-->

Bank Soal Bahasa Indonesia Kelas 9

Bank Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Lengkap Dengan Jawaban dan Pembahasan


mediainggris.com - Berikut ini kami sajikan Bank Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 yang sudah di lengkapi dengan indikator soal, jawaban dan pembahasan.

Artikel ini berisi kumpulan soal Bahasa Indonesia Kelas 9 yang ditujukan untuk referensi guru atau sebagai sarana latihan bagi peserta didik kelas 9 untuk belajar bahasa Indonesia di kelas 9.

Bank Soal Bahasa Indonesia Kelas 9

Berikut ini Bank Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Lengkap Dengan Jawaban dan Pembahasan:

Bank Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Paket 1

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat

Bacalah kutipan paragraf berikut ini!

Bagaimana cara mencukupi kebutuhan sayur- mayur dan variasi gizinya? Pekarangan dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan tanaman sayur-mayur. Sementara itu, di sisa lahan dapat dibuat kolam untuk budi daya ikan.

Indikator: Menentukan makna kata dalam teks.
1. Makna kata bercetak tebal dalam paragraf tersebut adalah .... 
A. beternak
B. usaha perikanan
C. usaha bersama para petani
D. usaha yang bermanfaat untuk memberi hasil

Jawaban dan Pembahasan
Makna kata budi daya yang sesuai dengan paragraf di atas adalah usaha yang bermanfaat untuk memberi hasil.
Jawaban: D

Bacalah paragraf berikut ini!

Nama Hamid Jabbar mulai dikenal dalam khazanah kesusastraan Indonesia sejak awal 1970. Pada masa itu, ia mempublikasikan sejumlah puisinya di berbagai media lokal dan nasional. Sebagai seorang aktivis pergerakan, Hamid sering menggunakan puisi-puisinya sebagai sarana untuk melakukan protes sosiaL Tidak heran, penyair ini pernah mengalami pencekalan. Ketika pencekalan itu, ia sedang membacakan salah satu puisinya berjudul "Proklamasi 2" di Solo. Puisi ini terkenal di kalangan demonstran pada masa reformasi tahun 1998.

Indikator: Menentukan informasi tentang keistimewaan tokoh
2. Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah ....
A. la sudah terkenal sejak tahun 1970.
B. la dicekal ketika sedang berdemonstrasi.
C. Hamid Jabbar adalah pergerakan seorang pejuang.
D. Menggunakanpuisi-puisinyasebagaisarana protes sosial.

Jawaban dan Pembahasan
Keistimewaan tokoh adalah hal istimewa yang hanya dimiliki oleh tokoh dan membedakan tokoh tersebut dengan tokoh lain.
Keistimewaan tokoh Hamid Jabbar ialah menggunakan karya puisinya sebagai sarana protes sosial, karena tidak semua penyair dapat menjadikan puisinya sebagai sarana protes sosial.
Jawaban: D

Indikator Soal: Menentukan keteladanan tokoh biografi
Bacalah kutipan biografi berikut:

Gunawan Muhamad lahir di Karangasem, Pekalongan, Jawa Tengah, 29 Juli 1941. la adalah seorang sastrawan dan jurnalis Indonesia yang kritis. la juga salah seorang pendiri majalah Tempo. Secara teratur, selain menulis kolom Catatan Pinggir, ia juga menulis kolom untuk harian Mainichi Shimbun (Tokyo), la menulis sejak usia 17 tahun dan dua tahun kemudian menerjemahkan puisi penyair wanita Amerika, Emily Dickinson. Sejak di kelas VI SD, ia mengaku menyenangi acara puisi siaran RRI.

3. Sifat yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. Sebagai pendiri majalah Tempo.
B. Rajin menulis puisi maupun artikel.
C. Dia menulis kolom Catatan Pinggir.
D. Dia juga menulis di harian Mainichi Shimbun (Tokyo).

Jawaban dan Pembahasan
Keteladanan tokoh ialah sifat maupun sikap tokoh, atau bahkan pencapaian seorang tokoh yang dapat menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari.
Keteladanan yang dapat dijadikan contoh dari tokoh Gunawan Muhamad ialah rajin menulis puisi maupun artikel, meskipun tidak semua orang suka menulis, tetapi sifat rajin dari Gunawan Muhamad dapat menjadi teladan untuk kehidupan sehari-hari.
Jawaban: B 

Bacalah kutipan teks ulasan berikut ini!

Penggunaan gambar animasi dalam buku berjudul Membangun Kreativitas Anak dengan Origami ini terlalu banyak. Hal ini menyebabkan tujuan dan target penulis untuk anak-anak kurang. Penggunaan kertas pada buku ini juga perlu diperhatikan karena terlalu tipis sehingga mudah sobek.

Indikator soal: Menentukan bagian teks ulasan
4. Kutipan dari teks ulasan tersebut merupakan bagian ....
A. kelemahan buku
B. kelebihan buku
C. identitas buku
D. sinopsis buku

Jawaban dan Pembahasan
Kutipan teks ulasan di atas merupakan bagian kelemahan buku karena menunjukkan penggunaan gambar yang terlalu banyak sehingga tujuan dan target penulisan kurang tercapai. Selain itu, kelemahannya adalah penggunaan kertas yang terlalu tipis.
Jawaban: A

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 - 6!

Persaingan merupakan nama permainan yang harus kita terima di dunia yang semakin landai. Mereka yang paling produktiflah yang menjadi pemenang. Kita sedang menjadi bangsa yang kalah. Dalam banyak hal kita merasakan betapa tidak berdayanya kita menghadapi dunia yang berlari kencang. Persoalannya bukanlah kita tidak memunyai potensi menjadi pemenang, tetapi kekuatan kita tercerai berai dan tidak pernah terfokus pada kekuatan yang dimiliki oleh bangsa kita.

Indikator: Menentukan gagasan utama teks
5. Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Persaingan antarnegara yang ada di dunia.
B. Negara yang produktif adalah negara pemenang.
C. Bangsa kita kalah dalam menghadapi persaingan dunia industri.
D. Kita masih belum mampu bersaing dengan negara-negara berkembang di dunia.

Jawaban dan Pembahasan
Gagasan utama sama halnya dengan ide pokok, yaitu pokok masalah yang mendasari cerita. Gagasan utama bersifat abstrak atau tersirat dalam kalimat utama.
 Jika dilihat dari paragraf di atas, dapat disimpulkan bahwa gagasan utamanya ialah bangsa kita masih belum mampu bersaing dengan negara-negara berkembang di dunia. Hal tersebut dapat dilihat dari kalimat pertama yang menyatakan bahwa persaingan harus kita terima serta dengan kalimat-kalimat penjelas yang memberikan penjelasan bahwa bangsa kita belum mampu bersaing.
Jawaban: D

Indikator: Menentukan kalimat utama teks
6. Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2) 
C. (3)
D. (4)

Jawaban dan Pembahasan
Kalimat utama adalah realisasi dari ide pokok atau gagasan utama. Kalimat utama tersurat dalam paragraf. Pada umumnya, kalimat utama berada di awal paragraf atau di akhir paragraf.
Kalimat utama pada paragraf di atas terdapat di awal paragraf, yaitu persaingan merupakan nama permainan yang harus kita terima di dunia yang semakin landai.
Jawaban: A

Bacalah paragraf berikut ini!
Masyarakat Timor Timur memercayai keampuhan kulit kayu jati hutan untuk menyembuhkan beragam penyakit, seperti kencing manis, rematik, sakit kuning, darah tinggi, bahkan menghentikan pendarahan bagi wanita setelah melahirkan. Cara memproses kulit kayu jati mudah. Mulanya kulit kayu tersebut direbus, kemudian diamkan beberapa saat sampai kondisi air menjadi hangat. Setelah hangat barulah air diminum.

Indikator: Meringkas isi teks 
7. Ringkasan yang tepat untukteks tersebut adalah
A. Kulit kayu jati sangat ampuh bagi masyarakat Timor Timur.
B. Setelah diproses, kulit kayu jati dapat menyembuhkan darah tinggi.
C. Pendarahan karena melahirkan diobati dengan kulit kayu jati.
D. Kulit kayu jati dapat menyembuhkan beragam dapat penyakit dan mudah memprosesnya.

Jawaban dan Pembahasan
Ringkasan merupakan bentuk singkat dari suatu bacaan yang tetap sesuai dengan ide pokok bacaan.
Ringkasan dari kutipan teks di atas ialah kulit kayu jati dapat menyembuhkan beragam penyakit dan mudah memprosesnya.
Jawaban: D

Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1
Pelari Kenya, Geoffrey Kipkorir Kirui memenangi lomba dengan mencatat waktu terbaik, 2 jam 08 menit TJ detik. Atlet dari Afrika ini menguasai nomor lari maraton di Kejuaraan Dunia Atletik 2017 di London, Inggris, Minggu (6/8/2017). Kirui, jawara Marathon Boston pada April 2017, memenangi lomba setelah berduel dengan Tamirat Tola (Ethiopia). Tola sempat memimpin hingga setengah lomba. Namun, Kirui mampu terus menempelTola pada 8,05 km terakhir.

Teks 2
Manfaat beras ketan hitam untuk kesehatan cukup banyak. Berdasarkan literatur kesehatan menyatakan bahwa jenis beras ketan hitam adalah beras yang paling baik untuk dikonsumsi. Berdasarkan penelitian medis ketan hitam memiliki khasiat kesehatan. Beberapa manfaat dari ketan hitam di antaranya untuk mencegah berbagai penyakit, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem ketahanan tubuh,
detoksifikasi, dan mengembalikan fungsi organ maupun metabolisme tubuh.

Indikator: Membandingkan penggunaan bahasa terhadap dua jenis teks
8. Perbedaan penggunaan bahasa pada teks tersebut adalah...
Teks 1Teks 2
A.menggunakan kalimat majemuk setaramenggunakan kalimat majemuk bertingkat
B.menggunakan istilah yang berhubungan dengan olahragamenggunakan istilah yang berhubungan dengan kesehatan
C.menggunakan kata bakumenggunakan kata tidak baku
D.menggunakan kata umummenggunakan kata khusus

Jawaban dan Pembahasan
Penggunaan bahasa pada teks pertama ialah menggunakan istilah yang berhubungan dengan olahraga, seperti maraton dan atletik. Penggunaan bahasa pada teks kedua ialah menggunakan istilah medis, detoksifikasi, organ, dan metabolisme.
Jawaban: B

Bacalah kedua teks berikut ini!

Teks 1
Bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan bulan bahasa ini. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan serentak oleh seluruh pelajar SMP di Kota Yogyakarta adalah gerakan literasi menulis cerita. Kegiatan tersebut dilakukan di sekolah pada tanggal 28 Oktober 2107 selama kurang lebih 3 jam. Setiap siswa diminta untuk menulis cerita pendek atau sejenisnya. Setelah diseleksi di tingkat sekolah, 10 karya terbaik diserahkan ke Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Teks 2
Ayam bekisar memiliki bentuktubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan pejantan ayam kampung pada umumnya. Selain itu, bulu dari bekisar juga lebih halus dan indah sehingga banyak masyarakat memelihara hewan ini sebagai hiasan di rumah ketimbang menjadi hewan konsumsi. Bahkan, suara ayam bekisar juga sangat merdu dan unik yang tentunya berbeda dengan ayam pada umumnya. Ciri¬ ciri tersebut merupakan ciri khas dari jenis unggaspersilanganantara ayamhutanjantan hijau dengan ayam kampung.

Indikator: Membandingkan pola penyajian terhadap dua jenis teks.
9. Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1Teks 2
A.dimulai dengan pemaparan ciri-ciridimulai dengan penjelasan definisi
B.menggunakan pola umum-khususmenggunakan pola khusus-umum
C.menggunakan pola khusus-umummenggunakan pola umum-khusus
D.menggunakan pola sebab akibatmenggunakan pola akibat sebab

Jawaban dan Pembahasan
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut ialah pada teks pertama menggunakan pola umum-khusus. Pola umum dibuktikan dengan adanya kalimat utama berada di awal paragraf, yaitu bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa, kemudian kalimat-kalimat selanjutnya adalah kalimat penjelas atau kalimat khusus.  Pada teks kedua menggunakan pola khusus- umum yang dibuktikan dengan kalimat utama berada di akhir paragraf, yaitu ciri-ciri tersebut merupakan ciri khas dari jenis unggas persilangan antara ayam hutan jantan hijau dengan ayam kampung.
Jawaban: B

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!

Judul Buku : The Magic Smile 
Pengarang Buku :Athif Abul'ld 
Penerbit : Al-Jadid
(1) Buku The Magic Smile membahas tentang misteri di balik senyuman. 
(2) Tidak seorang pun dapat memungkiri sihir senyuman dan efeknya terhadap orang lain. 
(3) Betapa banyaknya senyuman yang dapat membuka hati seseorang.
 dan memengaruhl plklran orang lain. 
(4) Buku Ini sangat memotlvasl bagl slapa saja yang membacanya.
(5) Ternyata senyuman Itu ada bermacam- macam jenls dan ragamnya. 
(6) Ketika kamu membaca buku The Magic Smile, bisa dipastlkan ekspresl wajahmu akan tersenyum. 
(7) Namun, kurangnya ilustrasi dalam buku ini akan menjenuhkan para pembaca, khususnya bagi orang-orang yang tidak suka membaca.

Indikator: Menilai keunggulan buku non sastra
10. Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku tersebut terdapat pada kalimat ....
A. (2) dan (4)
B. (3) dan (5)
C. (4) dan (6)
D. (5) dan (7)

Jawaban dan Pembahasan
Keunggulan buku menunjukkan sesuatu yang ; menarik dan menonjol dari sebuah buku. 
Pernyataan keunggulan yang sesuai dengan buku The Magic Smile terdapat pada kalimat keempat dan kalimat keenam. Kalimat keempat menunjukkan bahwa buku tersebut dapat memotivasi pembaca. Kalimat keenam J menunjukkan bahwa buku tersebut dapat membuat pembaca tersenyum.
Jawaban: C

Indikator
11. Pernyataan yang menyatakan kelemahan buku tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (7)
B. (6)
C. (5)
D. (4)

Jawaban dan Pembahasan
Kelemahan buku atau kekurangan buku adalah
hal yang menjadikan buku kurang menarik.
Kelemahan buku tersebut tersurat pada kalimat nomor 7, yaitu kurangnya ilustrasi dalam buku ini akan menjenuhkan para pembaca, khususnya bagi orang-orang yang tidak suka membaca.
Jawaban: A

Bacalah kutipan cerpen berikut ini untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!

"Mengapa kau mengatakanTari Kejai ini mengandung unsur mistis?"tanyaku pada Riris.
"Ada dasarnya. Aku pernah melihat seorang gadis jatuh pingsan dan tak sadarkan tiga bulan waktu menarikan Tari Kejai," jawab Riris bersemangat. Raut muka teman-temanku seketika seperti mayat. "Mustahil, mungkin gadis yang kau ceritakan memang dalam keadaan sakit pada saat menari
sehingga ia pingsan,"bantahku.
"Benarkah itu, Ris?"tanya teman-teman serentak. "Untuk apa aku bohong!" ucap Riris memasang wajah meyakinkan.

Indikator: Menentukan makna kata dalam cerpen
12. Makna raut muka dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A, pancaran wajah 
B. ekspresi wajah 
C. gerakan tubuh
D. penampilan

Jawaban dan Pembahasan
Makna raut muka yang sesuai dengan kutipan cerpen di atas adalah ekspresi wajah.
Jawaban: B

Indikator: Menentukan makna tersurat dalam cerpen
13. Makna tersurat dari kalimat terakhir dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Riris mengatakan kalimat tersebut untuk meyakinkan teman-temannya bahwa ia tidak berbohong.
B. Riris berharap teman-temannya akan melihat gadis yang pingsan karena menari Kejai.
C. Rlrls ingin teman-temannya menarl Kejai bersama-sama.
D. Riris ingin berkata balk kepada teman- temannya.

Jawaban dan Pembahasan
Makna tersurat merupakan makna yang tertulis dalam sebuah cerita.
Makna tersurat kalimat terakhir yang diucapkan Riris ialah untuk meyakinkan teman-temannya bahwa ia tidak berbohong.
Jawaban: A

Bacalah kutlpan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 14-20!

Darah Ratna mendidih mendengarkan tuduhan itu, bukan main rasa hatinya karena dihinakan dengan tuduhan yang serendah itu. Tapi apakah dayanya? Hendak bersahut-sahutan dengan perempuan yang setengah gila itu? Ratna merasa dirinya terlalu tinggi untuk bertengkar dengan perempuan semacam itu. Maka ditahannya segala amarahnya dan menghindar ke kamar. Di kamar itu dia bisa meredam semua amarahnya karena jika terus berhadapan dengan perempuan itu, pastilah marahnya akan meledak juga.

Indikator: Menentukan latar dalam cerpen
14. Latar tempat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. di kantor
B. di rumah 
C. di warung
D. di sekolah

Jawaban dan Pembahasan
Latar tempat ialah keterangan mengenai tempat terjadinya peristiwa dalam sebuah cerita.
Latar tempat dalam kutipan cerpen di atas ialah di rumah. Hal tersebut sesuai dengan kalimat kelima yang menunjukkan bahwa Ratna sedang berada di kamar, sedangkan kamar merupakan bagian dari rumah.
Jawaban: B

Indikator: Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen
15. Makna kata darah mendidih dalam kutipan cerpen di atas adalah ....
A. sabar 
B. sedih
C. marah
D. senang

Jawaban dan Pembahasan
Makna kata darah mendidih yang sesuai dengan kutipan cerpen di atas adalah marah.
Jawaban: C

Indikator: Menentukan amanat dalam cerpen
16. Amanat yang bisa dipetik dari kutipan cerpen itu adalah ....
A. Kita sebaiknya membalas hinaan yang diberikan oleh orang lain kepada kita.
B. Janganlah mudah marah jika dihina lebih baik kita balas dengan hinaan pula. 
C. Sebaiknya sabar jika dihina karena belum tentu yang menghina lebih baik dari kita.
D. Jangan diam saja jika dihina karena akan menjatuhkan harga diri kita sebagai manusia.

Jawaban dan Pembahasan
Amanat ialah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca agar pembaca dapat menerapkan pesan tersebut dalam kehidupan nyata.
Amanat yang terdapat dalam cerpen di atas adalah sebaiknya sabarjika dihina karena belum^ tentu yang menghina lebih baik dari kita.
Jawaban: C

Indikator: Menentukan bukti watak tokoh dalam cerpen
17. Bukti bahwa watak Ratna penyabar ada pada kalimat ....
A. Darah Ratna mendidih mendengarkan tuduhan itu.
B. Ditahannya segala amarahnya dan menghindar ke kamar.
C. Ratna malas bersahutan dengan perempuan setengah gila itu.
D. Ratna merasa dirinya terlalu tinggi untuk bertengkar dengan perempuan itu.

Jawaban dan Pembahasan
Bukti watak tokoh Ratna sabar terdapat pada kalimat ditahannya segala amarahnya dan menghindarke kamar. Hal tersebut menunjukkan Ratna menahan amarahnya yang berarti Ratna berusaha untuk sabar.
Jawaban: B

Indikator: Menyimpulkan sebab konflik dalam cerpen/fabel
18. Konflik dalam kutipan cerpen disebabkan oleh ....
A. Perempuan itu adalah orang yang setengah gila.
B. Ratna acuh terhadap tuduhan orang itu.
C. Ratna yang menghina perempuan itu.
D. PerempuanitumenuduhRatna.

Jawaban dan Pembahasan
Sebab konflik ialah hal yang memicu terjadinya konflik dalam cerita.
Sebab terjadinya konflik pada cerpen di atas ialah seorang perempuan menghina Ratna dengan tuduhan yang rendah.
Jawaban: D

Indikator: Menyimpulkan akibat konflik dalam cerpen
19. Akibat yang ditimbulkan dari konflik dalam kutipancerpenitu adalah....
A. Perempuan itu menjadi gila.
B. Ratna menghindar ke kamarnya.
C. Tokoh Ratna menjadi marah dan mengamuk. 
D. Percekcokan antara Ratna dan perempuan itu.

Jawaban dan Pembahasan
Akibat konflik ialah hal yang terjadi setelah konflik.
Akibat konflik pada cerpen di atas adalah Ratna menghindar ke kamarnya.
Jawaban: B

Indikator: Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen
20. Makna tersirat dalam kutipan cerpen di atas adalah ....
A. Ratna menahan amarahnya agar tidak terjadi percekcokan yang berkepanjangan. 
B. Ratna menahan kesabarannya karena tidak tahan dengan tuduhan itu.
C. Ratna sabaragar perempuan itu menuduhnya lagi.
D. Ratna ingin membalas tuduhan itu.

Jawaban dan Pembahasan
Pesan tersirat ialah pesan yang diketahui oleh pembaca ketika pembaca sudah membaca teks secara keseluruhan kemudian menyimpulkan
pesan yang tepat.
Pesan tersirat pada cerpen di atas adalah Ratna menahan amarahnya agar tidak terjadi percekcokan yang berkepanjangan dengan perempuan yang telah menuduhnya.
Jawaban: A

Bacalah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 21-23!

Lebah dan tawon memperebutkan sarang penuh madu yang mereka temukan di sebuah pohon berongga. Keduanya berkeras bahwa sarang madu itu milik mereka. Tawon mengatakan bahwa sarang itu miliknya dan sudah dihuni cukup lama. Mereka sepakat membawa kasus itu kepada hakim. Hakim kemudian mengusulkan agar mereka berdua membuat sarang dan mengisinya dengan madu. Lebah setuju dan menyanggupinya. Tawon segera memprotes keras usul hakim. Hakim pun tersenyum dan mengatakan bahwa ia tahu kenapa tawon menolak. Hal itu membuktikan bahwa tawon tidak bisa membuat sarang dan mengisinya dengan madu. Hakim kemudian memutuskan bahwa sarang madu tersebut menjadi milik lebah.

Indikator: Menentukan makna kata dalam fabel
21. Makna kata berkeras dalam kutipan fabel di atas adalah ....
A. tetap berpegang pada pendirlan
B. saling menghargai
C. saling mengalah
D. tetap berjuang

Jawaban dan Pembahasan
Makna kata berkeras yang sesuai dengan kutipan fabel di atas adalah tetap berpegang pada pendirian.
Jawaban: A

lndikator:Menentukan bukti watak tokoh dalam fabel
22. Bukti watak tawon berbohong terdapat dalam kalimat....
A. Tawon segera mengisi sarang dengan madu.
B. Tawon segera memprotes keras usul hakim.
C. Tawon setuju dan menyanggupinya. 
D. Tawon segera membuat sarang.

Jawaban dan Pembahasan
Bukti watak tawon berbohong tersurat pada kalimat tawon segera memprotes keras usul hakim. Hal tersebut membuktikan bahwa tawon tidak dapat merealisasikan usul hakim untuk membuat sarang dan mengisinya dengan madu.
Jawaban: B

lndikator: Menentukan amanat dalam fabel
23. Amanat yang ingin disampaikan melalui fabel di atas adalah ....
A. Janganlah memprotes hakim.
B. Menuruti apa yang diusulkan oleh hakim.
C. Janganlah merebut dan mengakui hak milik orang lain.
D. Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan orang lain.

Jawaban dan Pembahasan
Amanat ialah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca agar pembaca dapat menerapkan pesan tersebut dalam kehidupan nyata.
Amanat yang terdapat dalam fabel di atas adalah janganlah merebut dan mengakui hak orang lain yang sejatinya bukanlah hak milik kita.
Jawaban: C

Bacalah kedua teks cerpen berikut ini untuk menjawab soal nomor 24 dan 25!

Teks I
Bahkan lebih dari itu, di tengah malam, ia gelisah karena genting rumahnya dilempari berkali-kali. Kang Dasrib naik pitam. la keluar rumah dan hendak berlari mengejar pelaku-pelakunya. Namun, tentu saja ini sia-sia. Malam amat pekat dan lingkungan begitu rimbun untuk ditembus. Akhirnya, ia masuk
kembali dan terengah-engah di kursi. Istrinya ketakutan. "Mereka itu undangan-undangan yang kurang ajar!" kata Kang Dasrib.

TeksII
 
"Tapi Faruq, ini terlalu berisiko. Aku takutnya..." Belum sempat Ahmad menyelesaikan argumennya, aku menyela.
"Apa yang kamu takutkan? Bukankah pada tengah
malam itu takkan ada yang mengetahui aksi kita?" "Tapi kalau ada Ustadz atau Staf OSIS yang kontrol malam bagaimana?" kali ini Edoy yang angkat bicara.

Indikator: Membandingkan pola pengembangan (alur) cerpen
24. Perbedaan pola pengembangan kedua cerpen tersebut adalah ....
Teks 1Teks 2
A.pengenalan tokohdialog tokoh
B.pengenalan latardialog tokoh
C.aksi tokohpengenalan latar
D.aksi tokohpengenalan tokoh

Jawaban dan Pembahasan
Pola pengembangan yang berupa alur merupakan pola pengembangan yang digunakan untuk menunjukkan urutan peristiwa dalam sebuah cerita.
Pola pengembangan teks 1 diawali dengan pengenalan tokoh Kang Dasrib, sedangkan pola pengembangan teks 2 diawali dengan dialog tokoh.
Jawaban: A

Indikator: Membandingkan penggunaan bahasa cerpen
Teks 1Teks 2
A.menggunakan sudut pandang akuanmenggunakan sudut pandang diaan
B.dimulai dengan aksidimulai dengan lokasi
C.menggunakan sudut pandang diaanmenggunakan sudut pandang akuan
D.dimulai dengan waktudimulai dengan tempat

Jawaban dan Pembahasan
Perbedaan penggunaan bahasa pada teks 1 ialah menggunakan sudut pandang diaan, dibuktikan dengan penggunaan kata ganti/ ia. Sementara itu, penggunaan bahasa pada teks 2 menggunakan sudut pandang akuan, dibuktikandengankataganti'aku'.
Jawaban: C

Indikator: Melengkapi teks dengan kata/kalimat 
Perhatikan teks berikut!
Perahu Kertas ditulis oleh seorang perempuan dengan nama lengkap Dewi Lestari Simangunsong atau yang lebih akrab dengan sebutan Dee. Dee lahir di Bandung pada tanggal 20 Januari 1979. Dee lebih dikenal sebagai penyanyi saat dia masih bergabung dalam trio vokal Rita, Sita, dan Dewi. Dee merupakan lulusan dari Universitas Parahiyangan, jurusan Hubungan Internasional. Namun, sejak menulis novel pertamanya dan mendapat sambutan yang luar biasa Dee kemudian terkenal menjadi novelis ....

26. Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah ....
A. Cover novel "Perahu Kertas" dibuat sangat menarik pembaca.
B. Cerita Perahu Kertas dimulai dari seorang remaja yang bernama Keenan.
C. Perahu Kertas adalah novel keenam yang ditulis oleh Dee dan sangat laris di pasaran.
D. Novel Perahu Kertas menceritakan tentang sepasang kekasih yang mengalami banyak cerita sebelum akhirnya menyatu.

Jawaban dan Pembahasan
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks di atas ialah Perahu Kertas adalah novel keenam yang ditulis oleh Dee dan sangat laris di pasaran. Kalimat tersebut sesuai dengan kalimat
utamanya dan berkaitan dengan kalimat- kalimat lainnya.
Jawaban: C

Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
1. Selain dengan memperbaiki fisiknya, hal yang tidak kalah pentingnya adalah membangkitkan kesadaran warga untuk berpartisipasi menjaga kebersihanlingkungan dan keutuhan sarana yang sudah dibangun.
2. Untuk itu, diperlukan penataan kawasan sekitar sungai dengan mengembalikan rungsi-fungsi utama sungai sekaligus memperbaiki ekonomi warga sekitar.
3. Sungai-sungai yang melintasi KotaYogyakarta potensial untuk dikembangkan sebagi destinasi wisata baru.
4. Dengan cara tersebut diharapkan dapat memperbaiki kondisi fislk dan ekonomi warga sekitar.

Indikator: Menyusun urutan kalimat jenis teks laporan
27. Urutan yang tepat kalimat-kalimat acak tersebut agar menjadi laporan yang padu adalah ....
A. 3-1-4-2
B. 3-2-1-4
C. 1-3-2-4
D. 1-4-2-1

Jawaban dan Pembahasan
Mengurutkan kalimat acak harus memerhatikan kalimat utamanya terlebih dahulu kemudian menyusun kalimat-kalimat penjelas dengan tepat.
Kalimat utama terdapat pada nomor 3, kemudiar/' kalimat-kalimat penjelas yang menyertainya ialah kalimat nomor 2, nomor 1, dan nomor 4.
Jawaban: B

Bacalah kalimat berikut!
Abu vulkanik letusan Gunung Kelud Kabupaten Kediri,JawaTimur,mulaimasukkekotaYogyakarta. Meskipun intensitasnya belum signifikan, kondisi tersebut cukup [...] bagi kesehatan masyarakat. Pemerintah meminta kepada masyarakat agar waspada saat melakukan [...] di luar rumah.

Indikator: Melengkapi kata dalam paragraf yang rumpang
28. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. mengkhawatirkan dan aktifitas
B. mengkhawatirkan dan aktivitas 
C. mengkuwatirkan dan aktifitas 
D. Mengkuwatirkan dan aktivitas

Jawaban dan Pembahasan
Kata yang tepat dan baku untuk melengkapi kalimatrumpangdiatasadalahmengMawot/r/can dan aktivitas.
Jawaban: B

Cermati kalimat berikut!
Pernyataan umum: Unggas adalah hewan dari keluarga burung yang memiliki sayap, berbulu, berkaki dua, memiliki paruh, dan berkembang biak dengan cara bertelur.

Indikator: Menulis teks singkat sesuai dengan konteks
29. Kalimat berikut dapat digunakan untuk melengkapi teks laporan di atas, kecuali ....
A. Contoh hewan unggas adalah semua jenis burung, ayam, itik, angsa, entok, dan binatang sejenisnya.
B. Unggas dapat diternak untuk diambil manfaatnya, misalnya daging, telur, bulu, atau kicaunya
C. Burung beo adalah salah satu unggas yang diternakkan di tempat penangkaran di kotaku.
D. Unggas yang paling banyak diternak adalah ayam pedaging, ayam petelur, dan itik.

Jawaban dan Pembahasan
Kalimat C tidak dapat digunakan untuk melengkapi teks laporan seperti pada pernyataan umum di atas karena kalimat tersebut tidak berkaitan dengan pernyataan umum.
Jawaban: C

Bacalah kalimat berikut!
Pemanfaatan teknologi jika dipraktikkan oleh peternak sapi perah lokal dapat meningkatkan kuwantitas dan kualitas susu segar.

Indikator: Menunjukkan kesalahan penggunaan kata
Kata dengan ejaan yang tidak tepat dan oerbaikannya pada kalimat tersebut adalah ....
TertulisPerbaikan
A.teknologitekhnologi
B.dipraktikandipraktekan
C.kuwantitaskuantitas
D.kualitaskwalitas

Jawaban dan Pembahasan
Kata dengan ejaan yang tidak tepat ialah kuwantitas, penulisan yang baku ialah kuantitas.
Jawaban: C

Bacalah kalimat berikut!
Pada saat musim penghujan, wilayah Bojonegoro akan mulai terendam banjir.

Indikator: Menunjukkan kesalahan penggunaan kalimat
31. Perbaikan yang tepat agar kalimat tersebut menjadi efektif adalah .... 
A. Pada saat penghujan, Bojonegoro akan mulai terendam banjir.
B. Pada musim penghujan, wilayah Bojonegoro mulai terendam banjir.
C. Pada saat musim penghujan, Bojonegoro akan terendam banjir.
D. Pada musim penghujan, wilayah Bojonegoro akan mulai terendam banjir.

Jawaban dan Pembahasan
Kalimat tersebut belum efektif karena masih menggunakan pilihan kata yang kurang tepat. Perbaikan kalimat tersebut ialah Pada musim penghujan, wilayah Bojonegoro mulai terendam banjir.
Jawaban: B

Bacalah paragraf berikut ini!
(1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak- anak yang banyak menggunakan teknologi informasi seperti komputer, internet, dan HP memiliki kecenderungan tidak memiliki keterampilan berinteraksi sosial dengan orang lain. (2) Hal tersebut membuat anak-anak suka bermasyarakat di dunia nyata. (3) Oleh karenanya, perlu adanya kontrol dari orang tua terhadap aktivitas anak dalam menggunakan teknologi informasi. (4) Hal ini penting dilakukan agar anak tidak kehilangan kesempatan bersosialisasi yang dapat menghambat kecerdasan sosialnya.

Indikator: Menunjukkan kesalahan kepaduan paragraf
32. Kalimat yang tidak padu dala.m paragraf di atas adalah ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

Jawaban dan Pembahasan
Kalimat yang tidak padu adalah kalimat yang tidak memiliki kaitan dengan kalimat utama
dan kalimat penjelas yang lain.
Kalimat yang tidak padu dalam paragraf di atas adalah kalimat nomor 2, karena kalimat tersebut tidak berkaitan dengan kalimat nomor 1 yang menyatakan bahwa anak-anak yang banyak menggunakan teknologi informasi seperti komputer, internet, dan HP memiliki
kecenderungan tidak memiliki keterampilan berinteraksi sosial dengan orang lain.
Jawaban: C

Bacalah kalimat berikut!
"Krisis ekonomi yang berkepanjangan di Indonesia mengakibatkan beberapa bank ...."

Indikator: Menggunakan istilah dalam kalimat
33. Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. diakses
B. dilikuidasi
C. dimerger
D. ditransfer

Jawaban dan Pembahasan
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah dilikuidasi, berarti dibubarkannya perusahaan sebagai badan hukum yang meliputi pembayaran kewajiban kepada para kreditor dan pembagian harta yang tersisa kepada para pemegang saham (persero).
Jawaban: B

Bacalah kalimat berikut!
"....bahasa Indonesia harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar bahasa itu mampu menjadi bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi modern."

Indikator: Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
34. Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. perkembangan
B. berkembangnya 
C. mengembangnya
D. pengembangan

Jawaban dan Pembahasan
Kata bentukan ialah kata turunan atau kata berimbuhan. Kata bentukan yang sesuai untuk melengkapi kalimat di atas adalah pengembangan, berarti proses, cara, perbuatan mengembangkan.
Jawaban: D

Indikator: Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
Bacalah teks berikut!
Negara kita berdasarkan kepada Pancasila.

35. Perbaikan kata yang bercetak miring yang tepat adalah ....
A. berdasar pada
B. berdasarkan
C. berdasar kepada
D. berdasarkan pada

Jawaban dan Pembahasan
Perbaikan kata yang bercetak miring yang tepat ialah berdasarkan, tidak perlu menggunakan kepada.
Jawaban: B

Indikator:Memperbaiki kesalahan ketidakpaduan paragraf
Bacalah teks berikut!
  ....bahasa Indonesia harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar bahasa itu mampu menjadi bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
   
(1) Dampak yang ditimbulkan terlalu sering meminum minuman dingin sangatlah banyak. (2) Minuman dingin dapat membekukan lemak yang ada di darah kita sehingga membuat peredaran darah tidak lancar. (3) Minuman dingin dapat menyempitkan usus dan menggangu proses pencernaan,
akibatnyaperut bisamenjadibuncit.(4)Orang Jepang dan Cina mengkonsumsi air hangat
setelah makan, Indonesia jangan mau kalah untuk hidup sehat. (5) Mengingat dampaknya, kebiasaan terlalu sering meminum minuman dingin perlu dihindari.

36. Perbaikan paragraf tidak padu tersebut dengan menghilangkan kalimat .... 
A. (5)
B. (4)
C. (3)
D. (2)

Jawaban dan Pembahasan
Paragraf di atas akan menjadi paragraf padu jika menghilangkan kalimat nomor4 karena kalimat nomor 4 tidak berkaitan dengan kalimat utama.
Jawaban: B

Indikator: Menentukan alasan kesalahan penggunaan kata.
37. Bacalah kalimat berikut!
Pria itu ditangkap pihak berwenang karena mengaku sebagai Nabi.
Penulisan kata Nabi pada kalimat tersebut salah karena ....
A. Huruf kapital dipakai sebagai pertama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang.
B. Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama untuk menuliskan kata-kata, seperti imam, makmum, doa, puasa, dan misa.
C. Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang tidak diikuti nama orang.
D. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama dalam kata dan ungkapan yang berhubungan dengan agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk kata ganti untuk Tuhan.

Jawaban dan Pembahasan
Penulisan kata Nabi pada kalimat tersebut salah karena huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang tidak diikuti nama orang.
Jawaban: C

Indikator: Menentukan alasan kesalahan penggunaan kalimat
38. Bacalah kalimat berikut!
Siswa SMP nusantara berhasil meraih juara pertama dalam lomba penelitian kandungan gizi pada petai cina yang diadakan oleh kementerian pertanian.

Penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut tidak tepat karena ....
A. Katanusantara seharusnya ditulis Nusantara, kata kementerian seharusnya ditulis Kementerian, dan kata pertanian seharusnya ditulis Pertanian.
B. Kata nusantara seharusnya ditulis Nusantara, kata kementerian seharusnya ditulis Kementerian, kata pertanian seharusnya ditulis Pertanian, dan kata cina seharusnya ditulis Cina.
C. Kata nusantara seharusnya ditulis Nusantara, kata pertanian seharusnya ditulis Pertanian, dan kata cina seharusnya ditulis Cina.
D. Kata nusantara seharusnya ditulis Nusantara, kata kementerian seharusnya ditulis Kementerian, dan kata cina seharusnya ditulis Cina.

Jawaban dan Pembahasan
Penggunaan huruf kapital pada kalimat di atas tidak tepat karena seharusnya kata nusantara ditulis Nusantara, kata kementerian ditulis Kementerian, dan kata pertanian ditulis Pertanian. Kata cina tidak perlu ditulis dengan huruf kapital karena petal cina merupakan nama jenis tanaman.
Jawaban: A

Indikator: Menentukan alasan kesalahan ketidakpaduan paragraf
39. Bacalah paragraf berikut ini!
1) Kebakaran hutan menjadi fenomena yang sulit dihindari ketika musim kemarau datang, terutama di pulau Sumatera dan Kalimantan. (2) Hal tersebut sampai menimbulkan bencana kabut asap hingga ke negara lain. (3) Salah satu faktor kebakaran hutan adalah pembakaran hutan secara langsung oleh perusahaan sawit demi pembukaan lahan baru. (4) Perluasan perkebunan kelapa sawit membuat lapangan pekerjaan semakin banyak. (5) Dampak darl kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan sudah tidak bisa dihitung lagi.

Perbaikan paragraf yang tidak padu tersebut dengan menghilangkan kalimat nomor ....
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

Jawaban dan Pembahasan
Kalimat yang tidak padu ialah kalimat yang tidak berkaitan dengan ide pokok paragraf dan tidak berkaitan dengan kalimat penjelas yang lain.
Paragraf di atas akan menjadi paragraf padu jika menghilangkan kalimat nomor (4) karena tidak berhubungan dengan kalimat utama.
Jawaban: C

Indikator: Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan (huruf kapital)
40. Bacalah kalimat berikut!
Bapak Nurhadi, M. HUM. telah dilantik menjadi kepala sekolah.

Penggunaan huruf kapital pada penulisan gelar M. HUM. tersebut salah karena ....
A. Kata kedua seharusnya tidak disingkat, tetapi ditulis lengkap.
B. Unsur singkatan nama gelar ditulis menggunakan huruf kapital.
C. Huruf kapital dipakai sebagai huruf terakhir unsur singkatan nama gelar.
D. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur singkatan nama gelar.

Jawaban dan Pembahasan
Penggunaan huruf kapital pada penulisan gelar M.HUM. salah karena huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur singkatan nama gelar. Jadi, seharusnya tertulis M.Hum.
Jawaban: D

Indikator: Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
41. Bacalah kalimat berikut!
Ibu membeli buku pensil dan tinta baju celana, dan kaus pisang, apel, dan jeruk.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. Ibu membeli buku, pensil dan tinta; baju, celana, dan kaus; pisang, apel dan jeruk.
B. Ibu membeli buku, pensil, dan tinta: baju, celana, dan kaus: pisang, apel, dan jeruk.
C. Ibu membeli buku, pensil, dan tinta; baju, celana, dan kaus; pisang, apel, dan jeruk.
D. Ibu membeli: buku, pensil, dan tinta; baju, celana, dan kaus; pisang, apel, dan jeruk.

Jawaban dan Pembahasan
Tanda titik koma dipakai untuk memisahkan bagian-bagian pemerincian dalam kalimat
yang sudah menggunakan tanda koma.
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat Ibu membeli buku, pensil, dan tinta; baju, celana, dan kaus;pisang, apel, dan jeruk.
Jawaban: C

Indikator: Menggunakan ejaan 
42. Bacalah kalimat berikut!
Hampir setiap hari mass media mensuguhkan sederetan fakta kesewenang-wenangan manusia dalam mengkelola sumber daya alam, baik berskala kecil maupun global.

Kata dengan ejaan yang tidak tepat dan perbaikannya pada kalimat tersebut adalah ....
TertulisPerbaikan
A.mensuguhkanmenyuguhkan
B.mengkelolamengelola
C.berskalabersekala
D.mass mediamedia massa

Jawaban dan Pembahasan
Kata dengan ejaan yang tidak tepat beserta perbaikannya yang tepat ialah jawaban A. Penulisan jawaban lain harusnya mengelola, berskala, dan media masa.
Jawaban: A

Indikator: Menggunakan tanda baca
43. Kalimat berikut yang menggunakan tanda baca koma yang tepat adalah ....
A. Ir. Joko Widodo, Presiden RI berkunjung ke Amerika Serikat.
B. Ibu ke pasar bersama adik membeli tempe, tahu, dan singkong.
C. Arman tidak kuliah, karena sedang menunggui ibunya yang sakit.
D. Rumah itu mempunyai tiga kamar: kamar tamu, kamar mandi dan kamar tidur.

Jawaban dan Pembahasan
Kalimat yang menggunakan tanda baca koma yang tepat adalah kalimat B karena tanda koma dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan.
Jawaban: B

Indikator: Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
44. Bacalah teks berikut!
Aksi mogok nasional buruh tidak hanya membuat perusahaan mengalami kerugian, tetapi juga membuat para investasi merasa tidak nyaman.
Perbaikan istilah investasi pada teks tersebut yang tepat adalah ....
A. inventaris
B. investor 
C. inovasi
D. investarisasi

Jawaban dan Pembahasan
Perbaikan istilah investasi pada teks tersebut yang tepat ialah investor, artinya penanam uang atau modal.
Jawaban: B

Indikator: Menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan
45. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Pada dasarnya ada dua jenis kritik sastra, yakni kritik sastra intrinsik dan kritik sastra extrinsik. Kritik sastra intrinsik menganalisis karya berdasarkan bentuk dan gayanya secara kompleks.

Kata bercetak miring tidak tepat karena ....
A. tidak baku, kata baku yang tepat adalah ekstrinsik
B. tidak baku, kata baku yang tepat adalah ektrinsik
C. tidak baku, kata baku yang tepat adalah etrinsik
D. tidak baku, kata baku yang tepat adalah extrinik.

Jawaban dan Pembahasan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata baku yang tepat ialah ekstrinsik.
Jawaban: A

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jelas!

Indikator: Menyimpulkan isi teks.
46. Bacalah paragraf berikut
Banyak orang keliru memperlakukan gigi sensitif yang masih sehat. Gigi sensitif terjadi ketika lapisan terluarnya mengalami penipisan. Akibatnya, lapisan dentin yang berhubungan langsung dengan serabut syaraf akan bersinggungan dengan rangsangan tajam dari makanan atau minuman yang rasa atau suhunya ekstrem. Karena kondisinya tidak sama dengan gigi yang sehat, perlakuan dan perawatannya juga harus dibedakan. Pada gigi sehat kita bisa lebih leluasa memilih tekstur sikat gigi yang disukai, sedangkan gigi sensitif harus dipilih sikat gigi yang benar-benar lembut. 

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....

Jawaban dan Pembahasan
Simpulan adalah sesuatu yang disimpulkan dari teks secara keseluruhan.
Kalimat simpulan yang mewakili paragraf di atas adalah perlakuan dan perawatan gigi sensitif harus dibedakan dengan gigi sehat.

Indikator: Mengomentari isi tentang keunggulan/ kelemahan dalam resensi buku sastra
47. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Suara rumput yang tersibak terdengar di perkebunan tak terawat ini. Pemiliknya sengaja menanam pohon nipah di setiap sudutnya. Samar- samar terlihat seorang anak tiga belas tahun menebas daun nipah dengan telaten agar terlepas dari tangkainya. Daun nipah yang mirip daun kelapa itu tak mudah ditebas. Pinggirnya cukup tajam dan dapat melukai jika tak berhati-hati.
Tangan mungil serta kasar itu terampil mengumpulkan daun nipah yang akan dijadikan atap. la tak menghentikan aktivitasnya meski peluh membasahi kaus usangnya. Namun, ia tetap waspada karena di antara semak-semak liar, tak jarang ada hewan buas bersembunyi.

Komentar yang tepat berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah ....

Jawaban dan Pembahasan
Ingat! Ingat!
Komentar ialah tanggapan atau ulasan mengenai isi bacaan. Komentar dapat berupa komentar positif dan dapat berupa komentar negatif.

Komentar yang tepat untuk isi kutipan cerpen di atas adalah watak tokoh disampaikan melalui ciri fisik dan tingkah laku. Hal tersebut dibuktikan dengan kalimat-kalimat yang menunjukkan perwatakan tokoh, seperti Samar- samar terlihat seorang anak tiga betas tahun menebas daun nipah dengan telaten agar terlepas dari tangkainya. Tangan mungil serta kasar itu terampil mengumpulkan daun nipah yang akan dijadikan atap. la tak menghentikan aktivitasnya meski peluh membasahi kaus usangnya. Namun, ia tetap waspada karena di antara semak-semak liar, tak jarang ada hewan buas bersembunyi.

Indikator: Mengubah teks llustrasi ke dalam bentukteks lain
48. Perhatikan petunjuk berikut!
Cara Memakai Bedak Dingin
1. Bersihkanwajahdenganairhangat!
2. Keringkan dengan handuk lembut!
3. Kemudian ambil dua-tiga butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan!
4. Lumatkan bedak dingin dengan bantuan air mawar atau air dingin!
5. Setelah itu, oleskan pada wajah dan leher sampai mengering!
6. Ratakan bedak agar tidak terkesan coreng-moreng!

Teks narasi yang sesuai dengan teks petunjuk tersebut adalah ....

Jawaban dan Pembahasan
Teks narasi yang sesuai dengan teks petunjuk di atas adalah Wajah halus dan berseri adalah dam- baan setiap wanita. Untuk memiliki wajah seperti itu,wanitaseringrelamengeluarkanbanyakbiaya. Padahal, hal itu tidak perlu terjadi. Untuk memiliki wajah seperti itu wanita cukup menggunakan be- dak dingin yang murah dan dapat dibuat sendiri. Caranya, wajah kita bersihkan dengan air hangat dan kita keringkan dengan handuk lembut. Kemu- dian kita ambil dua-tiga butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan. Setelah itu, lumatkan bedak dingin dengan bantuan air mawar atau air dingin dingin, oleskan pada wajah dan leher sampai mengering lalu ratakan bedak agar tidak terkesan coreng-moreng!

Indikator: Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
49. Bacalah kalimat tidak efektif berikut dengan saksama!
Diumumkan pada para penumpang semua agar menjaga barang bawaannya sendiri- sendiri.

Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah ....

Jawaban dan Pembahasan
Perbaikan kalimat efektif yang tepat ialah Para penumpang kami mohon menjaga barang bawaannya masing-masing.

Indikator: Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
50. Bacalah kalimat berikut!
Langkah-langkah dalam menulis kalimat efektif adalah: memahami, mengetahui dan mengaplikasikannya.

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....

Jawaban dan Pembahasan
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat ialah tanda titik dua (:) setelah kata adalah dihilangkan. Sebelum kata dan diberi tanda koma (,) karena tanda koma dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan.

continue .......
LihatTutupKomentar
close