ada acara

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

33. Seseorang tiba-tiba mendekati Anda dan mengaku mengenal Anda. Dia menanyakan kabar Anda. Sikap Anda...

A.    Tidak meladeninya karena saya tidak mengenalnya

B.    Hanya senyum dan mendengarkannya

C.    Izin ke kamar kecil agar selamat

D.    Menjawab seperlunya dengan ramah

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

34. Pasangan Anda secara tiba-tiba diam dan tidak mau diajak bicara. Reaksi Anda...

A.    Mungkin ia butuh istirahat

B.    Berpura-pura tidak terjadi apa-apa sampai dia memulai pembicaraan

C.    Tetap menyapanya sampai ia menjawab

D.    Segera mencari tahu permasalahannya dan mencari solusi bersama

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

35. Perusahaan Anda mengadakan lomba akhir tahun. Para karyawan diminta untuk berpartisipasi dan mengajak keluarga mereka. Reaksi Anda adalah...

A.    Ikut berpartisipasi bersama keluarga

B.    Tidak ikut karena harus liburan ke tempat lain

C.    Ikut jika hadiah utamanya kendaraan

D.    Ikut karena diancam akan dipecat jika tidak hadir

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

36. Anda bisa menilai seseorang hanya dengan melihat wajahnya pertama kali.

A.    Saya butuh waktu beberapa lama

B.    Tidak, saya harus berbincang terlebih dahulu

C.    Iya tentu saja

D.    Tidak cukup hanya dengan melihat wajah

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

37. Sudah satu minggu, kampung Anda kedatangan warga baru. Namanya Maya. Anda bertetangga dengannya. Maya adalah orang yang berpakaian menggunakan cadar dan gamis. Ia jarang berkomunikasi dengan warga sekitar. Setiap sore ada beberapa temannya yang berpakaian serupa datang bertamu ke rumahnya. Kegiatan yang dilakukan Maya tidak pernah dilakukan oleh warga sekitar sehingga mengakibatkan timbulnya perbincangan hangat penduduk sekitar. Sikap Anda ...

A.    Tidak perduli, karena itu urusan pribadi Maya dan teman-temannya 

B.    Melaporkan Maya pada ketua RT agar ketua RT mengajak Maya berbaur dengan warga sekitar

C.    Melaporkan Maya ke pihak berwajib karena diduga teroris 

D.    Ikut menggosipkan Maya

E.     Berkunjung ke rumah Maya dan menanyakan kebenaran desas desus dia teroris

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

38. Apakah motivasi Anda menjadi seorang guru?

A.    Saya senang mengajar dan berbagi ilmu

B.    Karena saya salah jurusan mengambil keguruan saat kuliah

C.    Saya mengikuti kata orang tua saya

D.    Sebenarnya saya ingin jadi polisi

E.     Karena kepala sekolah menawarkan saya menjadi guru

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

39. Anda tidak sengaja melewati kerumunan yang sedang membicarakan akan melakukan aksi bom bunuh diri di tempat X pada jam yang telah ditentukan. Sikap Anda...

A.    Tidak perduli, mungkin itu hanya bercanda

B.    Menegur mereka dan menyuruh mereka bubar

C.    Mengikuti mereka dan merekam aksi mereka

D.    Melaporkan mereka ke pihak berwajib agar segera ditangani

E.     Kebingungan dan mencari teman curhat

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

40. Jika Anda termasuk orang yang pelupa, maka...

A.    Saya meminta orang tua saya untuk mengingatkan saya

B.    Saya biarkan begitu saja, nanti saya pasti akan ingat kalau sudah deadline

C.    Saya akan membuat note dan menyalakan alarm untuk mengingatkan saya

D.    Saya mengerjakan pekerjaan yang bisa saya ingat terlebih dahulu

E.     Saya minta orang terdekat saya untuk membuat note dan mengingatkan saya

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

41. Manakah sikap yang paling penting untuk dimiliki seorang ASN?

A.    Ambisius

B.    Perfecsionis

C.    Profesional *)

D.    Tepat waktu

E.     Kerja keras

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

42. Anda mendapatkan tawaran melanjutkan studi menggunakan beasiswa. Akan tetapi sebagian biaya harus Anda tanggung. Sikap Anda...

A.    Menolak tawaran tersebut

B.    Ragu-ragu menerima tawaran tersebut karena khawatir tidak dapat membayar sebagian biaya

C.    Menerima tawaran tersebut dan bekerja paruh waktu

D.    Menerima tawaran tersebut dan meminta sisa biaya pada orang tua Anda

E.     Menerima tawaran tersebut setelah bekerja 2 tahun mengumpulkan biaya

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

43. Prosedur kerja yang baik menurut Anda adalah.....

A.    Meskipun berbelit- belit selalu mengikuti proedur yang telah ditetapkan.

B.    Sesuai dengan perintah dan arahan atasan.

C.    Menerapkan prosedur baru agar tidak ketinggalan zaman.

D.    Menerapkan prosedur baru yang lebih maju.

E.     Melakukan inovasi secara berkelanjutan agar prosedur kerja semakin efektif dan efisien.

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

44. Saya tergolong pribadi yang kreatif, karena saya ...

A.    Mampu menyelesaikan berbagai tugas sulit dalam waktu yang singkat.

B.    Senang menghasilkan karya-karya intelektual yang bermanfaat.

C.    Memiliki cara pandang yang unik dan kontroversial.

D.    Mempunyai ide-ide baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

E.     Senang menghasilkan karya-karya baru.

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

45. Saya mampu menuntaskan tugas sebelum batas waktu yang ditetapkan. Saya memiliki waktu senggang pada jam kerja. Biasanya waktu tersebut digunakan untuk....

A.    Bersosialisasi dengan rekan-rekan dari tim berbeda.

B.    Bersosialisasi dengan rekan-rekan sekantor.

C.    Meneliti kembali hasil pekerjaan saya.

D.    Menawarkan bantuan kepada rekan kerja saya.

E.     Membaca buku-buku untuk memperkaya wawasan saya dalam bekerja.

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

46. Apakah Anda menunjukkan inisiatif dan berusaha untuk mengejar prestasi kerja?

A.    Saya selalu menjukkan inisiatif dalam bekerja.

B.    Terkadang jika saya terpikirkan ide maka saya akan berinisiatif melakukan sesuatu.

C.    Tergantung keadaan dan kondisi saya.

D.    Saya tidak pernah berinisiatif tetapi selalu mengerjakan tugas dengan baik.

E.     Saya kadang berinisiatif jika diperlukan.

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

47. Sifat utama yang saya miliki adalah....

A.    Ulet

B.    Berani

C.    Jujur

D.    Rajin

E.     Disiplin

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

48. Seorang teman meminta saya memalsukan tanda tangan presensi. Maka sikap saya....

A.    Menuruti permintaannya karena dia rekan yang baik.

B.    Menegurnya agar tidak melakukan kecurangan presensi.

C.    Melaporkannya pada atasan agar atasan menegurnya.

D.    Meminta rekan lain untuk memalsukan tanda tangannya.

E.     Menolak permintaannya dan membiarkan kolom presensinya kosong.

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

49. Saya seringkali mengingatkan kepada anggota tim saya untuk tetap tidak melakukan kekeliruan pekerjaan kantor...

A.    Sayapun tidak boleh melakukan kekeliruan tersebut.

B.    Karena saya adalah atasannya maka peraturan tersebut tak berlaku bagi saya sendiri.

C.    Saya sesekali melakukan kekeliruan tersebut.

D.    Peraturan tersebut khusus kepada pegawai setingkat dia.

E.     Lebih baik saya tak melakukan kekeliruan tersebut.

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

50. Rekan kerja saya sering sekali menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi. Sikap saya....

A.    Menggunakan fasilitas kantor sesuai dengan kebutuhan pekerjaan saya.

B.    Melakukan hal yang sama dengan rekan-rekan kerja yang lain agar tetap kompak karena semua melakukannya.

C.    Menyarankan pada atasan agar mengizinkan pegawai menggunakan fasilitas internet untuk keperluan pribadi.

D.    Menoleransi perilaku tersebut sepanjang pekerjaan mereka terpenuhi dengan baik.

E.     Membiarkan perilaku tersebut begitu saja karena saya tidak mau dianggap mencampuri urusan pribadi orang lain.

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

51. Hampir semua pegawai di kantor instansi saya meminta uang tanda terimakasih atas pengurusan surat ijin tertentu. Namun menurut peraturan kantor, hal itu tidaklah diperbolehkan, maka saya...

A.    Ikut melakukannya karena bagaimanapun juga kawan-kawan kantor juga melakukannya.

B.    Melakukannya hanya jika terpaksa membutuhkan uang tambahan untuk keperluan keluarga, sebab gaji kantor memang kecil.

C.    Terkadang saja melakukan hal tersebut.

D.    Berusaha semampunya untuk tidak melakukannya.

E.     Tidak ingin melakukannya sama sekali. *)

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

52. Bagi saya, cermat dan kerja keras termasuk wujud upaya dalam menjadi pribadi yang bermanfaat. Berhubungan dengan hal tersebut, saya menyukai....

A.    Pekerjaan yang menantang.

B.    Pekerjaan yang rutin.

C.    Pekerjaan yang bisa menumbuhkan kreativitas baru.

D.    Bekerja dengan tingkat standar yang tinggi.

E.     Bekerja tanpa mengenal rasa lelah dan pamrih.

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

53. Atasan Anda melakukan rekayasa laporan keuangan kantor, sikap Anda...

A.    Dalam hati tidak menyetujui hal tersebut.

B.    Hal tersebut sering terjadi di kantor manapun.

C.    Mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang.

D.    Tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut.

E.     Hal semacam itu memang sudah menjadi tradisi yang tidak baik di Indonesia.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

54. Sebagian rekan kerja yang pulang 20 menit lebih awal dari jadwal yang seharusnya, lantas bagaimanakah dengan anda?

A.    Karena banyak yang telah melakukannya, mungkin hal tersebut tidak mengapa.

B.    Banyak yang melakukannya sehingga saya juga pun melakukannya.

C.    Demi toleransi maka saya ikut melakukannya.

D.    Saya tak melakukannya supaya dinilai sebagai staf yang rajin oleh atasan.

E.     Saya akan tetap mengikuti aturan yang sudah berlaku sehingga tetap pulang sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

55. Kinerja organisasi berjalan cukup efisien, namun pimpinan terkesan mengontrol situasi dengan sangat ketat. Sikap saya adalah...

A.    Tidak bertindak apapun, cukup dengan mengikuti jalannya arus.

B.    Mengusahakan keterlibatan pegawai dalam pengambilan keputusan.

C.    Mengabaikan saja.

D.    Melakukan apa saja yang dapat dikerjakan untuk membuat pegawai merasa penting dan dilibatkan.

E.     Mengingatkan pentingnya batas waktu dan tugas kepada atasan.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

56. Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal-hal yag menjadi kewajiban saya, maka saya...

A.    Mencari kambing hitam penyebab masalah.

B.    Akan bertanggung jawab.

C.    Membiarkan masalah tetap berlangsung.

D.    Melihat dulu adakah orang lain yang bersalah.

E.     Mungkin ada pihak lain harus bertanggungjawab.

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

57. Saya baru saja dimutasikan ke unit lain yang sama sekali baru bagi saya. Sikap saya adalah...

A.    Berusaha memahami mekanisme kerja unit melalui arsip dan aturan kebijakan.

B.    Jarang masuk karena belum jelas apa yang harus dikerjakan.

C.    Duduk-duduk saja sambil menunggu perintah atasan.

D.    Berusaha mempelajari dan memahami mekanisme kerja unit melalui rekan sejawat.

E.     Mengamati proses pekerjaan yang dilakukan rekan sejawa.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

58. Saya berusaha memperbaiki kelemahan diri, tetapi belum juga nampak hasilnya. Sehingga saya...

A.    Menerimanya dengan terpaksa.

B.    Menerimanya, meski tentu saja dengan sedikit kekecewaan.

C.    Menerimanya dengan lapang dada.

D.    Membenci diri saya sendiri.

E.     Meratapi diri sendiri.

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

59. Jika seorang rekan kerja menyampaikan gagasan yang berbeda dengan gagasan yang saya miliki, padahal gagasan saya lebih berkualitas, maka sikap saya...

A.    Saya potong bicaranya dengan sopan.

B.    Saya potong bicaranya agar tidak membuang waktu.

C.    Saya dengarkan setengah hati.

D.    Saya persilakan dulu sampai bicaranya selesai.

E.     Saya tidak perlu mendengarnya.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

60. Sebagai seorang calon ASN kita dituntut untuk bijak dalam bermedia sosial. Di era milenial sekarang ini marak berita dan informasi hoax yang disebarkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab membuat banyak orang mudah terprovokasi, sikap anda mangatasi hal ini..

A.    Membatasi penggunaan media sosial yang penting penting saja

B.     Mengenali sumber berita akurat atau tidaknya.

C.     Mengenali dari judul berita terkadang terkesan provokatif

D.    Membacanya saja kemudian tidak mengambil posing informasi tersebut.

E.     Membaca keseluruhan informasi secara lengkap.

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

61. Di bawah ini pernyataan yang paling sesuai dengan diri saya adalah ...

A.    Segera berangkat bila ditugaskan atasan di luar kota.

B.     Tidak akan berangkat jika ditugaskan tidak dengan rekan kerja yang akrab.

C.     Agak takut berangkat sendiri jika ditugaskan ke luar kota oleh atasan.

D.    Segera berangkat jika ditugaskan ke luar kota dengan kompensasi yang layak.

E.     Mengupayakan untuk meminta atasan menugaskan rekan kerja saya juga untuk menemani saya ke luar kota.

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

62. Menurut pendapat saya, orang yang menyia-nyiakan kesempatan adalah orang yang...

A.    Pikirannya bercabang dan tidak fokus.

B.     Menunggu bantuan pihak lain.

C.     Mundur, tanpa mau mengambil risiko.

D.    Menunda-nunda waktu dan kesempatan.

E.     Bertahan pada prinsip dan usaha mereka.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

63. Ketika anda bersama anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama. Salah satu di antaranya menggunakan gawainya untuk menjelajahi teknologi informasi, seperti whatssap, twitter, atau instagram. Sikap anda.....

A.    Membiarkannya karena itu suatu hal wajar untuk bersosialisasi dengan rekan di dunia maya.

B.     Menarik gawai nya dan tidak akan mengembalikannya sebelum seluruh anggota keluarga selesai makan.

C.     Melanjutkan makan dan berbincang dengan anggota keluarga lainnya

D.    Menasehatinya pada saat makan untuk tidak menggunakan gawai

E.     Menanyakan alasannya menggunakan gawai tersebut dan mengingatkan untuk mematikan gawai nya.

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

64. Respon saya ketika dihadapkan dengan perubahan yang mendadak adalah....

A.    Bingung bagaimana harus bersikap.

B.     Penuh harapan akan perubahan.

C.     Tertekan karena cemas akan dampak yang akan terjadi.

D.    Pesimis karena tidak dilibatkan dalam proses awal.

E.     Berhati-hati memetakan dampak politis perubahan.

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

65. Bila jadwal yang biasa Anda lakukan diubah, apa yang akan Anda lakukan?

A.    Biasa saja dan melakukannya

B.     Tertantang, bersemangat, dan segera menyesuaikan diri.

C.     Marah-marah dan mengeluh

D.    Panik dan gelisah

E.     Mencari teman lain yang mengalami hal serupa dan melakukan protes

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

66. Saya melakukan kesalahan dan itu berdampak buruk pada semuanya. Sikap saya ketika menghadapi hal tersebut...

A.    Menyesali perbuatan saya. 

B.     Meminta maaf pada semua pihak yang terkena akibat buruk kesalahan saya.

C.     Melakukan instropeksi diri, meminta maaf pada semua pihak dan meningkatkan kinerja agar tidak terjadi lagi.

D.    Menyalahkan diri sendiri karena sudah membuat semua orang jadi terkena akibatnya.

E.     Menerima kesalahan tersebut dengan lapang dada.

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

67. Jika rencana saya dalam melakukan inovasi dalam pekerjaan ditentang oleh rekan kerja saya, maka sikap saya....

A.    Merasa kecewa.

B.     Marah, karena bagaimanapun inovasi itu untuk kebaikan bersama.

C.     Sedih karena inovasi tersebut terhambat.

D.    Saya meminta penjelasan dari rekan tersebut dan mencari solusi terbaik. *)

E.     Saya berani berdebat dengan rekan tersebut karena saya yakin bahwa rencana inovasi itu membawa angin perubahan yang positif.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

68. Ketika berhasil dalam mengerjakan tugas, untuk tugas selanjutnya saya akan ....

A.    Tetap berusaha semampunya.

B.     Saya akan berusaha lebih baik lagi.

C.     Tidak puas dan berusaha lebih baik lagi.

D.    Berusaha sekuat tenaga.

E.     Biasa saja.

Jawaban Nilai Tertinggi : B

 

69. Untuk kesekian kalinya anda mengalami kegagalan saat akan memecahkan suatu masalah dalam pekerjaan, sikap anda....

A.    Masalah baru belum tentu membutuhkan cara baru untuk menyelesaikannya.

B.     Saya pikirlebih baik menggunakan cara yang biasa dilakukan dalam menyelesaikan masalah.

C.     Saya menyarankan cara-cara baru untuk mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang terjadi.

D.    Berbeda permasalahan, berbeda pula pemecahannya.

E.     Saya mencari cara-cara yang berbeda dalam memecahkan suatu masalah.

Jawaban Nilai Tertinggi : E

 

70. Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, saya menyukai...

A.    Pekerjaan yang menantang.

B.     Bekerja tanpa mengenal waktu dan pamrih.

C.     Bekerja dengan standar hasil yang tinggi.

D.    Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas yang baru.

E.     Pekerjaan yang rutin.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

71. Anda adalah seorang PNS melalui jalur CPNS resmi suatu instansi yang dikepalai oleh seorang kerabat. Kemudian anda mengetahui bahwa sebenarnya Anda tidak lulus, tetapi orang tua anda menggunakan jalur belakang untuk meluluskan Anda. Padahal selama ini Anda merupakan pegiat anti korupsi kolusi dan nepotisme di perusahaan kementrian anda, sikap anda...

A.    Menyesali perbuatan dengan bersedekah membantu korban bencana dan  aktif di organisasi kemanusiaan.

B.     Menasehati orang tua dan melaporkan pada pihak berwenang.

C.     Mengakui kecurangan orang tua di depan semua orang, dan menunggu keputusan instansi.

D.    Menyesali perbuatan, tetap tenang dan tidak gegabah karena sulit memecat PNS.

E.     Meminta maaf dan melapor ke pihak berwenang.

Jawaban Nilai Tertinggi : C

 

72. Anda merupakan seorang karyawan di instansi pemerintahan, hari ini adalah hari terakhir anda bekerja, karena anda sudah mengambil cuti selama seminggu kedepan untuk menjenguk orang tua suami/istri anda yang lagi terkena musibah. Sebelum cuti anda harus menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu. Namun tiba-tiba anda diajak atasan anda untuk menemaninya mengobrol mengenai pekerjaan dan menyita jam kerja. Sikap anda....

A.    Menyetujuinya dan segera langsung ke kantin.

B.     Menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu, baru kemudian bergegas menuju ke kantin memenuhi panggilan atasan.

C.     Menolaknya ke kantin dan mengingatkannya degan sopan agar menjaga profesionalisme kerja.

D.    Melaporkannya atasan anda kepada Badan Kepegawaian agar mendapat teguran.

E.     Meminta tolong rekan kerja lain untuk menggantikan anda menemani atasan di kantin.

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

73. Pagi ini anda datang dengan terburu-buru ke kantor karena terjebak kemacetan parah. Pada saat anda tergesa-gesa menuju tempat absen anda melihat seorang ibu-ibu sedang kebingungan untuk mencari pelayanan, sedangkan satpam yang biasanya bertugas menunjukkan tempat itu tidak tampak, apa yang akan anda lakukan....

A.    Memberitahu arah tempat layanan tersebut kemudian absen.

B.     Menyuruh menunggu karena petugas belum hadir.

C.     Menyapa ibu itu dan menanyakan keperluannya, kemudian kamu tinggal.

D.    Mengajak ibu itu untuk ikut kamu absen sehingga bisa menanyakan keperluan dan mengantarkannya

E.     Mengantarkannya ke tempat yang dia tuju baru absen.

Jawaban Nilai Tertinggi : A

 

74. Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan saya:

A.    Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak.

B.     Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika situasi memungkinkan.

C.     Mendorong orang lain bekerja dengan baik jika diperlukan.

D.    Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik. 

E.     Mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja sesuai kemampuan.

Jawaban Nilai Tertinggi : D

 

Demikian Artikel tentang "Soal Tes PPPK Tahun 2023 Semua Formasi, Kompetensi Bidang Manajerial, Sosial Kultural, dan Wawancara dengan Jawaban Nilai Tertinggi di Lengkapi dengan Materi" mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda semuanya.


Terimakasih atas Kunjungannya.


Artikel ini disediakan dalam bentuk E-Book juga loh! Silahkan untuk chat Admin kami pada link berikut ini https://wa.me/6285842627702

 

Dalam artikel ini Tersedia Materi dan Soal Tes ASN PPPK 2023 bidang manajerial, sosial kultural, dan wawancara semua formasi termasuk ASN PPPK Guru, ASN PPPK Perawat, ASN Jabatan Fungsional, dan ASN PPPK Teknis disertai kunci jawaban yang memiliki poin atau nilai tertinggi terbaru tahun 2023 yang merupakan hasil FR (Field Report) pada tahun-tahun sebelumnya dan kumpulan soal dari berbagai sumber terpercaya dan dari kanal-kanal youtube besar. Yang terdiri dari:

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Tim Pustaka Cerdas. 2022. Big Bank Drilling Soal-Soal Asli Tes PPPK Terkini-Terupdate. Yogyakarta. PUSTAKABARUPRESS

 

https://soalcpns.infoasn.id/35-contoh-soal-tkp-cpns-lengkap-dengan-kunci-dan-pembahasan/

 

https://www.youtube.com/@lilihernawatipppk

 

https://smpntigacisauk.sch.id/read/134/keputusan-menpan-rb-nomor-1127-tahun-2021-tentang-nilai-ambang-batas-seleksi-kompetensi-pppk-guru-2021

 

 

LihatTutupKomentar
close