-->

Materi Bahasa Inggris Tentang Short Messages dilengkapi dengan Contoh Soal, Jawaban dan Pembahasan

Short Messages

Short messages merupakan salah satu short functional text. Short message atau pesan pendek dikirim untuk memberi tahu seseorang tentang suatu hal karena tidak bias bertemu langsung ddengan orang tersebut. Pesan pendek dapat ditulis di secarik kertas maupun dikirim melalui SMS (dalam Bahasa Inggris disebut ‘text’). Pesan pendek berisi:
  • Nama orang yang menulis pesan,
  • Nama orang yang dituju, dan 
  • Isi pesan. Isi pesan ditulis secara jelas sehingga mudah dimengerti oleh penerima pesan.
Jika pesan pendek ditulis di secarik kertas, pesan tersebut sebaiknya di tempat yang mudah dilihat oleh penerima pesan. Sebagai contoh, kita menulis pesan kepad kakak karena kita meminjam sepedanya, kita bisa menempelkan pesan di pintu kamarnya atau meletakan pesan itu di atas meja belajarnya. Dengan demikian, kakak akan langsung membaca pesan tersebut dan tahu bahwa kita meminjam sepedannya.
Jika pesan pendek ini berupa SMS, kita boleh menggunakan singkatan yang sudah diketahui maksudnya secara umum, misalnya c u (see you), btw (by the way) dst. Singkatan-singkatan semacam ini perlu digunakan untuk mempercepat penulisan pesan sehingga bias menghemat waktu, selain menghemat kapasitas ruang untuk menulis.

Definition

Short message is a brief text message sent to or from a mobile phone subscriber through the Short Message Service (SMS).  Pesan sigkat merupakan informasi atau pemberitahuan yang dikirimkan seseorang kepada orang lain baik dengan menuliskannya pada kertas ataupun mengirimnya melalui SMS.

Purpose

To send an important message or information to other people, friend or family. Tujuan dari short messages adalah untuk mengirim informasi atau pesan yang dikirimkan kepada seseorang atau orang banyak.

Generic Structures

Receiver

Merupakan tujuan pesan yang akan kita sampaikan, siapa penerima pesan tersebut? Bagian ini penting, jangan sampai kita salah mengirim pesan.

Contain/Body

Isi dari pesan yang akan disampaikan. Sesuai dengan namanya short message, maka tulislah pesan dengan kalimat yang singkat dan jelas. 

Sender 

Siapa pengirim pesan tersebut, bagian ini merupakan ruang bagi sipengirim pesan agar penerima tidak menganggap pesan anda misterius.

Contoh/Example

Indah, I am really sorry I cannot join you and Mira to visit the new bookstore as we have planned this morning. I sprained my ankle. I'd better have a rest at home.

Received:
3 p.m.
12/01/19
From: Andre

artinya
Indah, aku benar-benar minta maaf tidak bisa menemanimu dan Mira mengunjungi toko buku baru seperti yang kita rencanakan pagi ini. Saya terkilir pergelangan kaki saya. Lebih baik aku istirahat di rumah.

Diterima:
3 sore
12/01/19
Dari: Andre


Contoh Soal, Jawaban dan pembahasan

The following text is for questions 1 and 2.

Indah, I am really sorry I cannot join you and Mira to visit the new bookstore as we have planned this morning. I sprained my ankle. I'd better have a rest at home.

 

Received:

3 p.m.

12/01/19

From: Andre

 

1.     What is the message about?

A.    Arranging a plan.

B.    Having an accident.

C.    Visiting a bookstore.

D.    Cancelling an appointment.
 

Jawaban: D

Jawaban disimpulkan dari kalimat pesan yang artinya 'Indah, saya minta maaf saya tidak dapat ikut kamu dan Mira pergi ke toko buku baru itu seperti yang kita rencanakan pagi tadi. Saya keseleo. Saya lebih baik istirahat di rumah.". Jadi, isi pesan tersebut tentang membatalkan janji, sesuai dengan pilihan jawaban (D). Pilihan jawaban yang lain hanya informasi pendukung; (A) artinya mengatur suatu rencana, (B) artinya   mengalami kecelakaan, dan (C) artinya mengunjungi toko buku.

 

2.     What is Andre doing that afternoon?

A.      Meeting Mira.

B.      Calling Indah.

C.      Staying at home.

D.      Visiting the bookstore.

 

Jawaban: C

Jawaban disimpulkan dari kalimat "I'd better have a rest at home." yang artinya "Saya lebih baik istirahat di rumah." dan informasi pesan diterima, "3 p.m." yang menunjukkan sore hari. Jadi, pilihan jawaban (C), yang artinya tinggal di rumah, benar. Pilihan jawaban yang lain tidak sesuai dengan teks; (A) artinya menemui Mira, (B) artinya menelepon Indah, dan (D) artinya mengunjungi toko buku.

 

The following text is for questions 3 and 4.

Dear Amelia,

There is a computer exhibition at Expo Centre. Would you like to accompany me to go there tomorrow afternoon? I am going to buy a Bluetooth speaker.

 

Denny

 

3.     Why does Denny send the message to Amelia?

A.      To remind Amelia to visit a computer exhibition.

B.      To invite Amelia to attend a computer exhibition.

C.      To suggest Amelia to buy a Bluetooth speaker.

D.      To ask Amelia to accompany him to visit an exhibition.

 

Jawaban: D

Tujuan utama penulis menulis pesan tersebut disimpulkan dari kalimat "There is a computer exhibition at Expo Centre. Would you like to accompany me to go there tomorrow afternoon?" yang artinya "Ada pameran komputer di Pusat Pameran. Maukah kamu menemaniku pergi kesana sore ini?". Jadi, tujuan penulisan pesan tersebut yaitu pilihan jawaban (D) yang artinya meminta Amelia menemaninya untuk mengunjungi suatu pameran. Pilihan jawaban yang lain tidak sesuai dengan teks; (A) artinya mengingatkan Amelia untuk mengunjungi pameran komputer, (B) artinya mengundang Amelia untuk hadir dalam pameran komputer, dan (C) artinya menyarankan Amelia untuk membeli pengeras suara bluetooth.

 

4.     What will Amelia probably do after reading the message?

A.      Buy a bluetooth speaker for Denny.

B.      Visit the a computer exhibition by herself.

C.      Reply the message by stating her willingness.

D.      Accompany Denny to visit a computer exhibition.

 

Jawaban: C

Dalam pesan tersebut, penulis memintapenerima pesan untuk menemaninya kepameran komputer. Jadi, hal yang akandilakukan setelah Amelia menerima pesan yaitumembalas pesan dengan menyatakankesangguppannya, sesuai dengan pilihanjawaban (C). Pilihan jawaban yang lain tidaklogis; (A) artinya membeli pengeras suarabluetooth untuk Denny, (B) artinya mengunjungipameran komputer sendiri, dan (D) artinyamenemani Denny mengunjungi pameran komputer.

 

The following text is for questions 5 and 6.

Dear Niken,

 

I think we need one rehearsal more before our gambyong dance performance the day after tomorrow. Please let me know your available time.

 

Sandra

 

5.     The text is mainly about ... the available time to practice a gambyong dance.

A.      stating

B.      reminding

C.      asking for

D.      announcing

 

Jawaban: C

Kalimat pesan artinya "Saya kira kita perlu satu latihan lagi sebelum penampilan tari gambyong kita lusa. Tolong beri tahu saya waktumu yang tersedia.". Jadi, teks tersebut tentang meminta waktu yang tersedia untuk latihan menari gambyong, sesuai dengan pilihan jawaban (C). Pilihan jawaban yang lain tidak sesuai dengan teks; (A) artinya mengatakan, (B) artinya mengingatkan, dan (D) artinya mengumumkan.

 

6.     What would happen if the receiver texts the available time?

A.      The performance is done.

B.      The rehearsal is cancelled.

C.      The dance show is postponed.

D.      The rehearsal schedule is set.

 

Jawaban: D

Kalimat pesan artinya "Saya kira kita perlu satu latihan lagi sebelum penampilan tari gambyong kita lusa. Tolong beri tahu saya waktumu yang tersedia.". Jadi, jika penerima pesan membalas pesan dengan menyampaikan kesediaan waktunya, jadwal latihan disepakati. Pilihan jawaban (D) benar. Pilihan jawaban yang lain tidak logis; (A) artinya pertunjukan dilaksanakan, (B) artinya latihan dibatalkan, dan (D) artinya pertunjukan tari ditunda.

  

The following text is for questions 7 to 9.

Dad, I am at Mr. Irwan's house to accompany Nadya, her little daughter. Mrs. Irwan took her sick father to the hospital just now. Mr. Irwan is still on his way home. I will return home after he arrives. 

Dimas.

 

7.     Dimas sent the message to his father .... 

A.      to take a leave

B.      to explain his condition

C.      to help Mr. Irwan family

D.      to inform Mr. Irwan's condition

 

Jawaban: B

Kalimat pesan artinya "Yah, saya di rumah Pak Irwan menemani Nadya, anak perempuannya yang kecil. Bu Irwan membawa ayahnya yang sakit ke rumah sakit baru saja. Pak Irwan masih dalam perjalanan pulang. Saya akan pulang setelah ia datang.". Hal itu menunjukkan bahwa Dimas mengirim pesan tersebut untuk menjelaskan kondisinya kepada ayahnya. Jadi, pilihan jawaban (B) benar. Pilihan jawaban yang lain hanya informasi pendukung; (A) artinya untuk berpamitan, (C) artinya untuk membantu keluarga Pak Irwan, dan (D) artinya untuk memberi tahu kondisi Pak Irwan.

 

8.     What is Dimas like?

A.      Helpful.

B.      Humble.

C.      Confident.

D.      Generous.

 

Jawaban: A

Jawaban disimpulkan dari kalimat "Dad, I amat Mr. Irwan's house to accompany Nadya, herlittle daughter. Mrs. Irwan took her father whofelt to the hospital just now." Yang artinya "Yah,saya di rumah Pak Irwan menemani Nadya,anak perempuannya yang kecil. Bu Irwanmembawa ayahnya yang sakit ke rumah sakitbaru saja.". Hal itu menunjukkan bahwa Dimas suka membantu. Jadi, pilihan jawaban (A)benar. Pilihan jawaban yang lain tidak tidakmenggambarkan watak Dimas; (B) artinyarendah hati, (C) artinya percaya diri, dan(D) artinya dermawan.

 

9.     "'I will return home after he arrives." The underlined word refers to

A.      Dimas

B.      Mr. Irwan

C.      Dimas's father

D.      Mrs. Irwan's father

 

Jawaban: B

Kata 'he' merujuk kepada Pak Irwan. Hal itudisimpulkan dari kalimat sebelumnya, "Mr. Irwanis still on his way home." yang artinya "Pak Irwanmasih dalam perjalanan ke rumah.". Jadi, pilihanjawaban (B) benar. Pilihan jawaban yang laintidak sesuai dengan konteks.

 

The following text is for questions 10 and 11

Dear Ardi,

Thank you for inviting me to your house warming party, but J am really sorry. I cannot attend your party because I have to attend a selection test enter a vocational school in Magelang. I promise I willl visit you and your new house after returning

from Magelang. I hope your party will be merry.

Warm regards to your parents.

 

Mitha

 

10. What is the topic of the text?

A.      Hope.

B.      Farewell.

C.      Thanking.

D.      Apologizing.

 

Jawaban: D

Jawaban disimpulkan dari kalimat-kalimat awal teks, "Thank you for inviting me to your housewarming party, but I am really sorry. I cannotattend your party because I have to attendselection test to enter a vocational school inMagelang." yang artinya "Terima kasih atasundanganmu untuk datang ke pesta syukuranrumah barumu, tetapi saya minta maaf. Sayatidak dapat menghadiri pestamu karena sayaharus mengikuti tes seleksi masuk SMK diMagelang.". Jadi, teks tersebut tentangpermintaan maaf, sesuai dengan pilihanjawaban (D), Pilihan jawaban yang lain salah;(A) artinya harapan, (B) artinya berpamitan, dan(C) artinya ucapan terima kasih.

 

11. What can we conclude from the text?

A.      Mitha will hold a party.

B.      Ardi lives in a new house.

C.      Ardi will study in Magelang.

D.      Mitha will attend Ardi's party.

 

Jawaban: B

Jawaban disimpulkan dari kalimat-kalimat awal teks, "Thank you for inviting me to your house warming party, but I am really sorry." yang artinya "Terima kasih atas undanganmu untuk datang ke pesta syukuran rumah barumu, tetapi saya minta maaf.", Hal itu menunjukkan bahwa Ardi tinggal di rumah baru. Jadi, pilihan jawaban (B) benar. Pilihan jawaban yang lain tidak sesuai dengan isi teks; (A), yang artinya Mitha akan mengadakan pesta, salah karena Ardi yang mengadakan pesta, (C), yang artinya Ardi akan belajar di Magelang, salah karena Mitha yang akan belajar di Magelang, dan (D), yang artinya Mitha akan menghadiri pesta Ardi, salah karena ia tidak dapat hadir.

LihatTutupKomentar
close